Dream Destination Kabupaten Semarang



dream-destination-semarang

Tahun 2001 setelah Mbah Kakung meninggal, Ibuk memutuskan untuk menjual seluruh aset dan properti warisan yang ada di Semarang atas dasar satu dan banyak alasan. Beliau memutuskan untuk memindahkan semuanya ke Lampung tempat di mana keluarga berdomisili sekarang. Hal ini berimbas pada agenda tahunan mudik ke Jawa bersama keluarga yang otomatis punah.

Meski kami masih memiliki beberapa sanak saudara yang tinggal di Ungaran, tapi saya pribadi benar-benar tidak pernah berkunjung ke Semarang lagi setelah itu. Sebagai keluarga tentu saja kami masih keep in touch, pada momen-momen tertentu keluarga dari Lampung berkunjung ke Semarang atau sebaliknya. Terutama kalau ada saudara yang menikah atau tertimpa bencana.

Sayangnya, saya selalu gak kebagian kesempatan tiap keluarga pergi ke Semarang. Ada saja halangan dan rintangannya. Misal nih, saat pakde, bude, kakak dan Ayah mau ke Semarang untuk menghadiri acara nikahan sepupu, ndilalah bertepatan dengan jadwal saya tes masuk PTN. Atau yang terakhir nih saat si Ibuk, Ayah dan keluarga mau ke Semarang lagi, eh kok ya barengan sama jadwal saya Kerja Praktek (KP).

Sungguh kebetulan yang nganu sekali.

Bahkan ketika beberapa bulan lalu saya berhasil mengunjungi kota Kediri, Jawa Timur, yang merupakan kampung halaman Simbok-nya bude, saya masih gak sempat untuk mampir ke Semarang. Sebab keburu ketabrak idul fitri. Si Ibuk sudah misuh-misuh bahwasannya apapun yang terjadi saya—anak wedok yang paling kenes ini--harus berlebaran di rumah :D

Meski begitu saya masih menyimpan keyakinan dan harapan besar, bahwa suatu hari nanti saya pasti bisa berkunjung ke Semarang dalam tempo waktu yang lama. Menyesap keindahan dan hiruk-pikuk kota di mana Ibuk dilahirkan.


Baca juga: Menapak Tilas JASMERAH Kabupaten Semarang


Bahkan saya sudah menyimpan destinasi wisata mana saja yang akan saya sambangi saat berkesempatan berkunjung ke Kabupaten Semarang. Berikut listnya:

Candi Ngempon


Ntah ya, saya ini suka banget kalau suruh main ke situs-situs sejarah. Baik candi, petilasan maupun museum. Sebab di Lampung gak banyak candi-candi macam di Jawa sih. Mau di candi itu kalau siang puanassseee polll kek, terik dan bikin kulit gosong kek, saya gak peduli!

Saya seneng membayangkan ini tempat dulunya dipuja dan sangat krusial. Dia bisa tegak berdiri sampai era now. Enggak peduli hujan, panas, petir, badai maupun tertimbun tanah akibat bencana alam. Dia benar-benar saksi bahwa bumi ini bulat dan berputar layaknya kehidupan. Ibarat manuusia, pastilah ia sudah banyak makan asam-garam kehidupan.

candi ngenpon
Candi Ngempon
(via: https://www.instagram.com/idtravelblogs)

FYI aja Candi Ngempon ini bercorak hindu. Candi ini diyakini dulunya semacam pusat pendidikan untuk kasta brahmana menjadi empu. Konon ada sembilan candi, tapi kalau diperhatikan di foto hanya ada 4 saja yang telah direkontruksi lagi dengan satu candi yang berukuran lebih besar dari yang lainnya.

Lokasi: Kelurahan Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang

Benteng Williem II


Ini masih berhubungan ya dengan alasan tempat wisata di atas. Cuma bedanya ini bangunan sejarah peninggalan jaman kolonial Belanda. Keren ya Kabupaten Semarang punya bangunan cagar budaya yang masih terawat seperti ini. Saya jadi kepikiran, kenapa ya dulu Belanda enggak membangun semacam benteng beginian di ujung Sumatra?

