Ketupat Mini K-Link, Solusi Tepat Cara Masak Ketupat Cepat dan Praktis

cara masak ketupat


Selepas ibu terserang stroke tiga tahun silam, aku sebagai anak perempuan satu-satunya dalam keluarga mendadak wajib sigap mengantikannya dalam berbagai urusan. Salah satunya urusan perut orang serumah.

nah akalu udah menyangkut urusan perut, yang paling berasa adalah saat jelang lebaran, sebab pada momen ini ada banyak wajib yang kudu dilah. Mulai dari masak opor, rendang hingga yang paling sulit dan ribet (menurutku) cara masak ketupat.

Aku yang dulu anak perempuan yang gak peduli sama urusan dapur, bahkan membedakan lengkuas dan sereh saja gak bisa, mendadah harus berubah menjadi superwoman. Harus bisa masak apa saja, yaiyalah ya, masa Ayah yang harus masak!

Beruntung ada mbah google, jadi segala resep bisa aku tanyakan pada belia. Mulai dari cara masak ketupat, cara masak opor ayam, cara masak rendang, hingga cara move off yang baik dan benar. Eh! 

Di momen lebaran tahun ini, setelah tiga tahun berlalu. Pada Idul Fitiri 1439 H, alhamdulillah ibu sudah jaaauuuhhh lebih sehat. Beliau sudah bisa beraktifitas layaknya IRT pada umumnya.

Tapi tetap saja untuk urusan masak makanan yang berhubungan dengan daging-dagingan, ribet dan butuh tenaga banyak, aku yang handle. Kini ratu dapurnya aku. Beliau aku pensiunkan dini dari jabatan Haha.

Sebab, meski kini beliau sudah tidak ada larangan makan-makanan sejenis rendang (asal dalam jumlah terkontrol) aku tetap tidak setuju kalau beliau terjun langsung ke dapur kalau ada acara masak-masak menu jahat khas lebaran.

Pasalnya uap masakan daging (baik itu kambing, sapi dan kerbau) jauh lebih berbahaya bagi penderita stroke ketimbang saat mereka memakannya. Karena kalau terhirup sementara saat makan, kita butuh mencernanya terlebih dahulu.

Nah, itu intermezo saja. kalau tiga tahun lalu aku kelimpungan perkara: Bagaimana cara memotong daging untuk dibikin rendang, apa bumbu opor ayam hingga bagaimana cara mengisi beras saat hendak masak ketupat. Kini aku merasa jauh lebih lihai.

Perkara bumbu-bumbu yang dibutuhkan, sudah hapal di luar kepala. Perkara memotong daging sudah sip. Tapi perkara masak ketupat, bagi aku seperti momok yang menakutkan.

Gimana enggak, cara masak ketupat dengan metode konvensional itu ribetnya bukan main. Mulai dari membikin dari janur (meski bisa beli di pasar), mencuci beras, mengisinya dengan tepat (ini nih yang paling susah),  lalu memasaknya hinga berjam-jam lamanya.

hadeeehhh, sudah boros gas/kayu bakar yang mihil itu, menghabiskan tenaga dan waktu, gak praktis pula. "Bunuh saja aku Bang! Bunuh! Adek lelah!"

Tapi betapa beruntungnya si superwoman ini, sebab pada lebaran ini aku berkesempatan memperroleh THR dari K-Link berupa Pat Pat K-Tupat Mini yang cara memasaknya sangat mudah dan cepat. Asikkk!

Jadi, apa itu Pat Pat K-Tupat Mini K-Link?


Baiklah, di sini Mantu hadir untuk berbagi ketidakribetan dalam masak ketupat. Bersiaplah!

cara-masak-ketupat
Kiri versi belum di masak, kanan versi gembul setelah di masak

Hadir dalam bentuk kemasan kotak berisi 20 bungkus ketupat versi mini dan unyu-unyu yang dikemas lagi dalam plastik vakum, ketupat mini K-link menawarkan produk modern dengan sentuhan teknologi, sesuatu yang mempermudah dan mempersingkat usaha manusia. Berat bahasa Mantu memang. Maap.

Intinya Pat Pat K-tupat Mini K-Link ini adalah ketupat biasa, yang biasa kita makan saat lebaran, namun dalam versi modern dengan cara masaknya tidak merepotkan konsumennya. Cukup masak ketupat mini selama satu jam, hidangan siap disajikan dengan kawan-kawannya (opor, rendang dan gengnya). Asik kan!

Bagaimana Cara Masak Ketupat Mini K-Link?


Gampang sekali. Mari simak Shay:

1. Keluarkan ketupat mini dari dalam plastik dan cuci di bawah keran. Jangan terlalu kasar mencucinya nanti kemasannya terbuka dan isinya pada tabur. Ok.

