Pertimbangan Tampil Keren dengan Produk Handmade Unik Asli Indonesia

produk handmade qlapa


Adalah Kang Erman, seorang teman Tapis Blogger (Komunitas Blogger Lampung) yang selalu tampil berbeda setiap acara Gathering Blogger. Selalu tampak khas dengan pengikat kepala tradisional. Awalnya aku gak terlalu notif dengan penampilanya.  

Tapi kok lama-kelamaan, seiring seringnya berada dalam satu event blogger dengan beliau, tanpa sadar aku jadi paham banget. Bahkan dari kejauhan, dengan melihat pengikat kepalanya saja aku udah ngeh kalau itu Kang Erman.

produk handmade qlapa
Gathering tiga Tapis Blogger dengan Kang Erman yang tampak beda.
(Dok: Tapis Blogger)

Lain kang Erman, lain pula bang Indra, beliau adalah salah satu blogger senior yang gencar sekali mempromosikan budaya daerah Lampung. Pada banyak momen Bang Indra selalu mengenakan ikat kepala khas adat Lampung bernama kiket. 
produk handmade qlapa
Bang Indra dengan Ikat kepala khas adat Lampung
(Doc. www.duniaindra.com)


Kalau mengingat budaya Lampung, otakku langsung terseting membayangkan laki-laki berikat kepala dan mengenakan kemeja batik motif tradisional Lampung. Kurang lebih seperti Bang Indra gitu. 

Nah, karena terinspirasi dari dua orang blogger keren itu, akupun berpikir untuk turut mengetniskan diri. Aku berpikir, itu hal yang seru gitu kalau orang lain mengingatku karena sebuah identitas yang khas. 

Tapi tentu bukan dengan ikat kepala serupa mereka. Sebab aku rasa ikat kepala yang dipadukan dengan hijab akan terkesan wagu dan terlalu memaksakan. Maka aku memikirkan hal lain. 

Pikir punya pikir...

Kemudian akupun flashback pada momen-momen saat liburan di Yogya. Di mana saat itu aku sukses belanja oleh-oleh untuk seluruh anggota keluarga di rumah, namun justru gagal mengoleh-olehi diri sendiri. Ya, aku pulang dengan segambreng oleh-oleh namun tidak ada yang untukku. 

Akupun kembali teringat pada baju lurik yang nyaris kubeli. Kubilang nyaris, sebab aku hampir membayarnya. Meski pada akhirnya batal. Sebab saat itu, aku menimbang potongannya yang serupa baju lelaki. Lalu aku gak menemukan ide, pada momen apa aku akan mengenakannya. 

Dan sekarang, setelah pulang ke Lampung, aku baru sadar betapa kerennya Kang Erman dan Bang Indra yang bangga menyematkan atribut etnisnya. Bikin aku jadi menyesal. 

"Kenapa sih, kemarin itu luriknya gak dibeli aja! Kan bisa dibawa ke tukanh jahir buat diedit. "  Sambil kepikiran entah kapan bisa ke Yogya lagi.

Di tengah penyesalan akupun coba browsing sana-sini untuk mencari seller kain lurik.  Secara di jaman secanggih ini, apasih yang gak bisa dicari lewat mesin pencari sekelas google. Ya, kan!

Hingga pencarian ini membawaku pada sebuah marketplace Qlapa. 

JADI, APA ITU QLAPA? 

Qlapa, merupakan sebuah situs belanja online, di mana kita bisa menemukan aneka macam produk handmade asli Indonesia. Mulai dari tas, dompet, baju, kain,  sepatu kilit hingga aksesoris-aksesoris unik lainnya. 

Mulai dari yang tradisional, minimalis hingga modern. Semuanya ada di qlapa. Tentu kamu sependapat ya, kalau qlapa aku katakan sebagai rumahnya produk handmade Indonesia.

Di qlapa sendiri, sangat mudah menemukan produk handmade yang ingin dicari. Misalnya aku yang ingin mencari kain lurik. 

APAKAH SULIT BERBELANJA DI QLAPA?

Tentu tidak, justru sebaliknya. Di mall online produk handmade ini kita justru dapat dengan mudah menemukan barang yang ingin di beli. Atau jika kita masih belum menemukan ide untuk membeli barang apa yang cocok untuk hadiah, dekorasi rumah atau dikenakan sendiri, qlapa menghadirkan pilhan keyword yang menarik di mata kita.

Kitaa hanya perlu menulikan keyword barang yang diinginkan atau melihat lihat dahulu di kategori populer di kategori.



BARANG APA SAJA YANG BISA DITEMUKAN DI QLAPA?

