UNBOXING: Nanas Kaleng PT Great Giant Pineapple Lampung Tengah

mencicipi nanas kaleng great giant pineapple

Kalo kalian suka nonton vlog-vlog youtuber, kayaknya lagi musim banget unboxing sesuatu. Biasanya sih gadget; macem drone, action cam, smartphone atau skateboard elektrik, gitu. Terinspirasi dari mereka, saya juga jadi pingin mengunboxing sesuatu. Tapi yang saya unboxing ini agak beda. Bukan gadget, perasaan gebetan atau elektronik lainnya.


Yang mau saya unboxing adalah  makanan, ya makanan!

Pas banget momennya, minggu lalu saya baru dapat oleh-oleh berupa nanas kaleng dari seorang teman yang berdomisili di Lampung Tengah. Jelang masa-masa domain habis, daripada blog dianggurin, lebih baik diisi sesuatu. Ya gak? Lagipula saya amati masih banyak orang yang masih asing dengan produk buah—terutama nanas—yang dikalengkan. Hasil search google juga membuktikan bahwa belum ada blogger yang membahas si nanas kaleng PT Great Giant Pieapple ini.

Oh, betapa saya seorang blogger yang amat cerdas kurang kerjaan! *elap ingus*

nanas kaleng great giant pineaplle
Penampakan kemasan Nanas Kaleng 1

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau di daerah Lampung Tengah, tepatnya daerah Terbanggi Besar—kalo gak salah, maafkeun saya gagap daerah sana.  Terdapat kebun nanas skala besar yang luasnya puluhan hektare milik PT Great Giant Pineapple.

PT Great Giant Pineapple
Penampakan kemasan Nanas Kaleng 2
Ada gambar aneka buah koktail

Menyenangkannya PT Great Giant tidak hanya berkebun, tapi juga mengolah hasilnya menjadi produk serupa nanas kaleng, koktail kaleng, dan entah apa lagi—maafkeun jilid dua, untuk ketidaktahuan saya ini. Produk-produk PT Great Giant Pineapple bahkan sudah diekspor sampai negara Amerika, Timur Tengah, Amerika Latin, Jepang, China dan Australia lho (Sumber: m.detik.com)

Tsakeppp!

PT Great Giant Pineapple Lampung
Kemasan yang menggunakan bahasa Mandarin dan Inggris

Meskipun PT Great Giant Pineapple ini sudah lama ada, tapi makanan kalengan—terutama koktail buah—macam nanas ini termasuk hal yang baru bagi saya. mungkin juga kalian, pembaca sekalian. Bahkan eksistensinya gak populer sama sekali di mata dan telinga netizen publik yang budiman.

Alasannya sederhana, sebab saya tidak punya saudara yang bermukim di daerah Terbanggi Besar, Lampung Tengah. Pula saya enggak pernah belusukan sampai nun jauh ke sana. Banyak begal, Cuk! Lagipula, sebagai warga NKRI pada umumnya, kita emang terbiasa makan sesuatu yang fresh-fresh. Apalagi buah dan sayur.  

Eh jangan sesekali kalian membayangkan nanas yang belum dikupas. Atau nanas yang banyak matanya dan bikin gatel clekit-clekit itu ya. Nanas kalengan ini sudah bersih, terpotong dengan rapi, enak, manis, pula segar. Hanya tinggal buka penutup kalengnya—seperti membuka minuman soda kemasan kaleng yang ada klepnya—kemudian di hap!

Sepengetahuan saya (Ya namanya juga personal blogger, sharingnya ilmu dan pengalaman yang dia tahu aja :P) *Halah banyak alasan, Fah!* nanas kaleng ini ada tiga varian rasa: asam, manis dan asam manis. Ada yang dipotong dadu dan ada pula yang dipotong bulat dengan lubang di tengah serupa donat. Kali ini saya dapat nanas kaleng yang kedua yaitu bulat. Varian favorit saya dengan berat NW 825 gram dan DW 490 gram. Berisi 8 atau 10 potong buah kalo gak salah—maafkeun part tiga, saya lupa. Haha!

