Ternyata Memasak Daging Hingga Empuk Tidak Susah


membuat daging menjadi empuk 
Edited by: www.lustikasari.com
 
Wah gak terasa, kita sudah mencapai penghujung bulan desember. Gak terasa, udah akhir tahun aja. Gak kerasa mantan udah punya pacar lagi aja. Perasaan baru kemarin kalender berganti angka di tahun menjadi 2016, sekarang kita harus menyambut 2-17 aja. Entah asik atau miris, lalu bagaimana dengan resolushit tahun ini? Banyakkah yang tercapai? Atau banyak yang tergelincir?

Ya kalo resolusinya belum bisa tercapai, tinggal tulis lagi dan usahakan di tahun ini to. Sesimpel itu. Secara teori haha! Inget gak ada pepatah yang bilang, “Hiduplah untuk saat ini, bukan masa lalu dan masa depan. SAAT INI!”

Oke-oke ini sih Cuma akal-akalan ngeles saya aja. Oh, ya! Sudahkah punya rencana untuk menghabiskan waktu untuk meayakan pergantian tahun. Apa rencanamu?

Merayakan pergantian tahun di tepi pantai? Atau mendaki gunung? Atau menginap di hotel dan resor mewah? Atau liburan ke luar negeri? Beuhh mainstream deh :P

Kalo saya pinginnya pulang kampung aja. Mumpung semuanya lagi libur kan, sekalian kumpul-kumpul keluarga yang semakin hari pada sibuk sama urusan masing-masing. Sekalian juga negokin Ibuk-Bapak di rumah. Mumpung kedua orang tua masih sehat, jangan lupa untuk banyak-banyak menghabiskan waktu dengan mereka. *benerin kerah baju* *Baju Pak Mario*

Kalo udah kumpul-kumpul gitu emang paling enak masak-masak, apa yang lebih indah dari makan-makan bersama keluarga? Kapan lagi kan momen kayak gini kalau bukan pas lebaran dan musim libur seperti saat ini. Sebagai calon ibu-ibu rempong rumah tangga—yang dituntut untuk bisa masak, saya mulai mengerti hal-hal yang tadinya tabu; Ya, Peralatan masak berkualitas.

Ternyata memasak itu bisa lebih efektif dan efisien kalau alat penunjangnya baik dan berkualitas. Nih kudu dicatet untuk calon-calon suami idaman :P Tidak perlu yang mahal, asal pinter milih dan memanfaatkan momen diskonan. Kini peralatan masak yang berkualitas dengan harga terjangkau bisa lho diperoleh di MatahariMall. Pilihannya beragam pula. Membuat kita jadi leluasa menentukan yang terbaik dan sesuai kebutuhan. Menu makan sengeselin apapun pasti jadi lebih mudah diolah. Dan saya merasakan sebuah kepuasan tersendiri ketika dapat menyajikan menu istimewa untuk keluarga. Apalagi kalau keluarga besar lagi kumpul-kumpul.

Biar si Ayah tambah yakin kalo saya bukan gadis kecil lagi, huh! Minimal sudah mampu mengenyangkan anak orang haha!

Oh ya, biasanya kalau lagi kumpul-kumpul keluarga gini, menu yang jarang ketinggalan adalah menu yang berbahan dasar ayam-ayaman, atau daging-dagingan (Ps. Ini gak sekeluarga sama terong-terongan dan cabe-cabean ya!) Seolah membantah habis kata pepatah “Makan gak makan yang penting kumpul!”

As we know, salah satu tantangan terbesar dalam mengolah makanan adalah membuat daging-dagingan itu menjadi empuk. Kan gak seru aja gitu, udah beli daging mahal-mahal tapi saat diolah jadi kacau. Padahal sebenarnya mengempukkan daging tidaklah sulit. Hanya butuh beberapa trik sederhana. Berikut akan saya beberkan cara agar daging yang kita olah segera empuk demi hidangan istimewa untuk keluarga. Asikkk!

Memukul-mukul Daging

Daging yang sudah dipotong-potong sesuai selera dan sesuai kebutuhan, bisa dimemarkan dengan cara dipukul-pukul. Cara sederhana ini bisa membuat serat-serat daging akan pecah ternyata. Dengan begitu daging terasa lebih empuk. Tidak hanya itu, bumbu dan rempah yang digunakan untuk memasak daging pun nantinya akan meresap sempurna. Dan makanan yang kita olah sudah pasti akan jadi sedap.


Cara ini cocok untuk kalian yang memasak daging pasca putus dari pacar. Sembari meluapkan emosi kan. Lumayan, emosi stabil dagingpun empuk. Kurang kombo apa coba?

Merendam Daging dengan Yoghurt

Kalau gak mau ribet dan menghabiskan energi tips kedua ini cocok untukmu. Mudah sekali tinggal direndam pakai yoghurt. Kandungan kalsium di dalam yoghurt ini mampu memecah protein. Sehingga serat-serat protein dalam daging yang membuat daging keras pun akan melunak setelah proses perendaman dengan yoghurt.


Oh ya, jangan lupa gunakan yoghurt yang rasanya tawar. Ini agar rasa daging tidak terpengaruhi rasa yoghurt yang sedikit asem-kecut itu saat dimasak.

Nanas untuk Mengempukkan Daging

Kayaknya kalau yoghurt agak sulit ya diperoleh, apalagi kalau lagi pulang kampung macem saya. Tapi tidak perlu risau, ada cara lagi kok. Ternyata buah nanas gak cuma (mitosnya) bisa menggugurkan kandungan lho #Eh! Haha. Tapi juga bisa menggugurkan protein dalam daging supaya jadi empuk. Konon buah nanas mengandung semacam enzim bernama bromelin yang dapat membuat tekstur daging menjadi lebih empuk. Gimana mantap gak coba?


