HokBen Lampung, yang Pertama dan Satu-satunya di Sumatra


hokben lampung
“Ada ada alasan ke Hoka Hoka Bentooo!”
Aku yakin kamu yang lahirnya tahun 90-an pasti enggak asing sama sebait lirik sound track iklan di atas. Apalagi kalau masa liburan telah tiba. Di mana kegiatan terindah adalah mantengin acara kartun di depan tv dari pagi buta hingga dimarahin emak.

Ya, coba angkat dua jari sembari goyang, yang kalau iklan HokBen versi lama ini hadir di antara kartun-kartun kesayangan kemudian merasa ngiler dan ngarep dengan amat-sangat kalau suatu hari nanti—entah kapan, ada restoran beginian di Lampung halaman tercinta.

Masih lekat di ingatanku, kala itu di awal-awal tahu 2000-an, aku yang enggak lebih dari bocah SD bau kencur yang elap ingus aja belum berkompeten, liburan ke Jakarta dalam acara mengunjungi Saudara yang hendak menikahkan anaknya.

Nah, itu kali pertama aku, dan saudara-saudara yang seusiaku diajakin oleh Ayuk Sepupu tertuaku untuk makan di Hoka Hoka Bento (zaman itu belum ganti nama menjadi HokBen).

Its been a long time yah, aku bahkan udah gak inget detail kejadiannya. Di mana lokasinya atau  kapan persisnya. Tapi cita rasa dan momen kebahagiaannya itu lhooo. Membekas lekat banget di kenangan, bahkan sampai sekarang.

Udang berbungkus tepung krispi yang lucu, sebab hanya tampak buntutnya saja berwarna oranye, dicocol pakai saus. Mantap!

Kemudian si bocah SD ini, sok keren coba makan nasi di mangkuk bundar pakai sumpit, biar macem tokoh kartun Jepang Chibi Maruko Chan atau Nija Hatori gitu, namun gagal total! Endingnya dua tangan masuk mangkuk semua. Lupa sudah dengan sumpit-sumpit.

Lalu pulang dari Hoka Hoka Bento membawa mainan lucu-lucu, yang belum pernah dimainkan oleh anak kampung macam aku sebelumnya. Ah, indah sekali saat itu!

Hingga akhirnya di penghujung tahun ini, tepatnya 18 Oktober 2018, aku dan teman-teman blogger-blogger Lampung yang terhimpun dalam keluarga Komunitas Tapis Blogger mendapatkan kehormatan untuk turut menjadi saksi dan meramaikan acara Grand Opening HokBen Lampung.

hokben lampung
Store HokBen Lampung di Lantai 1 Mall Boemi Kedaton
Yap, sudah belasan tahun lamanya, sejak aku punya kesempatan pertama makan di HokBen dan sudah puluhan tahun lamanya terhitung sejak HokBen pertama kali di buka, akhirnya sekarang hadir  juga store HokBen di kota Bandarlampung tercinta, yang merupakan gerai pertama di Sumatra.

Acara Grand Opening HokBen Lampung

Tepat hari kamis 18 Oktober 2018, untuk pertama kali aku mendatangi gerai HokBen yang letaknya di Mall Boemi Kedaton (MBK) dengan semangat dan riang gembira. Bersama dua puluh teman blogger lainnya aku berkesempatan berkenalan langsung dengan store manager, perwakilan HokBen pusat dan tentu saja si Restoran ala Jepang yang legendaris ini secara langsung.

Sehari sebelumnya, di hari pertama HokBen Lampung resmi beroperasi, telah digelar juga kegiatan Donor Darah dan dukungan pendidikan yaitu Corporate Social Responsibility, yang selanjutnya mari kita perpendek dengan singkatan CSR saja. Program CSR ini memfokuskan pada pilar ‘HokBen Cinta Pendidikan’ dan ‘HokBen Berbagi dengan Sesama’.

Program CSR dari HokBen ini sudah berjalan selama 17 tahun lamanya lho. Sweet seventeen gitu, yang mana saat peresmian store di MBK ini secara khusus HokBen menyerahkan bantuan pendidikan senilai 75 juta rupiah kepada Panti Asuhan Yayasan Mulya Pusat dan Panti Asuhan Vincentius. Juga donor darah yang terbuka untuk publik dengan berkolaborasi bersama PMI Provinsi Lampung. Keren yah!

