Ketika Mantuidaman Blog Gathering Bareng Tapis Blogger


tapis blogger gathering

Jauh sebelum saya tahu kalau nulis itu bisa dapat uang, kalau tulisan itu bisa dijual, kalau imbas dari curhat berbentuk tulisan itu bisa bernilai rupiah, saya dasarnya sudah senang menulis. Menulis curhat sih!

Apa ya, bagi saya pribadi, yang rada introvert ini. Gak semua hal itu bisa diungkapkan lewat kata-kata. Dan yang pasti belum tentu juga, orang lain mau mendengar curhatan saya yang gak ada faedahnya. Di samping itu, terlalu banyak mulut-mulut yang mengoceh cerewet di dalam kepala. Saya butuh sesuatu untuk membungkam mereka.

Maka, hal yang paling realistis untuk saya lakukan adalah menuliskan melalui huruf-perhuruf, yang akan bertransformasi menjadi kumpulan kata, yang membentuk banyak paragraf hingga menjadi sebuah cerita utuh. Bagi saya cerita-cerita itu tidak melulu tentang penting atau tidak. Saya tidak butuh itu.

Sebab, yang saya butuhkan adalah rasa leganya. Kepuasan batin ketika berhasil menuliskan apa yang tadinya hanya dipikirkan. Kepuasan ketika tadinya hanya sebuah ide, kini berbentuk nyata. Menjadi tulisan.

Eh, kamu juga merasakan hal serupa gak sih ketika sedang menulis?

Apa cuma saya saja?!

Maka, bisa menjadi bagian dari Tapis Blogger, yang merupakan wadah bagi blogger-blogger yang tinggal di Provinsi Lampung ini adalah sesuatu yang luarbiasa hebat. Bisa ikut acara-acara yang dihelat, adalah pencapaian yang Maha WOW!!!

Apa yang lebih menyenangkan selain memperoleh banyak teman dan keluarga dari hobimu?

Apa yang lebih membahagiakan daripada mendapat ilmu, bisa sharing dan belajar dunia yang kamu sukai dengan orang-orang yang sejenis kamu?

Soal uang, bayaran dan hadiah. Itu kan cuma bonus tambahan atas hasil kerja keras. Saya rasa tidak ada usaha dan kerja keras yang tidak membuahkan hasil.

Maka (lagi), ketika Tapis Blogger menggelar gathering, saya adalah orang yang paling semangat. Gak peduli hujan, gak peduli hari libur, gak peduli posisi lagi di rumah orangtua di Tanggamus, gak peduli mantan ngajakin balikan. Gak peduli lah pokoknya.

Saya kudu ikut!

Kapan lagi kan bisa dapat ilmu dari Mas Lean yang master SEO itu. Sepanjang saya ngeblog nih, belum pernah nemu master SEO yang rela bagi-bagi ilmu. Dan mau meladeni mulut-mulut keppo blogger pemula. Mereka biasanya ada untuk mengejek kinerja random blogger payah macam saya.

Sepengalaman saya lho ini.

Pemateri acara gathering Tapis Blogger yang luarbiasa!

Sambil menyimak duo Bundanya Tapis Blogger: Bunda Naqqiyah dan Bunda Heni Puspita menjelaskan materi seputar branding diri, menjadikan tulisan bertenaga agar enak dibaca, hingga design blog yang ideal supaya dilirik oleh sponsor. Sementara itu aroma kue Banana Foster Lampung yang sedang dipotong-potong oleh panitia di belakang, dan akan dibagikan kepada peserta Gathering Tapis Blogger yang beraroma lezat sudah menggelitik inderawi.

Perut kenyang, materi masuk pikiran!

Bersisian dengan itu, produk kopi lokal dari El's Coffee tampak melambai-lambai pingin dibawa pulang, sungguhpun kombinasi yang cocok, ya. Apa yang lebih nikmat dari mendengarkan materi blogging sembari menikmati sepotong kue dan secangkir kopi?

Etapi, kopinya memang belum ada, tapi bolehlah dibayangin dulu.


