MASIGNCLEAN103

Bagaimana Berwakaf Di Era Milenials Ini?

Badan Wakaf Al-Quran (BWA).

Di luar zakat dan sedekah, sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk berwakaf. Ya, memang hukumnya sunnah. Tapi mari kita lihat tujuannya, di mana untuk membangun atau memberikan sesuatu bagi masyarakat dan manfaatnya terus-menerus. 

Secara deskriptif, 

Wakaf adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan dan atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum sesuai syariah. 

Di era milenials seperti saat ini, untuk menyalurkan wakaf tidak perlu khawatri lagi. Ada Lembaga yang siap menyalurkan wakaf kita kepada para penerima. Salah satunya adalah Badan Wakaf Al-Quran (BWA).

Badan Wakaf Al Quran adalah organisasi nirlaba (non-profit organization), berbentuk Badan Hukum Perkumpulan (BHP) dengan visi menjadi lembaga filantropi wakaf profesional, yang mampu mengembangkan potensi wakaf di Indonesia sesuai syariah. 

Potensi wakaf ini yang kemudian digunakan untuk kemashlahatan kaum muslimin dan masyarakat, dan diharapkan dapat Menjadikan Wakaf Sebagai Gaya Hidup Muslim khususnya di Indonesia.

Sedangkan misi BWA yakni Menyalurkan Al Quran ke daerah-daerah rawan pendidikan dan rawan aqidah, mengajarkan Al Quran dengan metode yang membekas dan implementatif disertai berbagai program pendukung yang inovatif sehingga memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat dan Memberikan manfaat kepada umat melalui program wakaf. 

Projek yang  tampilkan  BWA adalah untuk membantu komunitas dan individu yang membutuhkan, setiap komunitas dan individu memiliki keunikan persoalan dan solusinya. BWA hadir membantu mereka dalam project yang sesuai dengan kebutuhannya.

Badan Wakaf Al-Quran (BWA)
BWA road trip to Halmahera
Ada desa yang membutuhkan air bersih dan hanya bisa diselesaikan dengan membuat sumur dalam, namun ada lokasi lain yang kebutuhan air bersihnya dipecahkan dengan pipanisasi dari mata air.

Individu dan komunitas yang ada dalam projek BWA adalah riil, mereka ada dalam kehidupan nyata bukan sekedar model untuk promosi marketing. 

Mari simak delapan program unggulan BWA berikut:

  • Wakaf Al-Qur'an & Pembinaan

Wakaf Al Qur'an akan distribusikan ke daerah rawan aqidah dan rawan pendidikan hingga pelosok nusantara, sekaligus mendukung pembinaan di beberapa daerah binaan Badan Wakaf Al Qur'an.
  • Water Action for People

Adalah program wakaf untuk pembangunan sarana air bersih di daerah yang mengalami krisis air bersih dan daerah yang tertimpa bencana alam di pelosok Indonesia.
  • Tebar Cahaya Indonesia Terang

Wakaf khusus pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Pikohidro dan Mikrohidro, untuk desa yang belum teraliri listrik. Wakaf Anda cerahkan masa depan mereka. Program Tebar Cahaya Indonesia Terang ini merupakan solusi praktis dan murah bagi kebutuhan energi listrik di daerah-daerah yang rawan pendidikan dan rawan akidah hingga pelosok nusantara.

Badan Wakaf Al-Quran (BWA)
Pejuang motor wakaf dakwah BWA
  • Wakaf Khusus

Merupakan salah satu program inovatif di Badan Wakaf Al Quran (BWA). Program ini terinspirasi dari masih banyaknya daerah-daerah terpencil di Nusantara yang belum tersentuh pembangunan, terutama masyarakat Muslim yang ada di daerah pelosok dan terpencil. 
  • Zakat Peer To Peer

100% zakat Anda diterima oleh mustahik penerima zakat tanpa dipotong untuk operasional BWA. Lebih Manfaat dan sesuai Syariah.
  • Indonesia Belajar

Indonesia Belajar adalah salah satu program dari Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) untuk membantu anak-anak yang kesulitan biaya pendidikannya agar kembali bersekolah.
  • Wakaf Produktif

Dalam program ini, BWA memfasilitasi kaum Muslim membeli aset yang bernilai untuk diwakafkan. Kemudian, BWA dengan menggandeng partner lapang mengembangkannya agar produktif dengan tetap memperhatikan aspek keekonomian dan profesionalitas. Sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi saudara Muslim lainnya seperti masalah kemiskinan, kesehatan, pendidikan dan kemaslahatan umum lainnya
  • Sedekah Kemanusiaan

Sedekah Kemanusiaan Sedekah kemanusiaan adalah Program Terbaru dari Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) yang meliputi 3 kegiatan. Sedekah Kesehatan, untuk membantu mereka yang kekurangan biaya dalam pengobatan penyakit yang dideritanya. 

Life Divan, adalah pengadaan tempat tidur bagi pengungsi atau Santri di Ponpes Tradisisonal. Sedekah Kesehatan,  adalah hak setiap orang, baik ia kaya ataupun miskin. Apabila terlanjur jatuh sakit maka setiap orang berhak mendapatkan layanan kesehatan hingga ia kembali sehat.

Kehadiran BWA inilah yang menjadi solusi untuk berwakaf di era digital seperti sekrang ini. Wakif atau calon wakif bisa berwakaf secara online dengan mengunjungi website BWA di www.wakafquran.org kemudian melihat project-procect yang sedang open donasi. Tak hanya melihat projectnya, kita juga bisa menlihat kondisi atau profil project wakaf secara rinci karena BWA memaparkan dari hadil survei yang rill. 

Badan Wakaf Al-Quran (BWA)
Logistik wakaf BWA siap didistribusikan 
Nah semakin berkembangnya jaman, bersedekah dengan berwakaf di era milenials seperti saat ini semakin mudah ya. Jadi gimana, sudah siapkkah kamu untuk berwakaf bareng Badan Wakaf Al-Quran (BWA)?



salam sayang,

Share This :
Latifah

Latifah Desti Lustikasari, akrab disapa Latifah, Tifa, Fah, atau Ay! Blogger dan Penulis asal Lampung ini masih bergelar 'Calon Mantu' kok. Merima paket martabak tiap malem minggu.

avatar

Jika sudah ada badan seperti ini ngga bingung bingung lagi untuk mewakafkan harta benda berlebih.. seandainya punya berlebih dan bingung tuk menghabiskannya pasti saya sudah ikut berkontribusi ke BWI ini..

24 April 2019 15.40
avatar

Aku kurang notice sama wakaf, lebih ke zakat infaq aja selama ini. krn dulu mikirnya kalau wakaf kudu modal besar. Ternyata bisa mulai ratusan ribu aja di BWA. programnya juga sepertinya sampai ke masyarakat yang benar2 membutuhkan. masyaallah keren. Thanks for sharing Mantu Idaman

26 April 2019 02.14
Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.