Sebab sebagai pelopor makanan bergaya Jepang di Indonesia, HokBen sadar tidak akan menjadi keren dan besar jika lepas dari peran pelanggan setia dan masyarakat. Sehingga kegiatan berbagi pada sesama ini sengaja dilakukan sebagai bentuk rasa terimakasih dan syukur.

Di acara grand opening ini, teman-teman Tapis Blogger disambut dengan ramah oleh Ibu Irma selaku perwakilan dari pihak HokBen pusat dan pak Suharno selaku store manager HokBen Lampung.

hokben lampung
Belajar sejarah berdirinya HokBen sama Ibu Irma, biar pinternya bukan cuma pinter makan ajah!
Di sela-sela perkenalan, keduanya menjelaskan tentang HokBen mulai dari sejarah hingga menu-menunya. FYI yah, menu ekkado yang isinya telur puyuh itu dan tori no teba itu merupakan hasil karya HokBen asli lho. dan sudah dipatenkan.

Pak Suharno selaku store manager juga sebagai putra daerah juga turut menjelaskan kenapa dipilih kota Bandarlampung sebagai lokasi store pertama HokBen di Sumatra dengan ramah dan menyenangkan. Ya, maklum lah, namanya juga sekelik!

hokben lampung
Pak Suharno ini asalnya dari Pesawaran loh.
Dan punya anak laki-laki bujang katanya. Nah lo!
Teman-teman blogger juga tampak sangat antusias bertanya jawab seputar HokBen dan mupeng saat ibu Irma bagi-bagi doorprize dan hadiah berupa voucher makan. Ya, ya! Aku tahu, kapan lagi kan bisa makan enak gratisan. Haha!

Kenalan dulu geh sama HokBen

Iya, cuplikan lirik lagu yang aku tulis di atas itu, iklan HokBen versi jadul ketika namanya masih Hoka Hoka Bento. Pergantian nama dilakukan agar terasa simple dan lebih berkesan di hati masyarakat dan pelanggannya.

Meskipun mengusung makanan bergaya ke Jepang-Jepangan, tapi sejatinya HokBen ini didirikan oleh orang Indonesia asli lho, di bawah naungan PT Eka Bogainti. Berdasarkan penuturan Ibu Irma, Store pertama HokBen lokasinya di Kebon Kacang Jakarta Pusat yang berdiri sejak 18 April 1985. Hayo, udah lahir belum kamu?

Karena sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, maka gak diragukan lagi kalau HokBen sudah memiliki sertifikat halal MUI No. 00160048830908 dan Sertifikat Sistem Jaminan Halal. Bahkan, saat ini HokBen sudah memiliki lebih dari 145 gerai yang tersebar di pulau Jawa dan Bali. Dan di Lampung yang Pertama di Sumatra ini tentunya.

Tapi kenapa sih, Kota Bandarlampung dipilih sebagai kota pertama di Sumatra?

Mengutip kalimat yang diutarakan oleh Ibu Francisca Lucky yaitu Marketing Communication Group Head HokBen, Bahwa Lampung dipilih sebagai kota pertama di Sumatra karena mempertimbangkan lokasi yang strategis. Di mana sangat dekat dengan Jakarta. Tentu saja HokBen ingin menjaga kualitas produk yang akan disajikan kepada para pelanggannya.

Di samping itu, masyarakat Lampung yang sangat homogen, membuat kuliner di Lampung cenderung amat beragam. Nah hal ini mendorong pihak HokBen untuk membawa cita rasa makanan bergaya jepang di antara banyaknya kuliner nusantara yang ada di kota Bandarlampung.

Hingga saat ini hokben menawarkan layanan makan di tempat (dine-in), pesanan untuk dibawa pulang (take away) dan delivery juga layanan pemesanan online melalui hokBen Apps yang bisa diunduh melalui smartphone atau pesan online di hokben.co.id di samping itu hokben juga melayani pesanan birthday party dan large order lho.

Seperti apa suasana store HokBen Lampung?

