Kisah Di balik Syukuran Milad Ke 2 Tapis Blogger Bersama Pemateri Ale Jenes (@kulinerlampung)

milad 2 tapis blogger


September 2018, tepat 2 tahun Tapis Blogger berdiri. Dan tepat juga satu tahun aku bergabung dan berkecimpung di dalamnya. Ah, tidak terasa waktu bergulir begitu cepat. Yang bermakna aku menikmati hari-hari bersamanya.

Bagi aku, Tapis Blogger itu ya rumah. Ya keluarga. Tempatku belajar banyak ilmu. Tempatku menoreh inspirasi. Tempatku pulang. Juga tempatku singgah.


Awal Mula Bergabung


Masih lekat di ingatan, setahun lalu aku bergabung di Tapis Blogger tanpa sengaja. Aku yang baru pulang dari pengasingan. Yang kembali membangun blogku ini dengan branding baru setelah hampir setahun hiatus. Tiba-tiba dijapri oleh Mbak Mira. Beliau yang hendak membuat acara bersama K-link di Lampung menanyakan perihal keaktifan blogger-blogger Lampung.

milad 2 tapis blogger
Ini keluarga besar Tapis Blogger di acara syukuran Milad yang ke 2
Kalau kamu, kapan gabung?

Aku yang selama 3 tahun terakhir mendalami hobi ngeblog tanpa pernah bersentuhan dengan blogger-blogger Lampung seketika gagap. Pengetahuanku tentang teman-teman sehobi yang sedaerah ternyata nol puthul. 

Berkaca dari, aku yang empat bulan terakhir bermukim di Jatim dan berhasil menemui teman-teman blogger dan penulis di sana yang selama ini hanya bertegur sapa di dunia maya, merasa harga diri terkoyak-koyak. 

“Gue Blogger Lampung, kok gak kenal blogger Lampung yang lainnya sih?!?”

Dari sinilah terbit keinginan untuk mengkepoi komunitas blogger di daerah sendiri. Sebenarnya ada gak sih Komunitas Blogger di Lampung ini?

Dan ternyata pertanyaanku menuai jawaban. Ya, ada! 

Di Lampung ada komunitas Blogger bernama Tapis Blogger. Tempat berkumpulnya orang-orang Lampung yang hobi ngeblog baik orang lampung yang sedang merantau ke daerah lain, maupun blogger luar daerah yang sedang menetap di lampung, juga blogger-blogger asli daerah Lampung.

Saat itu Tapis Blogger baru saja merayakan milad pertamanya. Tampak aktif menggelar dan menghadiri undangan berbagai acara. Saat itu aku sempat chatingan di facebook dengan Ummi Naqiyyah. Dan dari beliau pula aku tahu aka nada acara Gathering Netizen bareng ketua MPR. 

Singkat cerita aku bergabung di acara gathering dan otomatis bergabung di WAG Tapis Blogger sampai saat ini. Bersyukurlah teman-teman Tapis Blogger yang saat itu berkesempatan ikut acara gathering netizen, sebab kala itu bergabung ke WAG sangat mudah. Dan di sana banyak job, diskusi dan info seputar ngeblog yang bersliweran.

Perjalanan Di Tapis Blogger


Gathering Netizen adalah job buzzer pertamaku di mana aku hadir secara langsung. Saat masih menggunakan branding domain lama, aku memang beberapa kali ikut campaign dan ngebuzz. Tapi semuanya dilakukan secara online, tanpa bertatap muka dengan yang bersangkutan.

Sejak saat itu aku berusaha mengikuti semua rangkaian acara kumpul-kumpul yang diadakan oleh Tapis Blogger. Mulai dari gathering bulanan dan bukber yang berbayar, undangan reportase yang gratisan alias volunteer, nobar yang free tiket, liputan acara yang dieleh-olehi godybag, hingga ngejob yang dibayar. 

Pokoknya selama aku bisa, selama aku ada waktu, selama ada kesempatan, dan selama aku dapat infonya, aku pasti datang dan berusaha menulis laporan. Dari seringnya mukaku muncul di tiap acara itulah yang kemudian membuatku akrab dengan anggota yang lain dan nyemplung di antara mereka.
   
Sebab aku merasa ketagihan bertemu dan berkumpul dengan teman-teman sehobi. Sebab aku senang ketika bisa berkumpul bersama-sama dengan mereka. Sebab aku merasa inilah duniaku yang selama ini sangat langka dan sulit aku peroleh.

Gini ya, gathering penulis di Yogya aja aku jabanin untuk bisa ke sana dengan menabung dari jauh-jauh hari. Apalagi kalau hanya di seputaran Bandarlampung sini, pokoknya di mananapun Tapis Blogger ngumpul, aku jabanin. Semasif dan semilitan itu kan aku. HAHA!