2. Panaskan air dalam panci menggunakan kompor atau bisa juga menggunakan magic com.

3. Setelah air mendidih, masukan pat pat k-tupat mini k-link ke dalam panci. Nah, bisa juga ditambahkan sedikit garam (biar ada sensasi asin gurih), atau daun pandan (biar harum) atau kombinasi keduanya atau tidak usah sama sekali.Sesuai selera saja.

4. Tunggu hingga 60-90 menit. Dalam tempo ini, jangan lupa sesekali di cek, pastikan badan si ketupat mini ini tercelup pada air, biar bentuknya syantikkk dan gembul merata. Oh ya, jangan kaget juga, biasa aja kalau ternyata cara masak ketupat mini inicuma butuh waktu sejam. Biasa aja, jadi IRT masa kini gak boleh kagetan gitu. Haha.

5. Setelah selesai, angkat si ketupat yang montok ini dari dalam pannci ke wadah berlubang yang bisa meniriskan air.

6. Dan, tadaaaaa..... pat pat k-tupat mini k-link siap disantap bersama makanan jahat khas lebaran Haha. Inget kadar kolestrol dalam darah ya, jangan kalap.

cara masak ketupat
Mmri kita santap!

Bagaimana Cara Mendapatkan Produk Pat Pat K-Tupat Mini?


Produk dari K-Link ini, bisa kamu peroleh di stokist K-Link terdekat di kotamu atau dibeli online via website K-Link.

Cukup merogoh kocek sedalam 30K dengan isi sebanyak 20 kemasan mini ketupat yang berisi beras pulen dan enak kita sudah menghemat energi, waktu dan pastinya gas di rumah yang kalau pada momen lebarn suka langka, ya kan!

Apalagi jika kamu adalah member K-Link, ada diskon sebesar 20% untuk setiap pembelian produk.

Kalau ternyata kamu belum menjadi member K-link dan ingin membelnya juga tidak perlu risau, kamu bisa gunakan link reveral aku dengan mengikuti tautan ini. Langsung isi deh formulirnya.

 Kelebihan dan Kekurangan Produk Pat Pat K-Tupat Mini


Sampailah kita pada penghujung postingan. Dan ya, mari simak penjabaranku yang berimbang ini.

KELEBIHAN

1. Praktis, cepat dan sangat mudah cara masak ketupat mini K-link. Tinggal cuci rebus di air selama sejam. siap dihidangkan. Kurang praktis apa neh?

2. Tekstur, dan rasa dari si ketupat mini ini tidak perlu diragukan lagi. K-Link sepertinya benar-benar memilih beras pulen dan unggulan sebagai isian si ketupat mini.

3. Kemasan plastinya adalah tipe plastik food grade dan BPPA free yang sudah terjamin keamanannya sebagai wadah makanan yang melalui proses perebusan.

4. Masa kadaluarsa produk ketupat mini yang belum dimasak relatif lebih lama dan tanpa bahan pengawet.

5. Kemasan kotaknya yang cantik dan bernuansa sangat lebaran. Cocok untuk dilemas dalam bentuk parsel lebaran untuk THR sanak saudara tercinta.

6. Kemasannya yang kecil dan montok setelah di masak, bikin gemes siapa saja yang melihat dan pingin segera melahap. bikin kalap ini.

cara masak ketupat
Kalau udah gini, siapa coba yang gak pingin nyolek?


KEKURANGAN 

1. Kurang banayak. Haha. Ok, ini just kidding.

2. Plastik beninnya dan warna putih berasnya lebih mirip lontong ketimbang ketupat.

3. Platik pembungkusnya mudah robek kalau kamu saat memasak ketupat tidak berhati-hati saat membalik dan mengecek, jadi berasnya bisa tabur.

Oke, sekian review dari Mantu Idaman. Salam aja buat mertua.
bye-bye!



Salam sayang,
Calon Mantu Idaman

2 komentar:

  1. Salam kenal .mantap sekali sharing nya, izin share ya. Alhamdulillah Ibu juga udah sembuh dari sakitnya ya, tapi sebaiknya hindari makanan pemicu naiknya kolesterol. Jadi ibunya dipensiunkan dini, hahaha.

    Saya baru tau kalo uap kambing dkk bisa memicu tingkat kolesterol.

    Bener2 praktis, tapi kenapa saya bacanya telat ya, Selepas lebaran. Soalnya pas lebaran kita memang gak mau ribet masak ketupat, ya akhirnya beli jadi, tapi ya gitu, hasilnya gak memuaskan ,ketupat nya terlalu bonyok dan gampang basi. Padahal kalo beli pat pat ini praktis banget dan murah ya... Salam dari blogmashendra

    BalasHapus
  2. Yup.. jadi kalau mau makan ketupat ngga harus hari raya...kapanpun bisa tinggal kunjungi stokis k link rerdekat ya atau order online aja

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, silakan berkomentar.
Semua komentar akan mendapatkan feedback, berupa blogwalking.
Dan, pulsanya sekalian Kak?