Sesuai dengan slogan yang diusung oleh HokBen, yaitu: Share to Love, Love to Share. Suasana berbagi cinta sangat kental di sini. Kalau gak percaya, langsung datang saja.

Meski jam buka HokBen mulai pukul 10.00 WIB, namun kesibukan di dalamnya sudah tampak dari 30 menit sebelumnya. Bahkan ketika jam di ponselku baru menunjukan pukul 09.45, pengunjung sudah mulai mengantre. Betul-betul, HokBen sangat dinantikan kehadirannya di bumi ruwai jurai ini.

hokben lampung
Sigap melayani pelanggan.
Para pelayan HokBen yang berseragam abu-abu berkali-kali hilir mudik di depanku, sigap membereskan meja yang baru saja ditinggalkan oleh pelanggan. Sang kasir dan pelayan di belakang meja menu tak henti-hentinya melempar senyum kepada para pelanggan yang mengantre.

Mayoritas pengantre memang tampak berseragam ojek online, namun pengunjung biasa pun tak kalah banyak, terbukti tidak adanya set meja kursi yang sempat kosong lama, baik di luar maupun di dalam. Begitu ditinggalkan langsung ada yang menunggu untuk mengisi.

hokben lampung
Mari mengantre Gan!
Sementara seorang anak laki-laki berseragam dengan pipi tembam tampak asik mengunyah nasi yang memenuhi mulutnya. Tampak cuek dengan riuh-rendah di sekeliling. Membuat si Ayah yang pagi itu makan bersamanya tak kuasa menahan tawa geli sembari mengabadikan momen melalui telepon pintarnya. Ah, manis sekali!

hokben lampung

Yuk mari, berbagi cinta dengan orang-orang terkasih di HokBen.

Mengulik harga menu makanan di HokBen Lampung

Berikut menu ala carte yang disajiak oleh HokBen. Ini favoritku, yang mana favoritmu?

hokben lampung

Ini camilan favoritku. Di mana kacang edamame kualitas terbaik diolah menggunakan air mendidih kemudian dibekukan dengan cepat di pabrik yang higienis. Rasanya terbaek pokoknya. Wajib coba! Harga Edamame (large) Rp 12.000,- dan Edamame (reg) Rp 6.500,-. Karena aku Team Nyemil garis keras, jadi wajar kalau aku sukanya rupa-rupa camilan. Kemudian ada ekado yang kulitnya krispi berisi telur puyuh yang bentuknya lucu Rp 36.500,-.

Nah, menu desert favorit aku itu ada es sarang burung yang merupakan perpaduan antara jelly dan buah kelengkeng dengan bubuhan es serut yang seger gilak! Rp 18.000,-. Saudaranya ada juga es ogura yaitu kacang merah dengan gula dan santan, ini juga gak kalah nyegerin Rp 11.500,-.

Untuk menu beveragenya aku sempat icip icip koori konyaku yang warnanya lucu dan manis kayak aku Rp 18.700,- dan cold ocha biar berasa ke-Jepang-jepangan Rp 6.500,-.

hokben lampung

Dari tadi Mantuidaman bahasnya menu ringan melulu ya, mana makanan beratnya! Oke sabar, Khalayak. Untuk menu berat aku pilih Paket A, terdiri dari nasi, salad, beef yakiniku 2 pcs shrimp roll, 1 pcs tori ball dengan harga Rp 51.000,- ini sumpah enak, selera aku banget.

hokben lampung

Nah, sebab ini HokBen, enggak lengkap dong kalau gak bahas bento. Aku pilihnya Bento Special 4 yang porsinya gak kalah guede sama paket A di atas yaitu Rp 58.000,-. Apapun pilihannya mau bento atau paket, sama aja kok. Sama-sama enak, bikin puas dan ngenyangin haha!

hokben lampung

Masih kuat nyemil, oke wajib cobain ini ekado di mana telur puyuh dilapisi olahan daging udang kemudian dibungkus dengan kulit tahu yang krispi, bentuknya itu lho lucu!  Rp 36.500,-. Kaniroll yang merupakan olahan rajungan dengan dibalut kulit tahun yang digoreng Rp 29.000,-.

