MASIGNCLEAN103

Enduro Matic Produk Oli Pertamina Si Mbak Jurnalis Aktif


"Udah berapa lama Mbak, gak ganti oli?" Tanya mas montir yang wearpack oranyenya belepotan noda hitam.

"Hah! Berapa ya?" Respons saya kaget sekaligus mikir. "Gak tau Mas, lupa." Terus nyengir.

"Lihat nih Mbak olinya udah kotor. Item banget." Katanya geleng-geleng.

Saya membatin, lho bukannya oli motor kalo dipake ya harusnya menghitam. "Bahaya, ya?"

"Ya bahaya dong, Mbak. Kalo lebih kelamaan Mbaknya ganti oli, bisa-bisa gak cuma item pekat. Tapi olinya udah ngurang, malah bisa sampe habis. Kalo udah gitu, rusak ini matic!" Jelas si mas montir yang lebih seperti lagi ngomelin saya.

Saya diam sejenak, dan coba melakukan pembelaan. "Abis, gimana ya, Mas. Gak sempet, saya musti liputan door stop kesana-kemari."

"Mbaknya jurnalis ya!" Tebaknya spontan dan lanjut mengomel. "Nah justru itu Mbak mobilisasinya tinggi, ini motor matic, olinya harus lebih sering lagi itu diganti. Biar mesinnya awet."

*

Selepas kejadian saya diomeli oleh mas-mas montir dealer motor itu saya jadi merasa bersalah sama Mustofah--Honda Beat merah--motor kesayangan saya. Betapa selama ini saya amat dzalim padanya. Padahal ia selalu setia ngantar dan menemani saya muter-muter kota Bandar Lampung untuk ngejar berita.

Sejak kejadian itu pula, saya yang awalnya cuma peduli sama kebutuhan kapan ganti merek fondation, lipcream, eyeshadow dan eyelinear aja, mulai sedikit demi sedikit nyari informasi untuk peduli sama jadwal kapan waktu tune up, ganti ban, oli gardan, kampas rem, hingga ganti oli mesin.

Si Mustofah lagi mau diganti oli 
Apalagi saya kan jurnalis door stop, yang kerjaannya nyaris 80% di lapangan. Pagi liputan agenda Pak Walikota, siang liputan taman margasatwa, sore liputan kecelakaan hingga malam liputan kedai kopi. Sungguh mobilisasi saya amat tinggi, bukan. Nyaris setiap mata melek si mesin motor juga terus bergerak aktif mengitari jalanan kota.

Belum lagi kalau weekend atau libur kerja, kan saya juga butuh piknik atau pulang kampung. Perjalanan saya dengan si Mustofah kian jauh lagi kan.

Bagaimana Memilih Oli Motor Terbaik?

Nah, berbicara perawatan dan oli motor terbaik untuk kendaraan roda dua milik pribadi, kita terlebih harus tahu fungsinya. Karena si pelumas ini kan salah satu bagian penting yang ada pada sistem kerja mesin motor. Salah satunya buat mengurangi gesekan antar komponen dalam mesin motor.

Saya pun baru tahu kalau di dalam mesin motor matic seperti Mustofah itu ternyata ada ratusan bagian yang tersusun menjadi komponen-komponen. Jadi oli yang terjaga kualitasnya ini akan menjaga si komponen mesin agar tidak mudah rusak dan panjang umur. Fungsi lain dari oli adalah untuk memindahkan panas dari pembakaran mesin ke luar, atau simpelnya untuk mendinginkan mesin.

Dan yang paling utama menurut saya, oli mesin ini berperan untuk mengontrol kotoran. Mengingat sisa pembakaran dan gesekan di dalam mesin ini pasti akan menimbulkan kotoran. Ini juga yang membuat oli motor saya jadi hitam pekat banget saat telat ganti. Karena kotorannya udah numpuk parah, sampai-sampai saya diomeli sama mas-mas montir.

Oli Motor Matic Terbaik untuk Mustofah

Kita juga harus tahu kalau motor matic itu motor dengan sistem 4 tak yang ramah lingkungan. Jadi emisi gas buangannya sudah ditekan sedemikian rupa, jadi jelas tidak ada sisa pembakaran seperti asap yang keluar dari knalpot. Nah kalau si matic sudah sampai mengeluarkan asap putih, apalagi bau seperti polusi udara, itu udah pasti telat ganti oli. Jadi lebih baik mengganti oli rutin setidaknya setiap 4000/km sekali.

Sebagai perempuan, kalau saya menandai Mustofah harus ganti oli itu dengan perasaan. Kalau pada bagian gas tarikannya tearsa berat itu sudah ciri-ciri banget, olinya minta ganti. Atau suara mesinnya terdengar kasar dan tidak seperti normalnya suara knalpot motor matic.

Enduro  Matic G untuk si Mustofah
Karena lama-lama saya perhatikan, mustofah itu tiap ganti oli terlihat sekali pelumasnya berubah menjadi encer dan warnanya hitam pekat. Apalagi kalau saya telat mengganti olinya itu terlihat sekali volume olinya jadi berkurang. Dulu sih saya mana peduli yang beginian.

