Mencicipi Varian Rasa Baru Banana Foster Lampung

varian baru banana foster

Mencicipi Varian Rasa Baru Banana Foster Lampung Molten Banana Bareng Tapis Blogger — Hari minggu kemarin, 18 maret 2018 aku dan sembilan blogger lain berkesempatan untuk menghadiri acara launching varian baru dari Banana Foster Lampung. Kamu udah tau kan kalau oleh-oleh kekinian khas Lampung ini miliknya artis Hengky Kurniawan? 

Nah, si Banana Foster ini memang identik banget sama oleh-leh khas lampung, secara kan jauh sebelum adanya deman kue-kue artis sebagai buah tangan dari berbagai daerah, Provinsi Lampung memang sudah terkenal sebagai penghasil pisang. Bahkan oleh-oleh berupa keripik pisang aneka rasa itu udah terkenal seantero mana-mana. 

Temenku yang domisili Yogya aja pernah bilang kalau oleh-oleh khas Lampung satu ini enaknya songgo langit. Macem dilemparin dari terasnya Surga. Ya, gitulah temenku itu emang orangnya suka melebih-lebihkan. Biar dikirimi oleh-oleh lagi gitu maksudnya. Modus aja dia. HAHA! 

Intinya ketika orang berkunjung ke Lampung dan berniat membawakan oleh-oleh untuk keluarga di rumah, pasti langsung kepikiran suatu penganan yang terbuat dari bahan baku pisang. Dan si kue milik Kyai Hengky (begitu kami memanggilnya) ini memang dari namanya saja kita sudah tahu kalau bahannya pisang. Secara ada banana-banananya. Bukan durian atau manggo kan. HAHA! 

Oke fiks, ini garing!

outlet banana foster lampung
Pengunjung mulai ramai.
Mbak Dwi pun tercyduk hehe
Acara launching new variant-nya sendiri, diadakan di outlet pusat Banana Foster Lampung yakni di JL. Wolter Mongonsidi. Di Lampung sendiri Banana Foster ini sudah memiliki tiga cabang. Gerai Wolter Mongonsisi, Mall Boemi Kedaton dan Kota Metro, padahal bukanya belum terlalu lama. Ya gitu lah, sebab Kyai Hengky ini memang asalnya dari Lampung, jadi dia ngerti banget selera pasaran yang ciri khas yang Lampung bangettt. 

Gimana sih, keseruan acara launching varian rasa baru Banana Foster Lampung? 

Baiklah, di sini aku sang Mantu Idaman akan mulai bercerita. Siap yak! Kencangkan sabuk pengaman. 

Di undangan, tertera informasi bahwa acara launching new variant ini dimulai pukul 13.00 WIB, di saat matahari di langit kota Bandarlampung lagi semanga-semangatnya menyinari ubun-ubun. Rada heran juga sih tumben-tumbenan acara launching beginian enggak dari pagi. Maka aku berstatemen bahwa kemungkinan besar Kyai Hengky enggak akan datang. Menimbang, blio juga kayaknya lagi sibuk banget deh. Kan denger-denger mau nyalon di Bandung sono.

outlet banana foster lampung
Maaf Kak, agak shaking gambarnya.
Akunya gemeteran mau ketemu Kyai Hengky heheu
Tapi, meski begitu aku tetap berangkat ke Teluk Betung dari Rajabasa (tempatku tinggal) dengan riang gembira sih. Gak peduli cuaca panas terik juga, sebab aku akan menjadi deretan orang pertama yang mencicipi varian rasa baru dari Banana Foster! Senang gak sih? Kok aku excited banget ya. HAHA! 

Sampai di sana, outlet sudah dihias dengan sedemikian rupa. Pita-pita, balo-balon dan terpajang pula si new variant Banana Foster yang bernama Molten Banana. Beberapa teman blogger juga sudah hadir. Ada mbak Roma, Bang Yoga Jomblo, Bang Her, Bang Wawan dan beberapa undangan dari komunitas lain. Rame lah pokoknya. Mereka lagi pada asik motret-motret si Molten Banana.

molten banana foster
Tadaaa, ini dia yang gak sabar pingin dicicip
Gak mau ketinggalan, aku juga langsung siapin alat tempur dan ikut-ikutan. Sayangnya si Molen Banana ini belum boleh dicicip ya Kak. Cukup dipandang, difoto, dihirup aroma harumnya dan dibayangin rasanya dulu aja. Padahal udah ngiler parahhh. 

Kyai Hengky Kurniawan pun akhirnya datang juga 

Tidak berselang lama, bersamaan dengan AC yang sudah tidak mampu lagi mendinginkan ruangan karena panas dan sesak, Kyai Hengky pun akhirnya datang, menyapa para undangan launching dan pembeli dengan gayanya yang ruamaaah bangettt itu. 

