MASIGNCLEAN103

Berkurban Mudah dengan Kandang Qurban

KANDANG QURBAN

Halo, assalamualaikum tumben banget ya Mantuidaman posting artikel pake salam haha. Teman-teman gak kerasa ya, kita udah mau menyambut Idul Adha aja, perasaan ramadhan baru kemaren. 

Hari raya Idul Adha ini dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah, ya. Pada perayaan itulah kita sebagai umat musim disunnahkan untuk berkurban. Berkurban yang dimaksud yaitu menyembelih hewan kurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam yang lainnya. Bukan kurban perasaan ya, harap dicatat.

Dalam Islam hukum ibadah kurban itu sunnah muakkad, atau sunnah yang dikuatkan. Jika ditinjau dari dimensi vertikal ibadah kurban adalah bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT supaya mendapatkan keridhaan-Nya. 

Sedangkan dalam dimensi sosial, kurban bertujuan untuk menggembirakan kaum fakir pada Hari Raya Adha, seperti saat Hari Raya Fitri mereka digembirakan dengan zakat fitrah. 

Nah karena itu, daging kurban sebaiknya diberikan kepada mereka yang membutuhkan, boleh menyisakan secukupnya untuk dikonsumsi keluarga yang berkurban, dengan tetap mengutamakan kaum fakir dan miskin. 

Seperti firman Allah:
“Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir.” (QS. al-Hajj, 22:28)

Menurut syariat islam terdapat Kriteria-kriteria hewan ternak baik itu sapi, kambing, domba. Agar sah sesuai syariat islam berikut ini adalah persyaratannya:

  1. Untuk domba harus mencapat usia minimal enam bulan. 
  2. Kambing harus mencapai usia minimal satu tahun atau lebih dari itu ( sudah berganti giginya ).
  3. Sapi atau kerbau atau lembu harus mencapai usia minimal lebih dari dua tahun.
  4. dan Unta harus mencapai usia lebih dari lima tahun.
  5. Hewan kurban tidak boleh cacat seperti putus telinga atau ekornya selain itu di perbolehkan intinya cacat hewan kurban tidak boleh sampai mengurangi daging hewan tersebut

Nah perbedaannya, berkurban dengan kambing atau domba hanya dapat dilakukan untuk satu orang berbeda dengan sapi, kerbau atau unta yang dapat dikurbankan untuk 7 orang.

Waktu penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan setelah matahari meninggi atau sesudah pelaksanaan sholat Idul Adha (10 dzulhizah) sampai terbenam matahari (13 dzulhizah). 

Sementara untuk pendistribusian hewan kurban, pekurban boleh mengambil atau meminta sedikit bagian untuk dirinya sendiri lalu untuk fakir miskin atau boleh seluruhnya untuk fakir miskin.

Di Indonesia secara umum ada 3 macam jenis hewan kurban yang sering disembelih yakni Kambing, Sapi dan Domba. Ingat ya, perasaan itu tidak termasuk kriteria kurban, Mblo.

Ketiga jenis hewan ini menjadi pilihan karena relatif tidak terlalu susah untuk mendapatkannya. Ada peternak tradisional maupun yang sudah modern yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Namun untuk memilih jenis hewan kurban itu idealnya seperti menentukan jodoh, tidak bisa sembarangan. Ada beberapa kriteria bagi hewan kurban, yang memang sudah ditetapkan dalam Islam. 

Oleh sebab itu, perlu pembeli harus sangat berhati-hati dan cermat dalam membeli hewan untuk kurban. Jika tidak ingin repot, kini telah hadir sebuah inovasi anak negeri bernama Kandang Qurban

Platform Marketplace Qurban yang menghubungkan Peternak dan Peng-qurban dengan komitmen untuk memberikan kualitas hewan qurban yang sesuai syariat dan berkualitas.
kandang kurban
Tampilan dari Marketplace Kandang Qurban
Artinya, konsumen atau pengkurban yang was-was terkait syarat hewan kurban bisa tenang jika menggunakan platfom ini. Terlebih lagi untuk jaminan kesehatan dan standar hewan, Kandang Qurban bekerjasama dengan tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Sehingga Kandang Qurban sudah secara kesehatan dan standar memenuhi syariat Islam.
kandang kurban
Pilih hewan qurban yang sesuai dengan kebutuhanmu 
Kandang Qurban hadir untuk membantu dalam mendapatkan hewan kurban terbaik karena Kandang Qurban hanya menyediakan hewan kurban terbaik dari para peternak terbaik. Untuk Mitra kelompok peternak sendiri berada di Lampung, Nusa Tenggara Barat (NTB), Bandung, Jabodetabek, Garut, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Samarinda. 

Anda yang berniat untuk berkurban bisa berkunjung langsung ke situs resmi Kandang Qurban di https://kandangqurban.com/ . Anda bisa memilih hewan untuk berkurban hanya dalam gengaman saja. Mudah dan tentunya sudah sesuai dengan syariat islam. 

Nah gimana menarik sekali ya, di era teknologi yang semakin canggih ini sangat mudah ya untuk melaksanakan ibadah-ibadah salah satunya berqurban. Terelbih untuk teman-teman milenials yang tidak biasa memilih hewan qurban langsung di tempat. Menggunakan jasa Berkurban mudah dengan Kandang Qurban.

Biar semakin yaqueen, yuk simak vlog dari CEO Kandang Qurban yang lagi meninjau hewan-hewan kurban dari mitra peternak.



Share This :
Latifah

Latifah Desti Lustikasari, akrab disapa Latifah, Tifa, Fah, atau Ay! Blogger dan Penulis asal Lampung ini masih bergelar 'Calon Mantu' kok. Merima paket martabak tiap malem minggu.

avatar

Mantap, inovasi anak negeri yang membanggakan. Sukses untuk kandang Qurban. Jangan lupa kasih diskon hehehhe

19 Juli 2019 09.07
avatar

ka untuk yang menerima kurban itu siapa saja ka ya.. dan jika si pengkurban klo makan dagingnya boleh gak ka

19 Juli 2019 11.41
avatar

Keren ya di era internet ini, segala sesuatu jadi lebih praktis. Untuk urusan kurban pun gak perlu ribet cari sana sini untuk dapetin hewan kurbannya. Tinggal klik aja beres.
Mantaaap. Internet dipergunakan untuk hal yang positif.

20 Juli 2019 17.55
avatar

wah sekarang udah jamannya serba mudah. dalam memenuhi kebutuhan untuk berqurban aja dah ga repot lagi pilah pilih hewan qurban dikandang yang belum tentu ukuran dagingnya sesuai dengan yang kita harapkan. sepertinya kandang kurban memang menjadi solusi untuk mendapatkan hewan qurban.

20 Juli 2019 19.56
avatar

Aku mau qurban di Kandang Qurban ajahhhhhhhh

29 Juli 2019 01.08
avatar

Mantap, sudah ada di Lampung. Bravo

1 Agustus 2019 19.52
avatar

Terimakasih sudah berbagi,.

14 Agustus 2019 10.22
Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.