Bareng 1000 Perempan Indonesia Melawan Stigma dan Mitos Menstruasi

Happy menstrual hygiene day, girls! 

Tau gak sih, kenapa hari kebersihan menstruasi diperingati tiap tanggal 28 Mei? 

Yap! Karena 28 itu adalah jarak ideal seorang perempuan menstruasi. Dan bulan mei adalah bulan ke lima. Menandaiumumnya  periode menstruasi selama 5 hari. 

Dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi tahun ini, saya bersama 1.000 perempuan keren  ikutan Webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’. 

Apa sih pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi?

Pengetahuan MKM paling ideal dimulai sejak perempuan beranjak remaja. Masa di mana anak perempuan hampir mengalami periode mens pertamanya.

Ilmu ini penting banget lho! Supaya anak perempuan bisa menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim dengan benar selama mens. Supaya ia tetap bisa beraktivitas dengan nyaman. 

dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG, dalam materi webinarnya menekankan sekali betapa penting MKM ini. Karena  “Pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina, akibat turunnya tingkat  keasaman vagina karena keberadaan darah haid."

Praktek Manajemen Kebersihan Menstruasi paling konkrit, seperti:

  • Membersihkan vagina secara benar, teliti dan berkala
  • Menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik khusus
  • Menggunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik
  • Mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali

Gak cuma saat menstruasi aja lho, perawatan area  kewanitaan juga harus dilakukan setiap hari. Ini untuk menjaga kesehatan miss v dan menghindari keputihan, gatal vagina, bau tidak sedap vagina, peradangan, iritasi vagina, juga mencegah kanker serviks. 

Menjaga kesehatan vagina itu gampang kok. Cukup dengan step sederhana:

  1. Membasuh vagina dengan air mengalir setelah BAB dan BAK 
  2. Jangan membersihkan pakai sabun mandi ya, tapi pakai pembersih khusus miss v 
  3. Mengeringkan dengan tisu yang berbahan lembut
  4. Cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina
  5. Gunakan celana dalam berbahan katun
  6. Ganti celana dalam saat terasa lembab atau basah

Sayangnya hal yang gampang dilakukan sepeti ini justru sering dianggap sepele dan diabaikan.

Akibat Stigma dan Mitos yang Salah Tetang menstruasi

Di sisi lain, gak semua perempuan Indonesia terpapar cukup informasi sesederhana ini, ya.

Karena hanya 5 dari 10 anak perempuan yang tahu persis apa yang harus dilakukan pada saat periode mensnya. Dan hanya 6 dari 10 anak yang berani bertanya ke ibunya mengenai menstruasi. 

Ya, ironis memang. Ini salah satu dampak dari stigma dan mitos negatif yang beredar. Merugikan sekali ya, kalau terus-terusan diturunkan ke generasi berikutnya. 

Data menunjukan hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mengganti pembalut setiap 4-8 jam. Dan hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mencuci tangannya sebelum dan sesudah mengganti pembalut.

Duh, girls jangan bilang kamu ada di antara mereka yang jarang ganti pembalut dan cuci tangan? 

Saya pribadi excited banget  ikut webinar ini, karena penasaran banget apa treatment yang saya lakukan selama ini udah benar atau masih keliru sih?

Selain itu, pengalaman baru yang seru banget pengalaman webinar bareng perempuan-perempuan Indonesia yang peduli banget untuk menebar kebaikan untuk kaumnya. 

Pembersih Area V Paling Ideal

Dari tadi bahas jangan mencuci miss v pakai sabun mandi ya. Pertanyaannya, sabun seperti apa sih yang ideal untuk membersihkan vagina kita?

Saya pribadi tertarik banget sama campaign dari Betadie Feminine Care yang ngajak perempuan indonesia buat tahu cara paling tepat menjaga kebersihan organ kewanitaan.

Rangkaian Produk dari  Betadie Feminine Care ini lengkap banget. Mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik, pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik, pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator.

Oh iya, bahkan Betadie Feminine Care juga punya produk tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable. Lengkap dan spesifik sesuai kebutuhan perempuan banget ya.

Kita bisa dapetin produk-produk yang  ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan dari official store betadine di shoppee  https://shopee.co.id/betadineofficial atau tokopedia https://www.tokopedia.com/betadineofficial.

Nah Girls, jangan malas untuk update informasi seputar management kebersihan menstruasi untuk kebaikan dan masa depan yaaa.

Sampai jumpa di webinar kapan-kapan lagi, yaa


Salam sayang.

