MASIGNCLEAN103

Tips Memilih Bakso Daging Sapi

Bakso Bonanza

Saat SMP dulu, saya sempat gak doyan makan bakso sama sekali. Tiap kali—terpaksa harus—makan bakso seusai dikunyah bukannya masuk perut, justru sebaliknya. Seluruh isi perut keluar. Dan jackpot!

Tentu bukan tanpa alasan, justru sangat beralasan. Saat SMP saya tinggal di rumah Pakdhe di daerah Pringsewu, Lampung. Ya, Pakdhe saya itu penjual bakso keliling. Selama tiga tahun masa sekolah tiada hari tanpa makan bakso. Tidak heran kalau dulu pipi saya chubby sekali haha.

Alasan saya muak dengan bakso tidak berhenti sampai di sana, saya punya silsilah keluarga yang dominan pengusaha bakso. Misalnya, kakak sepupu tertua saya juga pengusaha warung bakso yang sangat terkenal seantero kabuaten arah objek Wisata Bendungan Batu Tegi, Tanggamus. Kemampuan itu ia warisi dari ibunya (Budhe saya) dan ibu mertuanya.

Ini postingan saya akan sangat panjang kalau saudara-saudara saya yang pengusaha warung bakso disebut satu persatu. Jadi mari kita singkat saja: tidak mengherankan bukan kalau saya pernah mencapai puncak rasa jenuh dengan penganan bakso. Segala macam bakso dari mencicip sampai prosesnya amat karib dengan saya sejak kecil.

Tapi itu dulu, belasan tahun silam. Lambat-laun—karena saya sudah tidak tinggal di rumah Pakdhe lagi—saya kembali bisa makan bakso seperti biasa.
*

Nah, sehubungan dengan pengalaman saya di dunia perbaksoan, saya jadi pingin bagi-bagi tips bagaimana memilih bakso daging sapi yang enak.

1. Rasakan Teksturnya  

Baso sapi berkualitas dibuat dengan komposisi dominan daging sapi, maka sudah pasti saat digigit akan sangat terasa tekstur serat daging sapi yang sedikit alot atau menyangkut di sela gigi. Ia tidak akan sempurna bulat, ada beberapa serat seperti menonjol keluar saat masih utuh. Baso sapi yang baik bukan dibuat dari 100% daging sapi giling, bisa jadi 84% daging sapi karena sisanya berupa campuran adonan tepung dan bumbu penyedap.
Bakso Bonanza
Tekstur Bakso Sapi kualitas premium

2. Tidak Berasa Zat Kimia

Memang agak sulit sih, tapi kalau kamu pecinta kuliner bakso pasti lidahnya sudah terlatih sensitif membedakan masa bakso yang tanpa bahan pengawet kimia. Intinya fokus pada after taste (pinjem bahasa anak tongkrongan kedai kopi) saat mencici bakso sebelum diberi kecap dan saus. Kalau bakso sapi tanpa bahan pengawet biasanya after tastenya itu daging banget dan gurihnya tidak berlebihan. Dicicipnya saat sebelum diberi kuah ya.

3 Ketahanan Pada Suhu Ruang

Pada dasarnya bakso yang dibekukan itu sudah matang. Karena saat proses pencetakan ia harus dimasukkan ke air mendidih agar tidak lengket. Ketika bakso dikeluarkan dari freezer otomatis ia akan bersentuhan langsung dengan udara suhu ruang.

Nah di sini bakteri-bakteri akan mulai berkembang biak ria, seiring dengan menghangatnya temperatur. Nah itu tandanya akan segera muncul tanda-tanda bakso yang kehilangan kesegaran, ini natural terjadi sebab dari bahan baku saja bakso tanpa diberi bahan pengawet apapun.

Maka, agar bakso tidak mudah basi, harus tetap dijaga dalam suhu beku, kecuali saat akan segera dimasak.

Sajian Bakso Anti Mainstream

Kalau kamu beranggapan bahwa bakso-bakso enak itu hanya bisa dinikmati di warung kuliner, maka saya katakan dengan tegas, kamu salah besar. Sebab di jaman semodern ini banyak sekali bermunculan produk-produk frozen bakso yang bisa disantap bersama keluarga ala masakan rumahan.

Seperti bakso Bonanza yang dibuat dari 84% daging sapi asli kualitas premium. Bakso frozen ini murni tanpa bahan pengawet. Serta yang paling spesial baso daging sapi ini diambil dari hasil peternakan sendiri, kalau di Lampung peternakannya ada di Lampung Tengah.
Bakso Bonanza
 bakso Bonanza yang dibuat dari 84% daging sapi
Memang terdengar agak sedikit ribet ya kalau harus mengolah bakso sendiri, ketimbang tinggal duduk manis di warung bakso menunggu pesanan. Tapi bakso yang disajikan sendiri tentu memiliki kelebihan seperti higienitas yang terjamin, penambahan bahan tambahan yang bisa dikreasikan sesuai kemauan, hingga menekan penggunaan MSG berlebihan.

