Ada Apa Di Puncak Mas Sukadanaham?

Ada apa di Puncak Mas Sukadanaham

Ini bukan sekadar judul postingan, tapi murni pertanyaan ‘Ada Apa Di Puncak Mas Sukadanaham?’ Di puncak Mas Sukadanaham ada apaan?!

Saya aja yang sudah ke sana bingung kalau ditanya hal semacam ini. Mari kita bahas lokasinya dulu aja. Ada di daerah Sukadanaham lagi-lagi di Kecamatan Kemiling, Kota madya Bandarlampung. Sangat amat mudah mencapainya, gak perlu pakai awan kinton. Perhatikan baik-baik biar gak nyasar, dari tugu duren naik ke atas ke arah Alam Wawai. Bedanya kalau mau ke Puncak Mas, ikuti arah jalan aspal saja. Sekitar 500 meter, sudah sampai kok.


tugu Duren
Dari sini, naik ke arah Alam Wawai

Dibutuhkan kocek sedalam 10K perorang untuk mendapatkan secarik tiket untuk masuk area Puncak mas, sudah lengkap dengan parkir kendaraan. Mayan.


Saya tercengang ketika sampai parkiran, sebab siang itu uncak Mas rame banget. Lalu kami (saya dan kawan-kawan) kembali kabur dengan membuat perjanjian terlebih dahulu sama petugas tiketing, bahwasannya kami akan kembali lagi. Sebab saya dan Via pingin beli durian haha!


Durian Sukadanaham
Belah duren di Puncak Mas

Ya, daerah Sukadanaham ini memang banyak banget pohon durian, maka gak mengherankan kalau pas musin durian gini pedangang banyak banget bertebaran di sepanjang jalan. Tinggal pinter-pinter aja kita milih dan nawar harganya.

Selesai dengan perbekalan, kami kembali lagi ke Puncak Mas, lalu mulai membuka lapak di pondok-pondokan yang tersebar disepanjang area yang menghadap langsung ke arah kota Bandarlampung. Entah apa yang diharapkan dari manusia-manusia kurang gaul kerjaan yang datang ke mari. Saya benar-benar heran.


Durian di Sukadanaham
Tadaaa, ini duriannya!

Puncak Mas adalah semacam puncak bukit yang tingginya nanggung, sehingga suguhan pemandangan kota Bandarlampung yang—mungkin—bisa dinikmati dari sini benar-benar tidak optimal.

Selain pondok-pondokan, tidak ada apa-apa lagi yang bisa dinikmati. Oh ya ada ding, spot foto dengan tulisan berbaca ‘PUNCAK MAS’ ditengah tanah lapang dengan rumput gajah mini belum sempurna berkembang. Entah apa spesialnya.


Wisata terbaru di bandar lampung
Ini view dari Puncak Masnya -_-

Belum lagi para pekerja yang hilir mudik. Ada yang lagi menyirami rumput gajah yang baru ditanam, ada yang sedang menanam selang di bawah tanah berumput gajah, ada yang sedang motong-motong dan memasang rangka baja ringan untuk kantin. Ada pula yang sedang menggotong-gotong pondok-pondokan. Chaos bangetlah.


Puncak Mas Lampung
Lagi pada sibuk membangun Puncak Mas yang belum kelar

Di dataran lebih rendah di bawahnya, lebih riweh lagi, eskavator dan mobil pengaduk semen lagi berduet membangun bangunan entah apa. Lengkap dengan pekerja-pekerjanya. Sedang pohon durian yang dibiarkan menjulang sedang dipaku-paku untuk dibuat rumah pohon kelak.


Lokasi Puncak Mas
Gini nih suasana di Puncak Mas

TEMPAT WISATA MACAM APA INI COBA?!? JELASKAN KISANAK!


Puncak Mas Sukdanaham
Ini spot foto mainstreamnya

Rate

Langsung rate ajalah ya, sebab emang enggak banyak yang bisa saya ceritakan saat ini. Saya memberi rate 2/5 untuk Puncak Mas Sukadanaham. Saya enggak tahu progres kedepannya tempat wisata ini seperti apa. Kalau diintip dari akun official instagramnya, saya rasa sih serupa perpaduan Rumah Pohon Tahura dengan tempat makan serupa Digers atau Sumit Bistro gitu. 


Di mana Puncak Mas Sukdanaham
Di sana-sini belum selesai dibangun

Tapi sumpah membuka tempat wisata yang belum siap secara rekontruksi untuk umum, itu bukan keputusan yang bijak. Mungkin si pengelola udah kehabisan dana kali ya :P

Saran

Saya sarankan sih gausah berkunjung  ke Puncak Mas dulu, sebelum pembangunan tuntas. Gabut banget di sana. Mati gaya pasti setelah kamu bosen foto-foto. Kemudian kiamat kecil tejadi. Gak banyak—nyaris gak ada—lagi spot foto yang kece. Ya kalau kalian melihat di Nistagram fotonya kece-kece, percayalah itu hanya manipulasi The power of editan aja lah!