Mungkin gak sempat. Keburu sudah merdeka.

benteng wilem ii
Benteng Wilem II
(via: https://www.instagram.com/anggameiggie)

Konon dulunya Benteng Willem II ini dibangun untuk memperingati pertemuan antara Sultan Pakubuwono II dengan Gubernur Jenderal Van Imhoff yang dilakukan pada tanggal 11 Mei 1746. Sambil menilik tempat sejarah sambil mengenang mantan masa lalu yang pernah di lalui bangsa kita secara langsung. Duhhh, nikmat hidup mana lagi yang kamu dustakan coba.

Lokasi: Jl. Diponegoro No. 148, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

 

Rawa Pening


Pertama kali saya tahu informasi mengenai Rawa Pening, dari perkenalan saya dengan Baru Klinting sebuah cerita mitos yang ada di buku bahasa indonesia kelas 5 SD milik kakak. Saat itu saya kelas 1 SD baru lancar membaca dan lagi senang-senannya baca ini-itu dengan rasa penasaran yang tinggi.

Kata ibuk kami sekeluarga dulu pernah berkunjung ke sana. Tapi ya mana saya ingat. Tahun 2001 itu 16 tahun lalu loh.

rawa pening
Rawa, rawa apa yang bisa sakit kepala?
 (via: https://www.instagram.com/gerardus.dito)

Konon ‘pening’ itu artinya bening atau jernih. ‘Rawa Pening’ berarti Rawa atau Danau dengan air yang sangat jernih. Whaha lucu ya, padahal biasanya saya biasanya pakai diksi ‘Pening’ kalau kepalanya lagi sakit. “Pening pala ini, wah!”

Saya penasaran apakah serupa Danau Ranau di Lampung Barat. Atau seperti yang sering dideskripsikan ole Ibuk, atau sudah berbeda. Anyway kalian pernah baca cerita Baru Klinting?

Lokasi: Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Rawa Pening menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru)

Kampung Kopi Banaran

 

Whahaha ini nih, yang bikin ngiler dan layak ditunggu. Saya dari lahir tinggal di provinsi yang terkenal akan penghasilan kopi dan lada. Dari kopi hasil panen kebun sendiri, kopi luwak hingga aktifitas memanen sampai mengeringkan kopi pernah saya coba.

Dan ini kopi Semarang, seperti apa ya rasanya. Beda gak ya sama kopi Lampung. Kira-kira enakan mana?

Apalagi kalau minum di tempatnya langsung. Di Banaran Coffee yang letaknya di dataran tinggi dengan udara sejuk yang khas. Bikin ngiler membayangkannya.

kampung kopi banaran
Mari sruput, Gan!
(via: https://www.instagram.com/anthony.adhiputra)

Kampung Kopi Banaran termasuk kawasan Wisata Agro Semarang yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero). Di sini kita bisa sekalian wisata edukasi bersama keluarga dengan fasilitas dan wahana hiburan lengkap seperti outbound, taman bermain anak,museum kopi, pabrik kopi dan masih banyak lagi. Gak usah khawatir gimana cara mengelilingi kebun buah dan kebun kopi yan ada di sana, sebab tersedia transportasi semacam mobil wisata yang akan mengantar berkeliling. Cihuy banget kan.


banaran-kampung-kopi
Di antara pepohonan kopi yang membentang hijau
(via: https://www.instagram.com/kampoeng_kopi_banaran)

Lokasi: Jl. Raya Semarang-Solo, KM 35 Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Umbul Sidomukti 


Sumpah ya saya kalo ke Kabupaten Semarang, harus banget nih ke sini. Konon di sini ada lintasan flying fox yang track-nya bisa memilih menuruni lembah sisian kolam atau marine bride di lembah. Duh pengen banget cobain ini. Lintasannya lumayan 110 meter dan ketinggian dari lembah sekitar 70 meter. Ya Tuhan, ngiler.