Berlokasi di Mall Boemi Kedaton, rabu 4 oktober lalu, Chef Gabby sempat melakukan demo masak aneka kreasi Bakso Bonanza disaksikan oleh teman-teman Tapis Blogger dan pengunjung mall. Bahkan kami juga ikutan icip-icip hasil masakan si Chef yang simpel cara pembuatannya namun tidak kalah dengan rasa bakso dari warung bakso terkenal.
baakso bonanza
Demo masak kreasi Bakso Bonanza bersama Chef Gabby
Berikut hasil olahan Bakso Bonanza hasil demo masak dari Chef Gabby.

1. Bakso Bonanza Kuah Kaldu

Si chef menggunakan bumbu-bumbu sederhana yang dicincang tanpa diulek. Yaitu Bawang putih, bawang merah, biji kemiri, garam dan lada secukupnya yang ditumis terlebih dahulu hingga harum. Lalu ditambahkan air dan iga (dari produk Bonanza Beef) sapi untuk penambah rasa kaldu.

Setelah kaldu mendidih dan iga dirasa cukup empuk, tibalah saatnya frozen Bakso Bonanza dimasukan. Oh ya bakso Bonanza yang beku ini tidak butuh dicairkan terlebih dahulu ya, dalam keadaan beku bisa langsung dimasukan ke dalam panci.

Chef Gabby juga sempat memberi tips untuk memasukan irisan bawang terakhir saat proses penumisan, karena bawang putih cenderung lebih cepat matang dari bahan lain, ini untuk menghindari gosong. Lalu untuk menambahkan garam lebih baik saat bakso akan disajikan, ini untuk menghindari rasa asin yang berlebihan karena air mendidih akan menyusut dan juga rasa asin dan
gurih yang sudah ada pada bakso Bonanza.
bakso bonanza
Oke deh, bakso Bonanza Kuah Kaldu siap disajikan.

2. Bakso Bakar Spesial Bonanza

Panganan ini sekilas mengingatkan saya pada jajanan-jajanan di depan sekolah. Pasti menyenangkan kalau di rumah lagi kumpul keponakan-keponakan bisa grill bakso sendiri, yang terjamin mutu dan kualitasnya. Tentu kebersihannya juga lebih terjamin karena menggunakan alat masak sendiri.

Membuatnya sangat mudah, hanya menusuk 3-4 bakso dalam satu tusukan. Lalu panggang di atas grill pan atau panggangan. Jangan lupa sambil dibolak-balik sesekali diolesi dengan kecap manis atau saus. Sesuai selera saja.

Setelah matang bakso bakar Bonanza ini bisa langsung di makan, atau agar lebih spesial dapat ditambah dengan toping keju mozarella yang sudah dicairkan terlebih dahulu.

baakso bonanza


3. Bakso Goreng Krispi Bonanza

Pertama-tama bakso dicelup ke dalam telur yang sudah dikocok, lalu digulingkan ke wadah tepung krispi sebanyak dua kali agar kulit krispinya cukup tebal. Selanjutnya bakso hanya tinggal digoreng sampai matang.

Untuk camilan sembari berkumpul dengan keluarga, menu ini sangat sederhana dan mudah sekali membuatnya, sekali lagi saya ingatkan bahwa frozen Bakso Bonanza ini tidak perlu didiamkan pada suhu ruang sampai cair. Dalam keadaan beku bisa langsung diolah bermacam-macam sesuai keinginan.
baakso bonanza

Nah bagaimana? Tertarik untuk mulai mengolah makanan favorit sendiri di rumah. Kalau aku sih rencana nanti di kos mau masak Bakso Bonanza Tumis Sayur. Pasti enak dan sehat sekali bakso Bonanza yang gurih dipadukan dengan sayuran warna-warni (brokoli, wortel, buncis, selada, dls).

Produk Bakso Bonanza ini bisa diperoleh di pusat perbelanjaan seperti Chandra, Carefour, LotteMart dan kawan-kawannya dengan harga Rp 85.000,- untuk ukuran 500 gram.




Oke demikian, salam sayang, salam kenyang
Mantuidaman

Share This :
Latifah

Latifah Desti Lustikasari, akrab disapa Latifah, Tifa, Fah, atau Ay! Blogger dan Penulis asal Lampung ini masih bergelar 'Calon Mantu' kok. Merima paket martabak tiap malem minggu.

avatar

Sunggu Terbaik ya gan ! Semoga Saya terus berkunjung disini, kunjungi juga ya gan situs yang pernah saya kunjungiAduQ Online terpercaya, Thanks bruhh.

20 November 2019 05.17
Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.