Tapi di Puncak Mas banyak pohon duren Gaes!

View Puncak Mas Sukadanaham
Another view

Kecuali kalau kalian pigin banget, ya serupa mamah-mamah muda lagi ngidam gitu. Saran aja, biar gak mati gaya amat, bawa sesuatu serupa pacar biar bisa yayang-yayangan, atau macem saya dan kawan-kawan bawa durian, untuk sekadar membunuh waktu. 


Wisata hitz Bandar Lampung
Di manapun tempatnya, yang penting kebersamaannya 
-Quote by: Kurcacinya Cinderella-

Oke sekian, jangan lupa bahagia!



Salam sayang,

Latifah Desti Lustikasari

21 komentar

  1. Bagus ya tempatnya.. Buat sepedahan asik nih..hehe

    Ditunggu postingannya klw udh kece puncaknya ya.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak susah Ndi, dia naik bukit gitu. Aku mikirin nggoesnya

      Hapus
  2. menurutku sih tempat kayak gitu cuman tempat yang cocok buat kopdaran, ketemuan, dan lain-lain.

    btw, kak lusti tinggal dimana, kapan kapan main yok!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget Attar. Buat sekadar leyeh leyeh.
      Aku tinggal disekitaran Unila

      Hapus
  3. Belum jadi total aja udah bagus ya mbk, apalagi kalau udah selesai pembangunannya.

    Emng suasana masih gabut ya, eh gabut itu apa sih kisanak?

    Apa aku harus naik awan kinton dulu biar tahu apa itu artinya gabut?

    Btw, makan durian kok gak bagi-bagi mbk, enak kali ya hihihi. Yah apapun tempatnya yang penting kebersamaan ya, makan terus foto foto wekekek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Santo semoga aja. Aku penasaran akan seperti apa kedepannya
      Haha silakan googling kisanak!
      Ya sini atuh ke Lampung, lagi musim duren nih di sini

      Hapus
  4. Wah, gimana kalau entar udah jadi 100 persen ya. Mungkin bakal jadi tempat favorit buat wisata bareng temen mau pun keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya achmad, bener banget itu. Jangan lupa berkunjung juga ya

      Hapus
  5. bagus kok tempatnya
    tapi kayaknya bahaya, banyak pohon durian
    pas lagi asik jalan jalan menikmati suasana disana eh malah kejatuhan durian hahaha

    btw, itu belon jadi sepenuhnya yaa, tapi dah keren sih..
    kaya nya emang bener deh katamu, sipengelola dananya kurang buat nyelesaikan :D
    makanya dibuka langsung itung itung nambah modal buat pembangunan hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ngakak aku kak azhie, buah duriannya pada gak berbuah kok. Justru itu yag dkcari cari. Secara buah durian jatuhan itu kan uenakk bangett

      Semoga deh nanti hasil akhirnya sesuai ekspektasi

      Hapus
  6. Aku yakin sih nih tempat bakalan jadi tempat hits di bandar lampung kalau udah selesai pembangunannya. Soalnya belum selesai aja pemandangannya udah bagus gitu apalagi ditambah ada banyak duren disana. Makin asik lah nongkrong nongkrong, bercengkrama perihal cinta dan hidup (asiklah wkwk), sambil ditemani buah duren dan secangkir kopi atau teh hangat sembari melihat pemandangan kota bandar lampung dari atas. Duh, sungguh nikmat mana lagi yang akan engkau dustakan ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ditsa, ini belum jadi aja udah hits senistagram haha.
      Duh puitis sekali, mengingatkanku pada rangga aadc. Sweet haha

      Hapus
  7. Liat postingan temen. Kayanya keren bgt.Ternyata blm jadi tokh...
    Tak apalah...akan ku tunggu 😄
    Sapa tau ini bakal jadi smacam kebun duren di dærah Bogor(klo gak salah) yg klo lg musim duren boleh petik & makan ditempat. Boleh jg tuch...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak sulit sih Yu kalo jadi kebun duren, tapi di daerah sukadanaham emang banyak kok pohon duren. Makanya sampe ada tugu durennya segala

      Hapus
  8. duh kak, tempatnya bikin mupeng ih, tapi jauh. huhuhu

    BalasHapus
  9. Hmmmm kalo gitu ke talang indah pringsewu masih lumayan deh.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kayaknya Ummi, someday deh kita review ya :)

      Hapus
  10. jalannya serem nggak say, daerah situ kan nanjak gitu yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung naik apa kak. Kalau naik motor biasa aja. kalo naik mobil emang rada sulit buat yang baru belajar nyetir. tanjakannya lumayan curam soalnya

      Hapus

  11. I started on COPD Herbal treatment from Ultimate Health Home, the treatment worked incredibly for my lungs condition. I used the herbal treatment for almost 4 months, it reversed my COPD. My severe shortness of breath, dry cough, chest tightness gradually disappeared. Reach Ultimate Health Home via their website www.ultimatelifeclinic.com I can breath much better and It feels comfortable!

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.