Sebenernya saya gak adrenalin jungkie banget sih. Pilih-pilih. Kalo terlalu extrem macem tornadonya Dufan saya gak teerlalu suka. Soalnya dibolak-balik. Tapi kalau flying fox entah kenapa saya candu banget. Semua tempat yang pernah saya kunjungi dan ada flying fox pasti saya coba. Duh sensasinya itu lho. Meluncur dari ketinggian. Membelah angin yang terasa berdesing diantara kepala. Ya Tuhan, bikin candu!


umbul sidumukti
Kolam bertingkat Umbul Sidomukti, yang kece badai!
(via: https://www.instagram.com/tovic_liem)

Umbul Sidomikto ini termasuk kawasan wisata. Dilengkapi dengan fasilitas Kolam renang bertingkat yang kedalamannya bisa meilih, dengan air yang dingin dan jernih khas pegunungan. Ada juga outbound training, adrenalin games, ATV, camping ground, meeting room dan lain sebagainya. Lengkaplah pokoknya.

Lokasi: Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang

Hutan Pinus Kanyon 


Ini semacam wisata hitz-nya Kabupaten Semarang. Buat bagus-bagusin feed instagram. Secara memang yang namanya hutan pinus itu di manapun tempatnya memang fotogenik banget. Yang bikin spesial dari hutan Pinus Kanyon ini adalah spot pohon yang melengkung. Berbeda dari pohon pinus kebanyakan, pohon pinus satu ini punya bentuk yang mirip-mirip lengkungan bulan sabit. Unik ya!

hutan pinus kanyon
Mau fot di sini T.T
(Via: https://www.bersosial.com/)

Secara siapa pula yang gak seneng mengunjungi temat wisata yang sejuk buat ngadem sejenak dari aktiifitas dan hiruk-pikik perkotaan. Kamu juga pasti ngiler kan pengen berkunjung ke hutan pinus macem Kanyon juga?

Lokasi: Dusun Krangkeng, Desa Batur, Kec. Getasan, Kab. Semarang

Museum Kereta Api Ambarawa 


Last but not least, ini juga masih berhubungan dengan tempat wisata nomer satu. Tiap berkunjung ke museum saya merasa merontokkan dosa-dosa yang saya timbun jaman sekolah dulu. Saya doyan banget bolos atau pura-pura sakit di UKS tiap pelajaran sejarah. Mengunjungi museum merupakan salah satu pembuktian buat diri saya bahwa ada cara lain untuk belajar sejarah selain didongengin sama guru di kelas. Yup, dengan mengunjungi museum atau tempatnya langsung.

hutan pinus kanyon
Salah satu koleksi lokomotif museum kereta api Ambarawa(Via: https://www.semarangplus.com)

Museum kereta api ambarawa ini dulunya merupakan stasiun kereta api peninggilan pemerintah Hindia-Belanda yang kini dialihfungsikan sebagai museum. Memiliki koleksi kereta-kereta api jadul yang masih terwata ingga kini yang digunakan sebagai kepentingan edukasi dan pariwisata. Salah satu kereta yang ada yaitu B2220 yang berbahan bakar kayu, widih keren ya. Memiliki kecepatan maksimal 50 km/jam. Ini kereta api jaman dulu gak lebih ngebut dari matic ya haha. Panjang lokomotof 7.850meter, lebar lokomotif 2.410meter.

Lokasi: Jl. Stasiun No. 1, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 

Oke, itu tadi tempat-tempat yang pingin banget saya kunjungi kalau ke Kabupaten Semarang. Bagi saya Kabupaten Semarang ini sangat spesial, sebab dari sanalah ibu saya berasal. Saya membayangkan jalan-jalannya sama si Ibuk, beliau pasti antusias banget menceritakan ini-itu pada saya. Tentang kampung halamannya jaman dulu saat beliau masih tinggal dan menghabiskan masa kecil di sana dan perubahannya sekarang. Wih, pasti seru.