23 komentar

  1. Mencerahkan dan menambah wawasan banget webinarnya. Bikin ibu2 paham tentang pentingnya menjaga kebersihan saat menstruasi sekaligus memberikan edukasi ke anak2nya..

    BalasHapus
  2. Waaah bermanfaat sekali ini, aku pun punya anak perempuan. Terima kasih informasinya ya

    BalasHapus
  3. Ibulah yang memang berperan penting dalam mengedukasikan tentang menstruasi kepada anak perempuannya jangan sampai bertanya kepada temannya atau lewat internet ya

    BalasHapus
  4. Laily Fitriani6 Juni 2021 17.09

    Alhamdulillah, bisa ikutan webinar yang beneran memberikan pencerahan ya Mbak? Selanjutnya tugas kita untuk mengedukasi ananda dan para sahabat putri di lingkungan kita.

    BalasHapus
  5. pengetahuan manajemen kebersihan menstruasi membuat perempuan semakin sadar akan kebersihan dirinya ketika sedang menstruasi.

    BalasHapus
  6. Thank you informasinya mam... Aku juga ikutan webinarnya. Sangat mencerahkan dan bermanfaat ya. Jadi makin semangat untuk membagikan ilmu dan mengedukasi teman-teman agar lebih peduli pentingnya mengajarkan anak tentang apa itu menstruasi dan menjaga kebersihan saat menstruasi.

    BalasHapus
  7. nah, penting nih, perempuan kudu wajib tahu tentang hal yang sebenarnya terkait tentang menstruasi, biar bisa lebih aware karena menyangkut kesehatan organ reproduksi ya :)

    BalasHapus
  8. Makin ngerti cara merawat ms v

    BalasHapus
  9. Perlu diingat-ingat akan pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) dan dipraktikkan.

    BalasHapus
  10. Happy Menstrual Hygiene day kak, seneng banget kemarin webinar sharing soal kebersihan kala menstruasi, bener2 nambah pengetahuan bekal jadi Ibu nanti Sebagai calon Ibu memang aku juga banyak belajar agar nantinya mampu menjelaskan tentang hal-hal terkait kesehatan reproduksi baik untuk anak perempuan maupun anak laki-laki

    BalasHapus
  11. Lewat webinar ini jadi tau mana yang fakta dan mitos

    BalasHapus
  12. Informatif bgt,, makasih mba infonya. Jadi lebih tau kebersihan menstruasi

    BalasHapus
  13. Oalah, aku baru tahu lho makna kenapa ada hari kebersihan menstruasi setiap tgl 28. Ternyata ada maknanya ya...

    BalasHapus
  14. Seneng sekali ya mba bisa ikut hadir di Zoominar ini, selain banyak ilmu yg didapatkan, kitapun jadi semakin tahu tentang pentingnya edukasi masalah Menstruasi.

    BalasHapus
  15. Ternyata mmg penting yaa mba menjaga kebersihan pada saat haid

    BalasHapus
  16. Jujur pertama kali tahu judul webinarnya hmm kaget, temanya menarik dan menantang tapi justru mengedukasi sekali, dan bahkan ada momen dimana aku berkata, oh ternyata gitu ya. Thanks for sharing

    BalasHapus
  17. webinar ini sangat penting bagi perempuan ya mbak.
    karena jadi tahu bagaimana cara melakukan manajemen kebersihan menstruasi

    BalasHapus
  18. Kebetulan anakku perempuan semua, dari sini jadi tahu ternyata menstruasi pun ada manajemen kebersihan kesehatan menstruasinya juga.

    BalasHapus
  19. Yups, kuncinya adalah tetap disiplin dan jangan malas ya mbak. Setelah kita tau bagaimana ilmunya, selanjutnya dalam mempraktikkannya butuh kedisiplinan juga.

    BalasHapus
  20. iihh baru ngeehh dengan angka 28 itu, yaitu angka siklus normalnya menstruasi yaaa. bagus juga filosofinya :)

    BalasHapus
  21. Aku sekarang makin aware utk menerapkan MKM klo lagi datang bulan hehe

    BalasHapus
  22. Jadi diingatkan lagi tentang pentingnya menjaga kebersihan miss v saat menstruasi ya ka. Selama ini sempt dilema juga saat ingin memakai sabun khusus miss v. Alhamdlillaah sekrang tercerahkan.

    BalasHapus
  23. Ternyata bahaya ya mb jika Kebersihan Menstruasi tidak dimanajemen dg baik, huhu

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.