Nah Gils, kalau kamu Mbak-mbak bermatic seperti saya juga, yuk mulai sekarang perhatikan kendaraanmu. Minimal jadwal ganti olinya aja deh. Karena kalau maticmu itu rutin di ganti olinya niscaya si mesin akan terawat dengan baik dan itu bisa meningkatkan performa mesinnya, tau.

Keputusan Memilih Enduro Matic

Enduro oli andalan semua sebab Enduro merupakan salah satu produk oli dari Pertamina. Lebih lagi merek ini sudah melalang buana sejak setengah abad lalu. Saya belum lahir Cuy. jadi Pertamna Lubricants ini mulai produksi sejak 1957. Kemudian produk pelumas dari pertamina ini berkembang cukup pesat. Hingga tahun 2015 Enduro mulai bekerjasama dengan Technical Patnership mobil mewah asal Itali.

Melihat sepak terjang si anak Pertamina ini, tentu kita tidak bisa memandang sebelah mata bukan, karena pabrikan mobil mewah saja berani percaya akan kualitas dari produk Pertamia Lubricants.
 PT. Pertamina Lubricants juga telah melakukan pengujian ketat sebelum produknya dilepas kepasaran. Itulah kenapa saya yakin banget ganti oli pakai enduro.

Enduro Produk Oli untuk Semua Jenis Motor

Nah produk besutan Pertamina Lubricants ini juga tersedia untuk bayak jenis mesin, tidak hanya motor tapi juga mobil. Jadi sebagai konsumen kita tinggal menyesuaikan aja sama jenis motor yang dipakai, Sista pakainya motor 4Tak, 4Tak Matic, 2Tak, atau butuhnya oli Gearbox motor matic.

Produk Enduro lainnya

Kalau saya karena pakai matic ya jelas milihnya yang varian untuk matic yaitu Oli Enduro Matic-G : yang harganya kisaran Rp. 32.000,-. Kalau kamu motornya sejenis Honda Beat, Honda Vario,Yamaha NMAX, Yamaha Aerox, Suzuki Nex, dan beragam motor matic lainnya saya sarankan pakai ini atau Enduro Matic SAE.

Alasan Memilih Enduro Matic-G

Alasan saya memilih jenis Enduro Matic-G karena tingkat viskositasnya itu lebih tinggi dibandingkan oli sekelasnya. Ini pelajaran fisika dasar saya kuliah semester 1 dulu kepake nih haha. Sini saya jelaskan sedikit, di mana Enduro Matic G ini tingkat kekentalannya kisaran SAE 20W-40 dengan base oil sitentik,. Ini yang membuatnya lebih optimal dalam menjaga temperature mesin, terutama saat berada dikemacetan, kebutuhan saya banget nih yang jangkauannya di dalam kota.

Enduro Matic G juga punya tingkat ketahanan terhadap oksidasi dan degradasi akibat radiasi panas mesin lebih tinggi, makanya masa pakai oli bisa lebih lama dan di atas rata-rata oli sejenisnya, hingga 7.500 km. Enduro Matic G ini cocok banget buat motor matic baru ataupun motor matic lama. Karena Enduro Matic G sudah berstandar JASO MB dan sudah memenuhi tingkat performance API SL yang menjanjikan performa optimal disegala kondisi.

Harga Oli Motor Enduro

Apalagi kan saya sebagai jurnalis suka liputan di tempat-tempat yang random, jadi paling suka dengan produk enduro ini karena gampang sekali memperolehnya. Mulai dari bengkel resmi dealer hingga bengkel-bengkel pinggir jalan pasti tersedia. Di beberapa pom bensin bahkan tersedia booth sekaligus montir yang siap mengganti oli.

Outlet enduro ada di mana-mana foto: di sini
Selanjutnya harga oli enduro matic juga tergolong sangat ramah di kantong, dan untuk kategori motor lainnya harga mulai dari 30 ribuan. Tidak hanya itu, untuk pemilik moge juga enduro menyediakan jenis oli khusus yang variannya cukup lengkap, salah satunya Enduro 4T SAE 20W-50. Berikut daftar harga oli enduro motor roda dua selengkapnya.
  • Oli Enduro 4T Sport SAE 5W-30 : Rp. 165.000,-
  • Oli Enduro 4T Racing SAE 10W-40 : Rp. 43.000,-
  • Enduro 4T SAE 20W-50 : Rp. 35.000,-
  • Enduro Matic SAE 10W-30 : Rp. 37.000,-
  • Enduro Gear : Rp. 16.999,-
  • Oli Enduro Matic-G : Rp. 32.000,-
Nah gimama Sist, sekarang udah terilhami untuk peduli sama mesin motor dan jadwal ganti olinya belum? Ah, ayolah Sista saatnya taubat dari perbuatan bisa pakai kendaraan tapi gak bisa dan gak ngerti perawatannya.

Oke, sekian dari saya.


Salam sayang,
Share This :
Latifah

Latifah Desti Lustikasari, akrab disapa Latifah, Tifa, Fah, atau Ay! Blogger dan Penulis asal Lampung ini masih bergelar 'Calon Mantu' kok. Merima paket martabak tiap malem minggu.

Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.