Selanjutnya yaitu chicken katsu ini spesial karena yang digunakan daging ayam bagian dada tanpa tulang berlapis tepung roti dengan bumbu khas HokBen yang bikin nagih. Chicken katsu ini terasa renyah banget di luar tapi daging ayamnya lebut, kamu wajib coba deh. Rp 28.500,-. Torinoteba, coba pecinta chicken wings angkat jempolnya, nah ini produk asli karya HokBen yang tampaknya simple tapi rasanya ngangenin  Rp 26.000,-.

Untuk daftar menu dan harga selengkapnya kamu bisa kunjungi di sini.

Promo Grand Opening HokBen Lampung

Mau punya merchandise lucu-lucu kayak aku gini?


Nah, khusus selama masa grand opening, HokBen Lampung menggelar promo spesial dan banyakk lho. Berupa free merchandise untuk pelanggan yang membeli menu tertentu. Hayu simak baik-baik yah.

hokben lampung
Ini diaaa
Promo spesial Grand Opening HokBen Lampung

Plus & Minus store HokBen Lampung

Sebab kesempurnaan hanya milik Tuhan, maka aku mau berbagi kesan baik dan kurang versi aku. Supaya kedepannya HokBen tetap memiliki hati masyarakat dan pelanggannya. Betul tidak Jemaah?

Plus
  • Ini restoran pelopor makanan ala Jepang, yang asli Indonesia, terjamin mutu dan kehalalannya dengan rasa yang tidak diragukan lagi.
  • Pilihan menu banyak dan variatif. Sesuai banget sama lidah-lidah orang Indonesia cem aku.
  • Lokasi amat strategis di MBK yang notabenenya ada di pusat kota dan mudah dijangkau.
  • Tempat bersih dan nyaman, baik untuk makan bersama pasangan, teman maupun keluarga.
  • Ada Wifi juga untuk kalian si fakir wifi. Jangan kuatir pokoknya.
  • Pelayanan yang oke, sangat ramah, cepat dan profesional untuk ukuran gerai makanan seramai itu.
  • Harga makanan sesuai dengan porsi juga kelezatan. Gak bikin nyesek kayak mantan pokoknya.
Minus
Nah poin-poin ini yang perlu kamu cermati dengan saksama pokoknya:
  • Jika datang kesiangan, kamu kudu siap mengantre cukup panjang. Sebab yang pingin makan HokBen gak cuma elo.
  • Untuk sementara belum bisa pesan deliveri order, sebab di store saja yang antre sudah bejibun. Makanya jangan males datang sendiri ke sini.
  • Untuk pemesanan acara (ulang tahun/arisan/partai besar/dll) sementara masih take away. Sebab lokasinya masih belum cukup lebar untuk menampung pengunjung biasa dan pengunjung reservasi acara. Doakan saja semoga HokBen lekas buka cabang di Tanjung Karang.
  • Store di Lampung perlu bangett di tambah lagi, untuk mengatasi penumpukan pelanggan yang tidak terkendali itu.
  • Tidak bisa makan dan duduk berlama-lama, sebab kasihan dong pelanggan lain yang lagi mengantre dan ingin makan di tempat juga. Tahu diri lah pokoknya.

Tips Makan di HokBen Lampung


  • Datanglah 15 menit sebelum store buka, kalau gak pingin antre-antre panjang. Kalau suka mengantre sembari cuci mata, ya sok atuh!
  • Kalau belinya via ojol, kudu banyak-banyak sabar dan istigfar. Biar gak emosi kalau-kalau pesanannya lama sampai. Sebab emang animo masyarakat lagi tinggi dan aslee ngantre.
  • Pastikan juga nulis pesanannya jelas dan lengkap dengan menu-menu tambahan, misalnya pengen sausnya dibanyakin, mau edamamenya yang large atau kasih sayangnya yang dibanyakin. Terserah aja, tapi kudu jelas macem hubungan.
  • Pastikan juga jangan salah milih paket, untuk menghindari kamu yang suka pedes malah pesen menu beef atau chicken yang bumbu manis cem aku. Kan jadi drama kalau pesan menu selera yang gak pas.
  • Kalau memutuskan untuk makan di tempat, pastikan tahu diri, kalau hanya berdua ya pilih aja set meja-kursi yang kecil, biar yang bawa keluarga juga duduk dengan happy.
  • Apalagi kalau makannya sendirian, ya jangan emosi lalu story pait di sosmed sebab di sebelah ada pasangan yang lagi suap-suapan bento. Suruh sapa kamunya jomblo, hih!
  • Bila kamu anak kos, utamakan mukbang di HokBen pas tanggal muda, jangan sombong dengan makan di HokBen sehari lima kali, biar besokannya gak perlu stok obat maag banyak-banyak.
Ya intinya gitu lah, saling mengerti aja sesama pelanggan HokBen, biar tidak ada selisih paham di antara kita. Sebab yang pingin mencicipi menu HokBen Lampung kan gak hanya kamu ajah.