Kalau kalian gimana, jadi pingin berkunjung ke Semarang juga? Atau punya dream destination versi sendiri? Share di kolom komentar ya :)

dream destination kabupaten semarang

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti "Lomba Blog Pesona Kabupaten Semarang


Salam sayang dari calon menantu idaman :*



*Sumber gambar tercantum
*Sumber informasi diambil dari

https://id.wikipedia.org/wiki/
http://www.kampoengkopibanaran.co.id/
http:// www.mejarapuh.blogspot.com/
https://tempatwisataindonesia.id/

https://coretanpetualang.wordpress.com/

17 komentar:

  1. semarang memang banyak banget tempat wisatanya. gak cukup seminggu juga sepertinya jika ingin berwisata di semarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak bener banget. gak cuma banyak tapi keren-keren. bikin bingung milihnya hehe

      Hapus
  2. duh kalo liat destinasi Semarang pasti deh ada aja yang keren,
    aku mau banget dong ke Umbul Sidomukti and hutan Pinus,
    moga suatu saat bisa ke Semarang huhu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti bisa kok Leon, selama ada kemauan pasti ada jalan. keren gak tuh kata mutiara gue wkwkw

      Hapus
  3. waw...keren mba, bener2 dream destination lah, mungkin suatu saat akan kesana, btw triggered juga sama rawa pening, kukira asal usulnya karena pusing kepala haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu tahu istilah pening untuk sakit kepala juga ya hihi

      Hapus
  4. Widih itu destinasinya kok keren-keren semua sih.. jadi pengen juga deh.

    Oh iya aku juga suka flying fox kak, sama kayak kakak aku juga gak terlalu beradrenalin tinggi tapi kalau flying fox emang beda. Seru aja gitu meluncur gitu. Walaupun ya saya kurang suka ketinggian, kadang gemeteran kalau naik tangga pas flying fox tapi rasa senang mau naik flying fox mengalahkan ketakutanku, haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang di kabupaten semarang banyak tempat wisata keren.
      naik flying fox itu berasa mengalahkan rasa takut. takut ketinggian terutama

      Hapus
  5. umbul sidomukti dan hutan pinus ajiiib beneeerrr....

    btw semnua destinasinya keren-keren. gue jadi kepengen jalan jalan ke sana. cuma pertanyaaannya... sama siapa?

    hiks hisks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha njir bang Yoga, ngakak bener dah. Ya ajakin temen atau ajakin pacar lah. Eh pasti gak punya pacar ya :D

      Hapus
  6. Kenapa di Semarang ngilerin banget wisatanyaaaaaa 😭😭

    Apa lagi yang Kolam bertingkat Umbul Sidomukti, mau berenang di sanaaaa 😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, kece-kece, bisa dijadiin alternatif kunjungan kalau lagi di jawa tengah

      Hapus
  7. Ini blog baca domainnya aja aku udah senyum-senyum sendiri hahaha. Kayaknya ini kunjungan pertama ku ya, so pertama-tama, salam kenal :)

    Kabupaten Semarang keren banget ya, banyak banget lokasi yang dijamin menaikkan harkat dan martabat feed Instagram, sayang ih belum pernah ke sana. Paling suka yang kolam bertingkat itu... Pasti seru banget berenang sambil liat pemandangan yang kece yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan di tempat ramai aja Yar senyum-senum sendiriannya. nanti disangka gak waras :D

      salam kenal kembali, dari calon menantu idaman. ehem! ehem! kibas jilbab.

      iya makanya sekali-kal gih berkunjung ke kabupaten semarang

      Hapus
  8. Iya, Kabupaten Semarang keren-keren tempat wisata alamnya, tinggal dipromosikan biar beken yaa :)

    BalasHapus
  9. Masih penasaran bgt sm umbul sidomukti, waktu itu pernah backpacker ke semarang tp baru sedikit yg di jelajah hehehhe.

    http://ursulametarosarini.blogspot.co.id/

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, silakan berkomentar.
Semua komentar akan mendapatkan feedback, berupa blogwalking.
Dan, pulsanya sekalian Kak?