Nah, kalau di milad pertama aku belum menjadi anggota, alhamdulillah di milad yang ke dua ini aku sudah jadi anggota, dan diberi amanah untuk menjadi admin membuka wall blogwalking pekan pertama di grup facebook. Khusus tugas ini aku mohon maaf kalo sering lupa ya. HAHA! Dan jadi panitia di acara milad juga.

milad 2 tapis blogger
Sesi Foto bersama Panitia milad, beberapa anggota  dan Kak Ale Jenes

Acara Milad 2 Tapis Blogger

Suasana Milad 2 Tapis Blogger yang berlokasi di Papa Toms Cafe

Setelah riuh-rempong berdiskusi di WAG panitia milad, akhirnya terlaksana juga acara potong tumpengnya. Demi bisa hadir, aku sampe memundurkan jadwal ngetripku ke Solo. Meski sebagai bagian dari panitia, aku menyadari masih banyak hal yang meleset dari perkiraan, dan perlu pembenahan tapi aku sangat bersyukur, sebab acara berlangsung sangat seru, berkesan dan cukup melelahkan.

Acara berlangsung di Papa Toms Café. Dari jam delapan pagi Aku bersama Mbak Heni, Desy dan Novriyanti sudah rempong dengan backdrop, banner dan nyusun kurusi, sembari intip-intip cara Mbak Heni kalau lagi nyusun properti foto HAHA. 

milad 2 tapis blogger
Etapi, walaupun sibuk, kami tetap sempat berfoto-pora.
Selanjutnya aku udah enggak notif siapa aja yang hadir, sebab itu tugasnya Novriyanti :D. Seperti biasa kalau udah ketemu blogger-blogger semuanya udah seru bercuap-cuap. Saling curcol dan berbagi cerita apa aja, mumpung ketemu kan. 

Acara dibuka oleh Mbak Desma, sementara aku sibuk ngintilin Mbak Heni motion produk. Dan minta dibagi tips and trik memfoto produk sama Mbak Lela. Mereka ini feed instagramnya kece-kece, kalau gak percaya intip aja sendiri.

Mamanya Rayyan in action 
Kemudian Desy sebagai ketua pelaksana membuka acara, setelah sebelumnya diberi pemanasan oleh Mbak Desma dengan bagi-bagi dorprize. Mbak Heni sebagai co-founder menampilkan video kilas balik Tapis Blogger, betapa dulu, sebelum seperti saat ini, ide Tapis Blogger dibentuk hanya untuk ajang silaturahmi para blogger perempuan di Lampung saja.

Mbak ketuplak sedang sambutan
Bang Sandi sebagai mastah perbloggeran juga turur memberikan testimoni untuk Tapis Blogger. Gak tanggung-tanggung beliau juga berbaik hati memberikan template wordpress sehararga sejuta untuk salah satu anggota yang menggunakan wordpress. Sadis! 

Ummi Naqiyyah sebagai founder juga memberi sambutan dan flashback perjalanan Tapis blogger sampai saat ini. Walau halangan, rintangan menerjang pokoknya kita harus dikenal dan eksis. Okesip!

Hayo, kalo ini yang pake jilbab tapis syantikk Umminya siapa?

Waktu semakin berarak dan tibalah di acara inti, yaitu sharing-sharing seputar meningkatkan followers Instagram bersama Kak Ale Jenes founder @kulinerlampung yang followersnya udah 220K. Amazing!

Dimoderatori oleh Novi, Kak Ale bercerita bagaimana ia meniti karir sebagai penggiat kuliner. Pekerjaan yang sangat didamba-dambakan oleh seluruh umat manusia. Gimana enggak, oran hidup butuh makan, orang kerja untuk makan. Sementara Kak Ale, bekerja untuk icip-icip makanan. Kan bikin ngiri ya ini.

Beliau juga blak-blakan tentang penyakit yang ia derita karena kebanyakan makan enak. Bahkan sampe operasi segala. Yaampun, makan enak aja bisa bikin sakit ya. Makanya kak, bagi-bagi lah makanan enaknya ke aku. HAHA!

Kal Ale ini, dalam sehari bisa mencicipi 3-5 kuliner di resto yang berbeda untuk direview lho. Bahkan ia sudah memiliki manager khusus yang membagi jadwalnya mereview makanan. Kalau anak kos selalu kekurangan makanan baik di akhir maupun di awal bulan, nah berbanding terbalik dengan Kak Ale ini yang selalu kelebihan makanan saban hari. Duh enak banget ya, cuma icip-icip makanan aja dibayar. 

milad 2 tapis blogger
Kak Ale dan Novi in frame

Keren Kak sukses selalu untuk dirimu dan kita semua!