Oke sekian aja postingan dari Mantuidaman.  Inget, kalau mau makan di HokBen jangan sendirian, ajakin orang-orang tersayang biar mereka turut kenyang. Share to love, love to share pokoknya.

Atau ajak Mantu juga boleh, pastikan pesenin hot spicy teriyaki ya, my lov terus desertnya es sarang burung dengan camilan edamame large, oke.

Ketjup!

Thanks to HokBen Lampung dan Tapis Blogger

Rate: 4,5/5


Alamat HokBen Lampung: Lantai 1, Mall Boemi Kedaton (Depan Bakso Lapangan Tembak), Jl. Teungku Umar, Kedaton, Bandarlampung.

Jam buka HokBen Lampung: Setiap hari mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB

Telepon: 1 500 505

23 komentar:

  1. Akhirnya Lampung ada Hokben juga ya. Mantap! Besok pulang pengen nyobain dah! Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, alhamdulillah. Traktir2 lah ya bang jan lupa hahaha

      Hapus
  2. Kirain disana udah banyak Hokben? Ternyata baru 1. Mungkin bagian dari strategy marketing. Btw, sekarang pun udah banyak yang jual jenis makanan mirip di Hokben.

    Tetap ya, makan nasinya pakai tangan. Pake sumpit gagal maning son

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, bener banget itu mas. Emang banyak hokben hokben kw bertebaber di sini. Dari dulu malah. Tapi yang ori hokben baru ini

      Hapus
  3. keren banget review nya. Lengkap. Sukaaa! Makasih ya tips nya wkwk. Duh makan sendirian nih malesin banget, wkwkwk bete liat kanan kiri pasangan wkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya nop, bawa pasangan. Kasian deh haha

      Hapus
  4. Padahal aku ngincer payung dan bantalnya, tapi sayang gak kebagian...
    dari semua menu hokben yang paling enak ya Beef Teriyaki...
    ditutup dengan minumnya Sarang Burung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogger ganteng, yaampun hepi deh dikunjudik sama blogger ganteng wkwkw

      Hapus
  5. Sama, kujuga suka banget edamame :))

    BalasHapus
  6. baca blog ini bikin nelen ludah loh aseliii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah hayulah berangkat ke hokben biar nelen es sarang burung ajah

      Hapus
  7. wah lengkap banget ya isi postingnya, sampe capek bacanya ck :D,

    BalasHapus
  8. Mantu, ternyata kamu bukan cuma fakir cinta.. Tapi juga fakir wifi.. Hahahha.. Kusetuju dengan tips makan di HokBen nya.. Qiqiiqiqi

    BalasHapus
  9. Akhirnya HokBen buka di Lampung ya mantu..aku pun senang. Kemarin juga memilih yang beef yakiniku gurih sedap wk wk. Next penasaran sama yang hot spicy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hot Spicy lebih enak lho Buu, aku sudah cobain. FavoFav aku itu

      Hapus
  10. Sepakat banget makan di HokBen Lampung itu enak, Tipsnya keren deh Mantu idaman

    BalasHapus
  11. Kok lucu yaaa bayangin Mantu masih SD dan kelakuan kamu itu wkwk. Pasti nggemesin 😆

    BalasHapus
  12. Di Bandar Lampung-nya sebelah mana, Mba? Kali aja kalo aku ke rumah mertua di Way Jepara bisa berkunjung kesana.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.