Oke ini bukan kali pertama Mantu Idaman ketemu dan bekerja sama, me-review acaranya Banana Foster, bahkan Tapis Blogger udah langganan banget diundang setiap Banana Foster menggelar acara. Mulai dari grand launching awal dulu, terus pas buka cabang, bahkan sampai workshisop segala. Jadi wajar kalau kami (para blogger Lampung) dan Kyai Hengky sudah serupa kance kentel. HAHA! 

hengky kurniawan banana foster
Sebab aku gak punya foto Kyai Hengky yang eksklusif,
jadi nyohh aku culikkan dari IG @bananafosterlampung 
Karena aku sudah beberapa kali bertemu si Kyai, maka aku pingin share sedikit kesan versi aku. Si Kyai Hengky ini ingatannya tajam. Mungkin blio memang enggak hafal satu-persatu nama kami. Tapi dia ingat kalau grand launching dahulu ada si Novi dari Tapis Blogger dan sekarang si Novi hadir lagi, terus dengan ramahnya di berkata “Wah ini ada teman saya, dari Tapis Blogger.” Atau pada Bang Yoga Jomblo yang disapa, “Mas blogger, mau ngasih saya buku lagi?” 

See, kebayang gak sih speechles-nya kamu kalau diingat lantas disapa sama artis seganteng Hengky Kurniawan? Dan lagi ya, berada pada satu event sama Hengky Kurniawan ini, kita enggak merasa sebagai fans yang sedang menuja-muja seorang artis idola. Dia bisa menempatkan dirinya seolah-olah setara dengan kita. Seolah-olah blio pingin menunjukan ‘kita ini sama lho. Sama-sama manusia. Sama-sama makan nasi. Yang membedakan hanya saja profesi membikin saya mondar-madir di layar televisi. Coba deh kita berdekatan, tidak ada jarak kan di antara kita.’  Itu tampak alami tanpa kesan dibuat-buat.

banana foster
Saking ramenya si Kyai gak kelihatan.
Pokoknya berada di suatu event bareng Hengky Kurniawan ini, kamu gak akan merasa seperti sedang meneriaki artis idola yang ada di atas panggung megah han gemilau, sedang kamu berada di luar pagar yang dijaga keamanan ketat. Kamu akan merasa bahwa dirimu dianggap dan dihargai bukan sebagai fans, tapi serupa teman yang sudah akrab dan kenal lama. Dan aku yakin gak semua artis bisa begini.

Apa itu molten banana dan bagaimana rasanya? 

Okey, aku rasa cukup ya bahas Kyai Hengky-nya. Nanti kalau blio baca blogku jadi kesenengan, terus terbang melayang-layang di angkasa.

Di sesi tanya jawab acara, Kyai Hengky dan sang koki kuenya menjelaskan bahwa molten itu berasal dari bahasa Belanda yang artinya leleh atau lumer. Jadi, molten banana itu bisa dimaknai pisang yang lumer. Iya, aku setuju. Ini berkorelasi banget sih. Kan Banana Foster ini emang dasarnya bolu pisang yang diberi toping serupa selai di tenganya sesuai dengan namanya. Misal yang varian chocolate, itu topingnya berupa cokelat. Nah kalu si molten ini toping tengahnya dari bahan yang lumer banget serupa fla puding gitu. Gatau deh namanya apa, tapi marilah kita sebut sebagai fla. Biar gampang membayagkannya.


Jadi si fla berwarna putih ini berasa manis dan lembut banget. Menurutku ini yang membikin si molten banana terasa amat spesial. Bolu pisang yang gak seberapa manis tapi didominasi rasa pisang yang nendang, terus dipadu dengan si fla molten yang sweet dan lembut itu. Beuhhh perpaduan yang endul syekale. Sebab si bolu pisang ini gak bikin seret dan penuh gitu. Dan gak bikin eneg sama sekali. Itupun masih belum cukup my lov.

Di luarnya masih ditambah lagi berupa toping krispi yang aku gak tahu itu apa. Sekilas teksturnya seperti ada di antara tepung panir dan remahan biskuit gitu sih. Tapi gak berminyak ya. Toping krispi ini klop banget, bikin lengkap si molten banana. Perpaduan bolu lembut, dan fla super lembut ini jadi kerasa kress tiap digigit. Mengunyah molten banana, jadi terasa bersensasi. Engak melulu tentang tekstur yang lembut-lembut doang.

molten banana
Maaf ya, gaje. Tapi ini si fla yang aku maksud Kak heheu

Dan kalau kamu lihat dengan saksama, ada taburan bubuk hitam di atas remah-remah krispi. Jika kamu menebak itu cokelat, maka aku beri tahu kalau jawabanmu 100% salah! Sebab itu adalah taburan bubuk kopi. Iya kamu gak salah baca, itu kopi. Unik ya, taburan kopi ini menurutku serupa penetralisir manisnya fla dan bolu pisang. Bikin siapapun setuju kalau molten banana ini bangik temon! Alias perfecto! Very deicious!

