MASIGNCLEAN103

Segera Praktekkan! Ini 7 Cara Instan Menambah Penghasilan

cara menambah penghasilan

"Ketika pengeluaran mengalami kenaikan, ada 2 hal yang bisa dilakukan: menambah penghasilan atau mengurangi pengeluaran" 

Hampir seluruh elemen masyarakat dunia, saat ini terkena dampak pandemi Covid-19 yang sudah membumi hampir 8 bulan lamanya.

Mulai dari kehilangan pendapatan akibat gelombang PHK masif, penghasilan berkurang derastis karena pemotongan upah, hingga pemasukan nol rupiah sebab usaha gulung tikar.

Kamu masih memiliki gaji bulanan, ikut merasakan pahitnya dampak resesi ekonomi juga kan?

Ya, pengeluaran harian terus berjalan. Cicilan terus datang tiap bulan. Asuransi kesehatan dan biaya pendidikan anak tidak mungkin dikesampingkan. 

Imbauan pemerintah untuk #dirumahaja, justru memunculkan biaya tambahan tidak terduga. Pengeluaran membengkak. Bagi banyak orang, berhemat adalah sebuah keharusan. 

Kecuali, kamu cukup pandai dan jeli putar otak memanfaatkan peluang. Jadikan kecanggihan produk teknologi digital sebagai mesin uang, untuk menggantikan penghasilan yang hilang. 

Satu hal yang harus diingat!

Setiap orang terlahir untuk menjadi pemenang dan sukses. Lihat dirimu, sadari dan gali potensi yang ada padamu. Mengapa hanya pasrah dan menyalakan keadaan? 

Segera bergerak jangan hanya rebahan, manfaatkan teknologi digital untuk mendulang penghasilan tambahan dengan tujuh cara berikut. 

1. Maksimalkan Akun Media Sosial

Sudah rahasia umum, kalau media sosial adalah produk era digital pendongkrak popularitas paling instan. Baik facebook, twitter, instagram, youtube hingga tiktok. Mulai dari sini, ciptakan konten  otentik yang 'kamu banget'. 

Tidak perlu main kejauhan untuk mencari inspirasi. Cukup gali kegiatan apa yang kamu senangi, kemas jadi konten unik, lakukan dengan konsisten, dan booom!

Tunggu momen yang tepat untuk viral.

Kamu bisa mulai cari inspirasi dari Chef Ibra pemilik akun tiktok @2beha10ribu. Lihat caranya menyajikan tutorial memasak dengan gaya bacot yang sangat menyebalkan. Sangat berbeda dari konten memasak pada umumnya, bukan?

Jauh sebelum tiktok hitz, ada selebgram Yoga Arizona yang sukses mendulang followers hingga jutaan, akibat video dumbshams bergaya bahasa medhok dan over ekspresif.

Apa yang mereka berdua lakukan? Ya, konsisten menjadi diri sendiri. 

Nah, sembari menunggu waktu followers naik, kamu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan mengambil 'job receh' dari agensi nano influencer. 

Bergabunglah ke Agensi Influencer

Sembari nyicil menciptakan konten yang 'kamu banget', segera gabung ke group influencer. Sesuaikan dengan kategori engagement rate, followers dan niche kontenmu. Misal: beauty influencer, automotif, moms, traveler dan seterusnya.

Salah satu penawaran Agensi Nano Influencer

Kamu bisa dapat hampers gratis plus dibayar. Asik sekali, ya? 

Bahkan kamu bisa bangettt lho, filter sendiri jenis produk, SOW (Scop of Work) yang sesuai kehendakmu. Kapan lagi main-main sosmed bisa menghasilkan.

2. Jadi Dropshipper

Peluang lain yang tidak kalah gurih untuk menambah penghasilan adalah menjadi dropshipper. 

Dengan sistem bisnis ini, kamu bisa menjual produk milik orang lain (supplier), tapi pakai branding toko online milikmu. 

Tidak butuh modal, tidak perlu stok barang, tidak butuh gudang dan tidak perlu khawatir barang mengendap tidak laku.

Kamu juga bisa punya lebih banyak waktu untuk fokus mengatur strategi promosi. Karena tidak harus pusing mikir urusan packing dan shipping

Mulai kegiatan dropshipping dengan mendalami target marketmu dengan baik. Ikuti perkembangan produk yang lagi kekinian. Lalu, mulai seleksi calon supplier. 

Selanjutnya kamu bisa mulai bangun leads dengan WhatsApp Bisnis. Sajikan konten jualan di media sosail yang menarik.

Jangan pula sia-siakan kesempatan bergabung dalam grup khusus reseller dan dropshipper untuk menambah ilmu sales dan marketing.


