Investasi Halal, Solusi Masa Depan Seorang Muslim

investasi halal

Sebagai seorang muslim yang lahir di era milenial, tentu banyak hal yang menjadi fokus mulai dari mengejar impian hingga persiapan masa depan. Ada banyak cara untuk mempersiapkan masa depan, misalnya dengan melakukan ivestasi.

Tujuan berinvestasi tentu saja untuk mempersiapkan finansial yang lebih mapan di masa depan. Investasi bukan lagi hal yang asing, pada dasarnya investasi adalah kegiatan menanamkan modal pada suatu perusahaan berupa aset dan/atau projek dengan nilai yang tinggi.

Tujuan investasi untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat di kemudian hari. Dana yang dialokasikan oleh para investor ini, diharapkan bisa bertumbuh, dan menghasilkan keuntungan, berupa peningkatan nilai sepanjang waktu melalui pilihan berbagai instrumen investasi.

Setiap instrumen investasi yang dipilih menawarkan cara kerja, risiko, dan keuntungan yang tentu berbeda-beda. Namun inti dari invetasi tetap sama, dengan mengalokasikan dana agar bisa bertambah nilainya dari waktu ke waktu.

investasi halal

Ada banyak sekali manfaat investasi, namun tiga manfaat utama yang sangat penting seperti:
  1. kesempatan untuk menambah nilai uang 
  2. Manfaat signifikan dari efek compounding 
  3. Sumber penghasilan dengan nilai tinggi  
Bayangkan. jika uang didiamkan saja, maka jumlahnya akan senantiasa tetap dari waktu ke waktu. Namun jika uang diinvestasikan, akan menambah peluang untuk berlipat.

Namun sayangnya, kegiatan investasi lekat sekali dengan aktivitas riba. Sebagaimana yang dipahami dan dianut dalam islam bahwa riba hukumnya adalah dilarang. Investasi konvensional biasanya menerapkan bunga yang diatur sepihak, seringnya oleh pihak perusahaan. Maka, investasi syariah atau investasi halal adalah solusi untuk menghindarkan investor dari pola riba yang diterapkan.

Sebenarnya investasi syariah tidak jauh berbeda dengan investasi yang dilakukan oleh bank konvensional, namun jenis ini memiliki landasan prinsip syariah yaitu hukum Islam, yang lebih mengutamakan transaksi tanpa riba. Investasi syariah menjamin investor terhidar dari riba. Salah satunya adalah Dana Syariah.

investasi halal
Berinvestasi halal bersama Dana Syariah

Dana Syariah adalah P2P besutan PT Dana Syariah Indonesia yang menawarkan pinjaman Syariah online dengan menyediakan Layanan Pendanaan Syariah dan Pembiayaan Syariah bagi Pemilik Usaha dan Perorangan, dengan tujuan mendapatkan manfaat dan Bagi Hasil yang Halal serta terhindar dari unsur Maisir, Gharar dan Riba.

Danasyariah mewakili pemilik dana dalam melakukan kajian dan penyaringan yang komprehensif dan hati-hati terhadap proyek bisnis maupun perorangan yang akan diberikan Pembiayaan. Bentuknya pinjaman dana proyek dan kerjasama investor.

Bukan hanya penilaian dari aspek Syariahnya saja, tapi juga dari aspek perhitungan terhadap kelayakan bisnis yang bisa berpengaruh pada besaran manfaat dan bagi hasil yang akan diterima Pemberi Dana serta manfaatnya bagi Penerima Pembiayaan. Produk yang ditawarkan di platform P2P Syariah ini adalah Pendanaan Syariah dan Pembiayaan Syariah. Dana syariah memberikan jaminan halal karena prinsip syariah yang diterapkan. Dana syariah id juga telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.


Adanya Dana Syariah memberikan angin segar kepada umat muslim untuk memberanikan diri berinvestasi. Sebagaimana yang diketahui bahwa manfaat investasi sangat besar untuk mempersiapkan finansial dimasa depan.

Cara berinvestasinya sangat mudah. Investasi Halal semudah Belanja Online. Investor bisa memilih sendiri project-project yang sedang berlangsung via gadget dengan membuka aplikasi di Android maupun IOS dan atau website. Kemudian investor bisa mulai mendanai.  Mengenai resiko, Dana Syariah meminimalisir dengan cara memilih asset property bangunan yang sudah ada calon pembelinya atau bahkan pembelinya.

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.