PT Great Giant Pineapple
Penampakan isi dari dalam kalengnya

Nanas Kaleng
Mari kita 

Kalau yang bulat ini, luas permukaannya lebih gede-gede. Jadi lebih mantep ketika dikunyah. Orisinilitas rasa nanas segarnya lebih maknyuss. Kalau yang potongan dadu, menurut saya terlalu kecil; kurang berasa dan cenderung tidak mengenyangkan haha!

Nanas Kaleng segar
Mari cicipi nanas segar ini!

Nanas kaleng ini paling enak dimakan saat cuaca panas terik setelah sebelumnya disimpan di dalam lemari pendingin. Atau kalau gak punya kulkas macem saya anak kost, bisa dimakan dengan diberi es batu. Beuhhh seger gilak! Apalagi ada kuah—ya kali kuah! Haha Apa sih menyebutnya, pokoknya air di dalam kalengnya yang berasa manis, asem, segar itu. Asiklah pokoknya.

Saya gak tahu dapet yang varian rasa yang mana;asem, manis atau asem manis. Saya agak gagap rasa. Ya pasti berasa manis, ya berasa asem juga gitu, seger pokoknya. Harap maklum, lidah saya hanya mampu mendeteksi dua rasa; enak dan enak banget.

Apalagi yang perlu dideskripsikan dari nanas kaleng PT Great Giant Pineapple ini, ya.

Kalau maun beli di mana, Fah!

Oh ya, ini kabar buruknya. Produk nanas kaleng dari PT Great Giant Pineapple ini sayangnya enggak dijual secara luas di Indonesia. Sayang banget ya, padahal enak banget. Kayaknya si Greta Giant enggak punya ijin edar di Indonesia, atau dia memang hanya menargetkan pasar luar negeri. Entah juga, tapi saya rasa sih begitu.

Jadi gimana kalau pingin mencicipi, nih?

Wah ini pertanyaan sulit! Sebab Bapaknya seorang kawan kerja di sana, jadi semacam dapat bonus produk dari PT-nya gitu. Dan beliau dengan berbaik hati mengoleh-olehi saya. makanya saya bisa mencicipi si nanas kaleng.

Mari kita berdoa saja, semoga PT Great Giant Pineapple segera memasarkan produknya ke khalayak luas negeri Indonesia tercintah ini. 

Rate

Oke saatnya memberi rating. Saya memberikan 4,5/5 untuk nanas kaleng PT Great Giant Pineapple yang langka, susah didapat di Indonesia, sebab belum diperjual-belikan secara luas ini.

Kalau kata seorang kawan yang berdomisili di Jakarta dan acap kali minta dipaketkan oleh-oleh keripik pisang rasa-rasa khas Lampung, keripik pisang Suseno adalah makanan yang dilempar Dewa dari surga sebab kenikmatanya yang luar biasa, maka saya ingin menginterupsi: Si kawan ini sesekali harus mohon pada Sang Dewa agar dilempar nanas kaleng PT Great Giant Pineapple saja. Saya yakin lidahnya akan segera pindah haluan :P

mencicipi nanas kaleng
Gimana? Udah cukup ngiler?

Yaudah, cukup sekian dulu dari saya, bye-bye!

Postscript: Postingan ini disponsori oleh Bapaknya Maulida yang kerja di PT Great Giant Pineapple. Makasih Maul untuk oleh-olehnya. Eh, Bapaknya Maul ding! Ditunggu loh Pak, jatah oleh-oleh nanas kaleng selanjutnya haha!



Kecup manja,

Latifah Desti Lustikasari  


22 komentar:

  1. Ini semacam produk bagus yang nggk dipublikasikan. Semacam senjata bela diri gitu.

    Padahal liburan ini aku lagi kepengen yang asem asemlah, semoga produk ini sudah dipasarkan awal tahun 2017.....hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli aja rujak bebek Tar, asem itu. Kalo kurang asem bubuhi sedikit bulu ketek mamang yang jualan haha

      Hapus
  2. Wah keren sekali.. Aku baru tahu lho ada nanas di kaleng kaya gini.. Kalau yang punya kulkas, praktis nih, bisa disimpan agar selalu segar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ndi, bener banget. Praktis da gampang disimpan. Sayangnya gak dipasarkan secara luas.