Kita bisa menemukan produk mulai dari kategori gender, rumah dan dekorasi, hadiah dan perayaan hingga kuliner semua lengkap tersedia di qlapa. Kita juga bisa mengetahui produk-pproduk yang sedang populer saat itu.

BAGAIMANA KUALITAS BARANG YANG DIJUAL DI QLAPA?

Qlapa menjamin bahwa produk kerajinan yang dijual mereka pilah-pilah satu-persatu, jadi kualitas barang yang dijual tentu sudah terstandar. Lagipula, barang handmade yang dibuat oleh pengrajinnya langsung pasti tidak hanya memiliki cita rasa seni yang lebih tinggi, tetapi juga dibuat dengan sabar, detail dan penuh cinta oleh pengrajinnya,


Aku tidak yakin barang yang seperti ini memiliki kualitas yang diragukan. Di samping itu qlapa juga menyediakan fitur zoom pada gambar produk yang di display dengan resolusi gambar yang cukup baik. Sehingga pembeli bisa melihat detail produknya. 

APA KEUNTUNGAN BERBELANJA DI QLAPA?

"Sebaik baiknya orang, adalah orang yang berguna untuk orang lain."


Nah, dengan berbelanja di qlapa, di mana produknya kita dapatkan langsung dari penjualnya. Maka bermakna bahwa kita turut membantu para pengrajin-pengrajin produk asli Indonesia untuk maju. Kalau bukan kita yang mencintai produk-produk anak bangsa siapa lagi, kalau bukan kita yang memperkenalkan kerajinan khas negara kita, siapa lagi. Ya kan?

FILOSOPI TANAMAN KELAPA

Nama Qlapa terinspirasi dari tanaman kelapa. Merupakan jenis tanaman monokotil yang sering digunakan oleh masyarakat terutama Indonesia. Sebab dari ujung hingga pangkal pohon ini memiliki manfaat, misal daunnya dapat digunakan untuk membuat ketupat dan sapu lidi. Lalu ruas daunnya dapat digunakan sebagai kayu bakar, Batangnya dapat digunakan menjadi kayu yang kuat dan kokoh, bahkan akarnya dapat di sulap menjadi kerajinan tertentu. Nama Qlapa inilah tentu diharapkan dapat bermanfaat serupa tanaman kelapa. 

Terutama untuk pecinta prooduk handmade yang selama ini acap kali mengalami kesulitan untuk mencari produk yang dimaksud, padahal di luar sana banyak sekali pengrajin barang handmade yang juga tidak kalah kesulitan untuk menemukan pelanggannya. 

Saya jadi teringat kata pepatah yang mengatakan; "Tidak ada produk yang tidak laku di jual. Yang ada hanya pemasarannya yang tidak tepat."

Tentu akan menjadi suatu masalah ketika kita ingin kain tenun lombok namun harus membeli ke pengrajinnya secara langsung. Tidak terbayang berapa banyak biaya dan waktu yang harus dikorbankan untuk menuju ke sana. Nah di dinilah Qlapa hadir untuk membantu menuntaskan rentan jarak yang amat jauh antara pengrajin dan konsumen itu. Serupa pohon kelapa yang setiap inci tanamannya dapat dimanfaatkan untuk mempermudah hidup manusia.

End of this post, baik Erman maupun Bang Indra, keduanya adalah salah satu dari banyaknya warga indonesia yang mencintai produk-produk etnik Indonesia. Di antara jutaan warga Indonesia mungkin mereka tidak terlihat, tapi dengan adanya sebuah rumah yang mempertemukan orang-orang serupa mereka, baik pengrajin maupun penikmatnya, kita akan tahu bahwa produk handmade asli Indonesia ini milik kita, identitas kita yang membuat budaya kita kaya. 

Oke sekian dari saya, semoga kamu menemukan ide untuk tampil keren dengan barang-barang handmade unik asli Indonesia melalui Qlapa.

Salam sayang, dari Calon Menantu Idaman





5 komentar:

  1. Aplikasi ini menarik, ya ..
    Menyediakan kreasi produk unik dan mewadahi para pengrajin lokal dengan produksi keren2

    BalasHapus
  2. Saya suka banget model dan corak warna produk-produk di Qlapa,. .nice sharing..

    BalasHapus
  3. Izin share ya di Google plus ➕

    BalasHapus
  4. Situs Qlapa memamg kerennn krn menampung banyak produk lokal tpi yg tak kalah keren adalah Mas2 yg diatas tuch... :)

    BalasHapus
  5. Tifaahhh, ternyata blogmu aktif ginih. Keren kerennn

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, silakan berkomentar.
Semua komentar akan mendapatkan feedback, berupa blogwalking.
Dan, pulsanya sekalian Kak?