Oke, kembali ke topik!

Seperti apa yang disampaikan oleh Bang Lean , Bahwasannya ngeblog saja tanpa mikirin ribetnya teknik SEO one page, tanpa mikirin google adsense, blogging tetap bisa jalan kok. Artikel yang telah kita tulis masih berkesempatan nongon di halaman pertama pencarian google.

Dengan syarat, ngeblog yang ikhlas. Nulis yang rajin. Posting yang rutin. Kan Bang Lean bilang, kalau tulisan kita panjang, ulasannya lengkap, pembahasan gak setengah-setengah, kesempatan untuk nongol di page one google itu ada. Terlepas kita awam soal per-SEO-an.

Oke, end of this post, mengutip kata-kata dari slidenya Bunda Naqqi:

"Tulis draft pertamamu dengan perasaan. Lalu tulis ulang dengan pikiranmu." 

Kita atau saya saja, memang butuh menulis untuk menuangkan apa yang berlebihan di dalam kepala. Di sana dibutuhkan perasaan iklas dan bahagia. Tapi, orang lain yang nantinya akan membaca tulisan kita, tidak melulu butuh apa yang kita curhatkan. Maka kehadiran pikiran amat krusial untuk memodifikasi dan mengkerucutkan tulisan curhat itu agar sedap dan layak untuk dibaca orang lain.

Sebab, segala jenis tulisan sejatinya bukan hanya dari imajinasi kosong belaka. Semua itu bersumber dari pengalaman, pengamatan dan pemikiran dari penulis yang berkaitan. baiklah, terimakasih Tapis Blogger, untuk ilmu dan hari minggu di Secret Garden Lampung yang luarbiasa ini.


Dan terimakasih juga atas teman-teman barunya :)



BONUS!!!

Kapan lagi kan, bisa foto sama Presiden Jomblo!

Sekian dari mantuidaman blog, samapi jumpa di Gathering Tapis Blogger berikutnya.

Salam sayang, dari calon mantuidaman


8 komentar:

  1. huuu T_T pengen ikut juga, agak nyesel nggk ikut acara pertemuan kayak gitu

    aku baru tau ada komunitas blogger lampung, kira kira selanjutnya ada pertemuan blogger apa lagi kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tau Dedek Attar :D, nanti aku kasih tau kalo ada acara lagi ya. Gabung aja dulu di gruf Facebook tapis blogger, nanti aku kirim deh linknya.

      Jangan syedihhhhh

      Hapus
  2. Hahhah itu Jomblo ngapain di tengah-tengah ya? Makasih ya sudah datang. Sharing di blognya lengkap. Semoga rajin menerapkan dalam merawat blog. Tulisan Latifah sudah mengalir banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan lagi Umi, bisa foto sama presiden jomblo hehe.

      Terimakasih umi sudah dikunjungi. Iya,semoga tidak malas merawat blog.

      Hapus
  3. Quote Of The Day "Perut kenyang, materi masuk pikiran!" - Mantu Idaman. :D

    Ngeblog emang harusnya sih gak mikirin SEO, Adsanse atau lainnya. Tapi setelah gue tau ada ilmu begituan, ya diterapin sih dikit-dikit. Lah wong taunya cuma dikit. Hehe

    Mantap! Makin eksis aja Tapis Blogger!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah bang Rifqi bisa aja. Itu kode aja.

      Iya bener tapi kalo tau malah semakin pusing, sebab bingung mengaplikasikannya gimana haha

      Hapus
  4. Istriku paling demen ikut acara2 gathering blogger, kalau suaminya paling demen nganterin sama jagain anaknya yg nomer satu. Eh, salah satu niat sy buat ngeblog gara2 sering anterin istri ikut blogger ghatering, sapa tahu kapan2 bisa ikut bareng. Kalau sekarang karena anak2 masih kecil, sy cukup ngantar ke acara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini nih. Ini bapak2 idaman. Mendukung hobi dan aktifitas istrinya dan malah jadi ikitan. Keren sekali om martin

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.