      Hapus
  3. Haha, baru tau nanas kaleng. Biasanya belinya lecy kalo kemasan kaleng. Bentuk pemotongannya unik oe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Fer kalo leci kayaknya di alfa indo emang ada. Emang jatang sih nanas kalengan. Seengaknya di lingkunganku

      Hapus
  4. Ini semacam cemilan orang bule gitu ya,
    aku juga pengen coba tapi disini ga ada yang jual kayaknya,
    atau akunya aja jarang belanja ?

    e kira-kira di alfamrta ada yg jual ini ga ya ?
    rasanya cuma nanas aja ya kalo pisang ada ga ya ?

    intinya aku juga baru tahu makanan ini sama kaya si tetehnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha leon bisa aja. Oke mulai besok aku akan nyemilin nanas biar macem bule. Gak ada kalo di alfa indo, ini pasarannya masih di luar negeri. Tapi mungkin di mal mal besar ada. Tapi gak tau produksinya great giant pineapple atau bukan. Aku belum cek

      Hapus
  5. Wahh kaleng nanas :D Gw suka bgt tuh nanas..
    Tapi baru tau klo ada nanas di kalengin..

    BTW itu tahan lama kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pastinya bong, tujuan makanan dikalengin kan itu, biar awet dan tahan lama. pangeran kecebong siapanya pangeran wortel nih?

      Hapus
  6. barangkali memang target pasarnya bukan di Indoensia kali ya. Mungkin di luar negeri, tetapi produksinya di Indoensia. Sayang ya, kita nggak bisa ngicip-ngicip yang enak-enak. Hahaha.

    eh kamu blogger Lampung ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Vera bener banget itu. Secara tanah kita kan bagus dan luas. Iya sayang banget semoga segera dipasarkan di indonesia juga deh.

      Iya kak Vera, ada apa gerangan?

      Hapus
  7. gambar dikalengnya ada macam macam buahkan yee
    yang satu kaleng isinya mix ada kagak ya
    jadi satu kaleng ada macam macam buah...

    sayang ya kagak dipasarin...
    kayaknya enak padahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok zhie, namanyw koktail kaleng, kao gak salah ada nanas, bengkoang, pepaya dan kawan kawannya.
      Kapan kapan deh, kita unboxing lagi hehe

      Hapus
  8. kalo buat makan buah aku kurang suka sih yang kalengan gini. senengnya beli di pasar, atau supermarket, belinya ya buah beneran bukan buah kalengan hehe :D rasanya lebih fresh aja menurutku. tapi, thanks buat infonya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga fresh kok, ya emang sih kebanyakan makanan kaleng mengandung bahan pengawet. Ini cuma perkara selera aja. Kelebihannya ya barang tentu buah kaleng lebih praktis tinnggal dimakan, gak perlu ribet ngupas

      Hapus
  9. Ini semacam puding atau kue gitu kah atau memang buah yang dibentuk begitu ? gue baru tau juga. Apa sudah banyak tersebar di tempat perbelanjaan di Indonesia ?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bukan Jun, bukan. Itu buah nanas yang dikupas pake mesin. Makanya bentuknya seragam gitu

      Hapus
  10. Jadi pengen nyoba nih, ah sayang banget ya gak ada ijin edar di Indonesia. Kayanya enak tuh. Anyway lampung banyak juga ya varian makanan-makanan yang 'patut-coba-able'. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ditsa sayang sekali. Aku juga enggak setiap hari coba. Sometime aja. Ya lumayan lah. Apalagi kalo suka kulineran

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. Tapi sorry to say aku teteup milih nanas seger, yang juga keluaran perusahaan ini. itu loh, nyang dijual di pinggir jalan bareng pisang ambonnya whehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, silakan berkomentar.
Semua komentar akan mendapatkan feedback, berupa blogwalking.
Dan, pulsanya sekalian Kak?