3. Jualan Online

Punya skill memasak atau mengolah bahan makanan? 

Pas banget, para pejuang WFH (Work from Home) saat ini pasti udah bosan sekali makan masakan rumahan. 

Di luar sana, banyak mulut yang butuh asupan makanan yang enak dan higienis. Dan kamu, harus banget manfaatkan peluang ini. 

Waktu yang tepat sekali untuk menjual produk buatan sendiri, alih-alih menjual produk orang lain. Bagaimana dengan frozen food, snack kekinian, dessert, atau herbal drink.  

Barang craft dan life hack pun tidak akan kalah laku di pasaran. Mengingat pengaruh foto-foto ala pinterest yang cukup masif, orang mulai 'ikut-ikutan' untuk mendekorasi sudut rumahnya agar tampak estetis.

Pengguna aktif media sosial mulai berpikir, bagaimana tetap beraktifitas di dalam rumah dengan suasana baru yang chill dipamerkan ke medsos.

Berikan packaging yang cantik dan lucu untuk menarik perhatian orang di media sosial. Kadang netizen membeli barang bukan perkara fungsi, karena lucu aja di foto.

Pasarkan produk-produkmu seluas mungkin, daftarkan onlineshop-mu ke marketplace serupa tokopedia dan shopee agar iming-iming free ongkir lebih gampang dijangkau kastemer.

4. Jadi Affiliate Marketing 

Prinsip kerja affiliate marketing agak sedikit mirip dengan sistem dropshipper, namun sistem ini berbasis komisi yang lebih simpel. 

Kamu akan memperoleh bayaran ketika berhasil menjual barang atau jasa dari sebuah perusahaan melalui link affiliate. Jadi siapapun yang melakukan pembelian dari referral, maka kamu akan mendapatkan komisi.

Nilai affiliate dari tiap perusahaan sangat beragam, mulai dari 15-40%. Tergantung jenis dan harga produk atau jasa yang dijual.

Umumnya tautan afilasi ini dipromosikan melalui forum online, media sosial, email marketing, hingga website. Relatif mudah dilakukan oleh kamu, yang sedang mulai mendalami dunia internet marketing.

Terlebih sistem ini biasanya tidak memiliki banyak prasyarat, kamu hanya perlu memilih produk yang diminati pasar sekaligus kamu suka. 

Mendulang rupiah sekaligus berbagi experience tentang produk yang kamu suka, bukankan sangat menarik?

Jika kamu pernah belajar content writing di impactfulwriting kamu bisa mulai coba berafilasi saat ini juga. Kadika bahkan sudah menyertakan affiliate kit di member area. 

Berbagi pengalaman dan testimoni sembari praktek langsung teori copywriting dan content writing yang sudah terangkum di modul CIW, kenapa tidak? 

Perlu diingat, jangan hanya jadikan blog dan sosmed-mu sarana  promosi saja, tapi isi juga dengan konten yang bermanfaat dan dibutuhkan orang, untuk membangun loyalitas pembaca sebelum melakukan pembelian. 

Mantap sekali!

5. Ikut Kompetisi

Ini titik balik yang tepat untuk keluar dari zona nyaman. Coba peruntungan dengan skill yang selama ini mungkin saja kamu ragukan.

Hobi fotografi? Kenapa tidak keluarkan stok fotomu untuk diikutkan lomba foto.  

Pernah belajar desain, tidak ada alasan untuk menunda peruntungan lomba desain yang hadiahnya bisa sampai puluhan juta.  

Juga kamu yang punya skill nulis, saatnya tunjukan taji dengan ikut kompetisi menulis.

Cari referensi sebanyak-banyaknya di internet, riset yang mendalam, lalu targetkan berapa kompetisi yang harus diikuti dalam sebulan. 

Sejatinya, ikut serta dalam kompetisi tidak hanya jadi ajang mendulang hadiah uang, tapi juga bisa jadi ajang meningkatkan rasa percaya diri.  

Pastikan kamu rajin mencari informasi lomba yang sedang berlangsung. Follow juga akun-akun yang meng-update info lomba.

6. Tawarkan Jasa & Ketrampilan

Merasa jualan online udah terlalu mainstream? 

Kenapa enggak, coba jual jasa atau ketrampilan yang kamu miliki. Seiring pesatnya perkembangan dunia digital, peluang menghasilkan dari sini terbuka luas sekali. 

Kamu yang punya keahlian khusus, bisa mulai mendaftar jadi tutor online. Gak melulu mengajar pelajaran sekolah, ya. 

Kursus ketrampilan merias wajah, mengelola finansial, hingga menggunakan software tertentu sangat diminati orang. 

Kamu yang hobi nulis, suka editing video, atau terampil mendesain website, jangan ragu untuk mulai mengkonversi keahlian jadi mata uang.