Beruntung sekali untuk teman-teman Tapis Blogger yang kemarin datang ke acara milad, sebab momen bisa sharing dengan Kak Ale ini salah satu momen langka. Dan berapa beruntung Tapis Blogger, karena karena Kak Ale meluangkan waktu khusus untuk mengisi acara specialnya Tapis Blogger.

Aku yang biasa cuma lihat reviewannya di Instagram saja merasa errr~

Acara syukuran dan milad emang gak bakal lengkap tanpa tiup lilin atau potong tumpeng. Disaksikan oleh semua anggota yang hadir, Ummi Naqiyyah mengawali ritual potong tumpeng yang diberikan ke Mbak Heni. Sweet sekali. Di susul Mbak Heni, Bang Sandi, dan Kak Ale. Tentu setelah sebelumnya doa bersama.

milad 2 tapis blogger
Acara potong tumpeng di milad yang ke 2

Dan acara yang kutunggu-tunggu pun datang juga. Melebihi antusiasmeku pada acara inti, yak acara makan siang HAHA. Maafkeun, perut yang lapar dan tidak bisa berbohong untuk pencitraan ini. Sembari makan, sembari aku upload foto untuk lomba IG. Mumpung lagi banjir dorprize, jadi banyak-banyakin ikut lomba. Sempat menyesal juga sih, kenapa aku waktu itu enggak ikut lomba tematik Ramadhan.

milad 2 tapis blogger
Lets eat!!!
Yasudah, kuikhlaskan Bang Rasuane memborong hadiah. Biarkan saja. Dan lebih gak nyangkanya, aku menang lomba memfoto produk. Err~ maksudku, selama ini aku gak pernah beruntung kalau yang namana lomba foto-memfoto. Bisa memfoto tanpa ngeblur pun aku sudah senang luarbiazahhh. Lha ini, aku menang lomba, juara satu pula.

Dan lebih mengejutkan lagi, hadianya adalah alas foto produk dari Yara art and craft. Duh itukan alas foto yang sangat aku inginkan sejak lama tapi gak mampu beli. Cium-cium alas foto lah pokoknya HAHA. Gak Cuma itu ada tumblr cantik dari Medina dan keripik mercon yang sedari pagi aku curi-curi ngemil sebab penasaran sama rasanya. Maafkeun ya.

Penyerahan hadiah sekaligus pemborongan hadiah oleh Bang Rasuane

Pesan dan Kesan untuk Tapis Blogger  


Happy Milad yang Ke 2 untuk komunitas Blogger tersayangku, keluargaku dan rumahku Tapis Blogger. Sukses dan jaya selalu untuk kita semua. Semoga keluarga dan rumah kita ini selalu menjadi tempat singgah dan pulang yang nyaman dan menyenangkan. Semakin dikenal dan tanggung baik di luar maupun di dalam daerah.

Sebagai salah satu panitia milad, aku juga mohon maaf yang sebesar-besarnya untuk segala kekurangan acara kemarin. Semoga teman-teman Tapis Blogger sekalian menikmati dan bahagia dengan acara tersebut.

Ucapan Milad untuk Tapis Blogger

Ini dia beberapa foto produk yang sempat aku jepret dan aku ikutkan lomba.

Dodol ketan by @home_snacklampung

Kopi robusta premium by @hastcoffee
Bumbu rendang non pengawet by @ambo_kuliner
Foto produk lengkapnya ada di IG ya @mantuidamann dan @latifah.lustikasari.

Terimakasih kepada, pihak yang turut mensuport acara:
@papatomscafe
@thasya_busana
@noulafood
@hastcoffee
@ribowomaya
@home_snacklampung
@ambo_kuliner
@dapoer_nomay
@amitryindo
@yara_artandcraft
@bananafosterlampung
@diarraqueenlampung


Salam sayang, dari Latifah

7 komentar:

  1. Wah, udah milad ke 2 ya kak. Sukses selalu untuk komunitas blogger Lampung. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, terimakasih untuk ucapannya hehe

      Hapus
  2. wihh rame juga yaaa para blogger lampung.. semoga sukses terus ya mbak

    BalasHapus
  3. Acara yang cukup seru. Semoga Tapis Blogger tetap eksis sepanjang harapan. Hehe

    Selamat milad ke-2 Tapis Blogger ...👍

    BalasHapus
  4. Tapis blogger memang kece, ngga akan sia2 jika gabung dengan tapis blogger pokok banyak manfaatnya

    BalasHapus
  5. Selalu, aku syukur dipertemukan sama teman dan komunitas yang semangat upgrade diri. Saling doakan semoga konsisten yaa. Aamiin.

    BalasHapus
  6. Mantap memang Tapis Blogger. Beruntung aku menjadi bagian darinya.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.