Kita hanya perlu memarut buah nanas yang sudah dikupas, kemudian dilumuri pada daging yang akan dimasak. Tunggu hingga 30 menit sampai 1 jam, sesuaikan saja dengan tekstur yang diinginkan. Tunggu saja kejutan yang diberikan pada si buah bermata banyak ini, kamu pasti akan terkejut dengan tekstur daging masakanmu.

Menggunakan Saos Tomat

Tau kan, kalau saos tomat itu asem-asem gimana gitu. Nah kandungan asam dalam saos tomat ini rupanya efektif juga membuat daging jadi lebih empuk. Kita hanya perlu melumuri semua permukaan daging dengan saos tomat. Lalu tunggu.


Cara ini bisa kita pas banget digunakan jika kita ingin memasak daging daging tumis atau BBQ. Sehingga saos tomatnya tidak perlu disisihkan dan bisa langsung dimasak bersama daging. Pas banget kan untuk BBQ-an di malam pergantian tahun bersama keluarga. Gak perlu mendustakan nikmat Tuhan, to.

Membungkus Daging dengan Daun Pepaya

Ini yang terakhir dan paling ekonomis. Apalagi kalau punya pohon pepaya sendiri di rumah. Sudah tidak diragukan lagi kalau membungkus daging dengan daun pepaya berkhasiat membuat daging jadi lebih empuk. Kandungan enzim papain di dalam daun pepaya dapat membuat tekstur daging menjadi empuk. Bungkuslah daging selama 30 menit sebelum daging siap dimasak.


Gimana tipsnya? Gampang kan! Yuklah segera dipraktikkan di rumah, katanya pingin jadi mantu idaman :P



Salam,
Calon mantu idaman,


Latifah Desti Lustikasari

18 komentar:

  1. Kayaknya bisa banget nih dicoba ,
    nomer 3 - 5 baru tahu disini. hihihii
    makasih banyak infonya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih lintang. Silakan dicoba resepnya

      Hapus
  2. Wah, postingannya sangat bermanfaat. Walaupun gue kaum adam, gue menjadi lebih tau cara mengempukkan daging. Terimakasih ya ka. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sip. Siapa tau nanti camermu ngasi pertanyaan ginian Jabbar pas kamu mau ngelamar anaknya. Ya kan kali aja :D

      Hapus
  3. Kadang kalo beli daging di pasar gitu,ada yang "alot" gitu . Alhasil kalo sudah dimasak pun ya kurang meresap gitu ya .

    Buah nanas bisa ya dibuat untuk mengempukkan daging ? baru tau gue . Tapi ya bisa dicoba lah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Arjuna bener banget, pada bagian bagian tertentu daging yang banyak ototnya itu alot. Apalagi kalo sapinya atlet macem Ade Ray

      Hapus
  4. tipsnya boleh juga nih dicoba. Tapi dari beberapa tips diatas ada yang udah pernah gue coba sih diantaranya yang ngerendem pake nanas sama digebuk-gebukin. Dan it work banget. Lebih worth it, kalo nggebuknya pake emosi yang meluap luap, dijamin deh bukannya empuk malah remuk tuh daging._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, ya gebukinnya pake ilmu kira kira juga, janga terlalu terbawa emosi. Kalo masih kurang, sini daging di ruma gue masih ada Ditsa

      Hapus
  5. sku cuman tertarik melunakkan daging pakai daun pepaya, karena saya sendiri sudah pernah coba, dan hasilnya memang memuaskan. klo makai saos atau tomat terlalu boros.....heehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru hemat Dek Attar, apalagi kalo mau buat bbq an. Mayan gak perlu pake bumbu lagi

      Hapus
  6. Bisa nih aku coba..save ahh.. Siapa tahu nanti masak sendiri..hee

    BalasHapus
  7. Kalau gue bikin daging jadi empuk biasanya pakai nanas tadi dan worth it memang. dan kalau kelamaan dagingnya juga baka keempukan dan gak enak haha

    BalasHapus
  8. Oh ternyata ini rahasia ibu-ibu bikin daging jadi empuk gitu ya, kirain gue cuma dikukus doang biar empuk gitu ahahah...

    BalasHapus
  9. wih, ada2 aja ya caranya bikin daging empuk. Yang paling menarik perhatian itu yang pake yoghurt, baru tahu ada ilmunya kayak begitu. Akhir tahun lalu saya bbq pake daging sapi, dan jujur daging sapi itu rada beda sama daging lain. Lebih keras aja teksturnya..

    BalasHapus
  10. Wah pengetahuan baru ni tentang metode penanganan daging
    Aku sendiri belum faseh sih ngolah dedagingan, karena liat daging mentah masih agak ngeri2 sedap hehe...tapi boljug deh yang caranya dipukul2 gitu terus diremesepin pake bumbu2...cocok buat jamuan tamu

    BalasHapus
  11. WAAAAAH thank you atas advicenya, Mbak. Biasanya emang masak daging biar empuk yaaa direbus dalam waktu yang lama (banget) tapi kan nilai gizinya hilang huhuhu. Keluarga temenku, kebetulan farmasis, kalo rebus daging katanya ditambahin obat apa gitu hahaha bilangnya sih bisa mengempukkan daging.

    BalasHapus
  12. Bisa dicoba nih...

    Follback www.mangandosetiawan.com

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, silakan berkomentar.
Semua komentar akan mendapatkan feedback, berupa blogwalking.
Dan, pulsanya sekalian Kak?