Jangan Sampai Salah, Ini Cara Menulis Email Dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

neo study


Selepas masa kuliah, di mana kita akan memasuki dunia profesional, ada banyak kemampuan yang harus kita kuasai. Selain mampu mengambil hati atasan, kemampuan lain yang jauh lebih penting yaitu berbahasa Inggris yang baik.

Seringnya kemampuan satu ini disepelekan, karena dianggap terlalu suulit untuk mempelajarinya. Sehingga kemudian dikesampingkan, hal yang jarang disadari bahwa kemampuan inilah yang menjadi penentu performa dalam pekerjaan. Padahal semua orang jelas tahu kalau performa kerja yang baik--didukung kemampuan bahasa Inggris--itu dapat menghasilkan jenjang karir dan gaji progresif.

Salah satu kegunaan kmampuan berbahasa Inggris yang baik, yaitu ketika harus berkirim  surel atau email. Memang sih, kalau tidak bekerja di perusahaan multinasional kan tidak perlu mengirim surel pakai bahasa Inggris. Tapi FYI aja, sekarang itu sudah global jadi kemungkinan besar perusahaan tempat kita kerja sedang bekerjasama dengan perusahaan asing.

Mampuslah kita kalau kemampuan berbahasa Inggris ini nol punthul!

Oke, biar ada sedikit referensi. Berikut ini mantuidaman mau kasih 3 tips cara kirim email dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.

Subyek Email Harus Detail

Seringnya kita terlalu malas bahkan gak peduli mendetailkan tulisan dalam bahasa Inggris, padahal ini hal penting, loh. Terutama dalam subyek email sehingga si penerima pesan bisa langsung menangkap apa maksud dan topik email.

Misal nih, ketimbang menulis “Question” saja pada subyek email, ada baiknya ditambahkan tulisan lebih detil seperti “Question About Schedule for Friday’s Meeting”. Lebih jelas, formal, tepat sasaran dan tentu saja sopan.

Jangan Lupa Greetings

Sapaan atau greetings merupakan salah satu hal yang tidak boleh kita skip ketika mengirim email. Apalagi ini emai formal. Sama seperti orang Indonesia, orang barat pun menganggap greetings itu penting.

Bayangkan aja, kalau seandainya kamu masuk ke rumah orang tanpa ketok pintu dulu, main masuk aja. Enggak sopan banget kan? Sama halnya kalau kamu kirim email tanpa greetings.
Ada beberapa greetings yang bisa kamu pakai, di antaranya hi, hello, dear, hello, atau to whom it may concern.

Fokus Ke Keperluan

Kalau kirim email dengan bahasa Inggris, usahakan gunakan kalimat yang efektif. Langsung tepat sasaran dan jelaskan tujuan utama mengirim email.

Jangan sampai muter-muter atau parahnya terlalu banyak kalimat, nanti malah bikin bingung si penerima. Lagi pula dengan menulis email yang efektif, kita sudah menghemat waktu sendiri kan.

Nah, itu dia 3 tips dalam mengirim email dengan bahasa Inggris yang sengaja mantuidaman beberkan khusus buat pembaca blog ini. Kamu bisa terapin mulai dari sekarang, tapi ingat sebelumnya, kamu juga harus memperbaiki kemampuan berbahasa Inggris dari sekarang. Jangan sampai terlambat, sebab kemampuan dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris itu bisa menjadi faktor besar pembeda antara manusia dan robot.

Lagipula kalau kemampuan bahasa Inggrismu cas-cis-cus keren, sudah nilai plus tuh untuk mendaftar kerja di perusahan-perusahaan besar. Jangan sampai kamu mau kerjaan kamu diambil robot kayak di serial Black Mirror?

Tapi bagi kamu yang kemampuan berbahasa Inggrisnya standar-standar saja, juga tidak pelu khawatir. Sebab masih ada waktu kok untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris dari sekarang. Atau kamu gak punya waktu banyak untuk kursus?

Nah ini berita baiknya, kamu bisa memanfaatkan Neo Study untuk menaikkan level berbahasa Inggris.

neo study

Apa sih Neo study itu?

Neo Study adalah platform belajar bahasa Inggris dari gadget, yang bisa kamu unduh di play store dan Apps Store. Cara belajarnya mudah, dan bisa dilakukan di mana saja. kenapa mudah? Karena Neo Study menggunakan konsep pembelajaran adaptif, jadi data pembelajaran kamu akan diolah setiap hari agar kamu selalu dapat materi yang sesuai dan relevan.

Nah, di Neo Study kamu juga bisa belajar dengan native speaker langsung, jadi lebih mendalam pembelajarannya. Udah gitu, Neo Study juga punya fitur pengenal suara yang canggih, jadi jangan takut kalau pengucapan bahasa Inggris kamu enggak berkembang. Setelah belajar sama Neo Study kamu juga dapat sertifikasi CEFR. Bisa dibilang setara sama TOEFL, TOEIC, dan IELTS.

Gimana, masih gak percaya sama mantuidaman?

Mending langsung coba belajar sendiri di Neo Study aja, dengan klik tautan ini.

neo study



Salam sayang,


7 komentar:

  1. Semakin kesini semua hal bisa dilakukan lewat smartphone ya. Bahkan mau belajar bahasa inggris pun bisa lewat HP. Buat orang yang sungguh-sungguh pengen pinter, aplikasi Neo Study udah sperti cahaya keemasan dari langit yang hadir memberikan petunjuk sih :D

    BalasHapus
  2. Wah infonya kece banget nih. Bisa saya coba untuk upgrade Bahasa Inggrisku yang wow kurang hehe. Enaknya hidup di zaman teknologi, bisa belajar tanpa harus keluar rumah. Yes, pengetahuan sekarang ada di ujung jari. Tinggal unduh aplikasinya.

    BalasHapus
  3. Kasih contoh yang lengkap donk mantu menulis email dalam bahasa inggris. hehehe.. wah ini aplikasi baru nih buat saya. aku udah donload aplikasi aplikasi belajar bahasa inggris. ya walaupun kemampuan bahasa inggris saya masih standar aja. ini bedanya dengan just speak, U dictionary ntu ya. kelibihannya apa ?

    BalasHapus
  4. ini nih,, yang membuka wawasan baru, jadi pengen belajar bahasa inggris. reviewnya juga keren jadi pengen download apps nya nih buat belajar

    BalasHapus
  5. Email bahasa Inggris duh serem, saya nih musuhan sama pelajaran bahasa Inggris. Jadi kalau dapat email bahasa Inggris pilih google translate deh.

    Tips kirim email bahasa Inggris Bermanfaat sekali. Semoga saya segera akur sama bahasa Inggris ya. Thanks untuk sharing nya

    BalasHapus
  6. Mantap.. selalu ada info yang bermanfaat untuk khalayak ramai?

    BalasHapus
  7. Makasih tuk infonya, mbak. Sampe sekarang bahasa Inggrisku masih blum mantap juga.
    Bisa nih dicoba belajar bahasa Inggris di Neo study.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.