Aku saranin, untuk kamu segera coba. Dan buat kamu yang pingin beli oleh-oleh khas Lampung kekinian satu ini, berikut aku kasih daftar harganya.

Daftar Harga Menu Varian Bananna Foster Lampung 

  • Caramelized Rp 50.000,- 
  • Chesee Rp 60.000,- 
  • Chocolate Rp 53.000,- 
  • Molten Banana Rp 65.000,- 
  • Nutella Rp 53.000,- 
  • Peanut Rp 50.000,- 
  • Premium black Rp 65.000,- 
  • Premium Pandan Rp 65.000,- 
daftar harga banan foster
Foto by: Bang Hermawan Tapis Blogger

Sayangnya pada kesempatan ini Mantu Idaman enggak sempet selfie sama Kyai Hengky, sebab makin siang pengunjung outlet Banan Foster makin bejibun dan aku males bergesek-gesekan dengan pelanggan ibu-ibu untuk sekadar berswafoto sama Kyai Hengky. Apalagi cuaca Bandarlampung yang terik sangat, bikin aku sibuk menghalau rasa gerah.

Ah, tapi tak apa sebab ke depan Banana Foster berjanji akan terus berinovasi dan akan kembali meluncurkan varian-varian rasa baru. Di situ aku yakin bahwa Tapis Blogger akan kembali diundang, kami akan kembali bertemu Kyai Hengky lagi HAHA! Pede banget yak.

kue artis hengky kurniawan
Nebeng orang lain lagi selfie sama Kyai Hengky hehe
(Via akun instagram banana foster)

Maka dengan di launching-nya molten banana sebagai varian rasa baru Banana Foster Lampung, Mantu Idaman mengikrarkan bahwa varian rasa terfavorit berganti dari Premium Pandan menjadi Molten Banana.

Aku merokemendasikan kamu untuk cobain rasa baru ini. Atau kamu punya rasa favorit sendiri? Atau di daerahmu ada juga oleh-oleh kekinian yang se-hitz Banana Foster Lampung? Kuy, share di kolom komentas ya.

Rate rasa Molten banana: 4/5 bintang 


molten banana


Alamat outlet Banana Foster Lampung 


  • Jl. Wolter Mongonsidi, No. 115, Teluk Betung Utara, Bandarlampung 
  • Jl. Jend. Soedirman, No. 872 D, Kota Metro 
  • Jl. Teungku Umar, No. 1 Kedaton, Bandarlampung. Ground Floor Mall Boemi Kedaton (Depan Gramedia) 
tapis blogger
Team Tapis Blogger
tapis blogger
Kami dari Team Tapis blogger sudah nyobain Molten Banana,
varian baru Banana Foster Lampung lho.
Kalau kamu kapan?

Sekian.

Salam sayang dari calon Mantu Idaman

11 komentar:

  1. Lohhhh... kok rapet/ berdempetan sekali tulisan diartikelnya Mbak, seperti teman akrab. :)

    blm sempat edit atau sedang malas edit Mbak, ayooooo ngaku... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedang diedit kang, harap bersabar hehe

      Hapus
    2. Dan sekarang tulisannya enak dinikmati seperti nikmatnya Banana Foster Lampung. Makyuzz,,,, :)

      Hapus
    3. Wah terimakasih Kang nata. Aku senang jika ada yang bisa menikmati tulisanku.

      Hapus
  2. Anu, topping krispinya itu Pastry mbak mantu~
    And btw hooh kujuga suprise, kupikir coklat ternyata kopi wkwk.

    punyaku d kulkas dah abis, btw. Ksana yokk~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nov maksudku juga gitu wkwkw. Netijen dan pembaca yang budiman pasti ngerti kok hehe

      Kuylah, setelah mampir ke rumah umi naqqi dulu haha

      Hapus
  3. Bubuk hitam, krispi krispi biskuit.. Yummyyy

    BalasHapus
  4. Piri mau nyobain ini kalau ke Lampung. Kayaknya enak. Kira2 itu tahan berapa lama, ya? Kalau buat oleh2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekitar 3-4 hari kalo di suhu ruang. Mungkin kalo dikulkasin bisa lebih lama

      Hapus
  5. fla-nya yang bikin meleleh pengin nyicipin ..., kayaknya yummy

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.