Publish konten yang mencitrakan brand jasa milikmu secara konsisten, untuk mulai membangun market. Berupa video youtube, microblog instagram post, artikel website, konten podcast, atau apapun. 

Cara ini memiiki korelasi yang erat dengan nomer 5. Buat target market kian yakin menggunakan jasamu dengan prestasi.

Dibanding dengan mengandalkan hadiah lomba, penawaran jasa tentu hasilnya lebih pasti. Sebab kamu sudah menentukan range harga sejak awal.

7. Ikutan Giveaway 

Cara lain menambah penghasilan yang gak kalah menggiurkan adalah dengan menjadi giveaway hunter. Kalau kamu pengguna aktif twiiter atau instagram pasti udah familiar banget sama aktifitas ini.

Saking mudahnya ikut giveaway di media sosial. Kadang peserta hanya diminta untuk komentar 'DONE', like dan share banner saja. 

Kamu benar-benar gak butuh modal apapun selain ketekunan dan keberuntungan. 

Para sponsor giveaway pun kadang menyediakan hadiah yang gak kalah menggiurkan, mulai dari smartphone tipe paling baru, sepeda lipat, kamera, make up, tiket konser, alat rumah tangga, tiket lliburan, bahkan uang tunai jutaan rupiah. 

Kamu hanya perlu memastikan ikut giveaway yang hadiahnya kamu inginkan, lakukan terus menerus tanpa menyerah. 

Tips Menang Giveaway

Ingat ya, ketekukan. Karena yang diandalakan adalah sisi hoki maka kamu bisa gunakan rumus peluang di pelajaran matematika jaman sekolah dulu. 

"Semakin banyak kamu ikut giveaway, maka peluang untuk menang semakin luas"

Seandainya kamu bisa ikut 30 giveaway dalam sebulan, tentu peluang menang akan lebih tinggi dibanding dengan yang hanya ikut 5 giveaway saja, bukan?

Praktekan enam cara berikut: 

  1. Cari event giveaway yang hadiahnya sesuai dengan keinginan. Pastikan persyaratannya cukup bikin kamu membusungkan dada.
  2. Pilih jenis giveaway yang penilaian pemenang berdasarkan effort, seperti: bikin caption keren, komentar unik, buat postingan menarik. bukan dipilih secara random.
  3. Manfaatkan akun milik orang terdekatmu agar peluang menang semakin lebar.
  4. Cek ombak dengan lihat seberapa tinggi peminat dan kualitas konten yang disajikan pesaingmu. 
  5. Beri effort paling maksimal. Jika diminta berkomentar, ya tulis komentar berkuatis dan masuk akal, meski kadang harus bergaya hiperbola.
  6. Terakhir, berdoa pada Tuhan YME sembari cari info giveaway selanjutnya untuk mengobati rasa kecewa jika kamu gagal. 

Kalau ada salah satu cara di atas yang bikin kamu geregetan dan berpikir, "Ah! cuma gini doang, bisa lah, pasti!

Bersiap lah untuk mendulang penghasilan tambahan dari kecanggihan teknologi era milenial. 

Tidak bisa dimungkiri, semakin mudah dunia digital dijangkau setiap orang, semakin luas peluang mendapat penghasilan di dalamnya. 

Ketika memperoleh perhatian orang lain semudah mengenggam ponsel, maka ini lah waktu yang tepat untuk kamu ubah mindset. 

Biasanya main sosmed hanya untuk pansos, Saatnya komitmen untuk jadikan itu peluang meraih penghasilan tambahan.

Memang tampak tidak lebih menjanjikan dibanding kerja kantoran. Tapi sangat mungkin untuk menambah pemasukan.

Ketimbang menghabiskan waktu untuk nonton channel youtube saat senggang, kenapa tidak kamu yang membuat konten dan menciptakan channel sendiri.

"Saatnya berpikir menjadi pemain, bukan hanya jadi penonton"

Bukan tidak mungkin niat awal cuma menambah penghasilan, malah jadi arus utama yang paling menghasilkan.



Latifah Desti Lustikasari

Share This :
Latifah

Latifah Desti Lustikasari, akrab disapa Latifah, Tifa, Fah, atau Ay! Blogger dan Penulis asal Lampung ini masih bergelar 'Calon Mantu' kok. Merima paket martabak tiap malem minggu.

avatar

Yang terakhir itu aku banget... wkwkkw
Mudah2an giveaway kali ini menang!...

24 November 2020 23.15
avatar
Latifah

Adhi Hermawan: Akupun pernah iseng2 ikut survey online menang handphone. Lumayan banget kan haha

28 November 2020 13.30
Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.