8/21/2021

5 Semangat Finansial yang Menular, dari Nonton bluMusical by BCA Digital

Aplikasi blu by BCA Digital
Malem perayaan 17 Agustus tahun 2021 ini agak beda buat gue. Karena diwarnai cerita 10 pemuda gigih yang berjuang #MulaiLangkahmu demi kebebasan finansial di usia milenial dengan nonton bluMusical by BCA Digital. 

Ada Bayu (28 tahun) Jurnalis, Chacha (25 tahun) Chef, Alya (22 tahun) Designer, Dinda (27 tahun) Fashion Designer, Ivan (28 tahun) Dokter, Gita (20 tahun) Mahasiswa, Indi (25 Tahun) Arsitek, Tama (29 tahun) Muisisi, Ando (24 tahun) IT Programer, dan Leo (26 Karyawan Swasta. 

Ke sepuluh pemuda ini punya permasalahan finansial yang berbeda-beda, khas banget masalah anak milenial first job macem kita-kita ini. Misalnya:

  • Duit buat biaya S2 malah kepake untuk jalan sama doi
  • Bangga banget pamer ke temen saldo di atm tinggal nol rupiah
  • Punya rencana nabung dana pensiun buat orang tua tapi adik dan kakak lupa transfer sokongan
  • Niat buat tabungan nikah ama doi, malah jadinya nabung sendiri
  • Nabung beli rumah sama istri, tapi mau nagih takut

Di bawah bimbingan Coach Yura, mereka berhasil mengembangkan diri melalui langkah seru di zona blu. 

Ini adalah sepenggal latar belakang cerita hasil gue nonton bluMusical yang dirilis BCA Digital melalui akun youtube blu by BCA Digital (17/8) petang lalu. 

FYI, bluMusical merupakan performance lagu Mulai Langkahmu dari artis cantik Yura Yunita dalam bentuk gerak dan dialog yang seru. 

Lagu ini merupakan hasil kolaborasi bareng blu by BCA Digital. Dalam performance bersama 10 anak muda ini, semua potongan-potongan lagu dipadukan dengan gerak dan aransemen yang eyecatching dan earcatching banget. 
bluMusical
Cara baru dan seru buat kenalan sama blu by BCA Digital, menyenangkan banget dengan nonton bluMusical yang penuh dialog ilmu basic financial. Kita akan tahu masing-masing fungsi dari fitur yang ada di tabungan online blu agar bisa dimaksimalin buat mencapai apa pun tujuan kita.

Berikut gue rangkumin semangat finansial planing yang ditularkan mereka dengan aplikasi blu by BCA Digital: 

1. Mengingatkan Pada Mimpi yang Ingin Kita Capai


Petualangan seru dari 10 pemuda ambisius di zona blu ini menggoncang harga diri gue banget. Gimana enggak coba? 

Karena mereka gue jadi tertohok, sadar kalo selama ini salah nentuin prioritas. Apa yang mereka alami sama banget sama gue dong: finansial keteteran, gak bisa bedain apa yang butuh dan pengen aja, gak bisa fokus sama tujuan finansial. 

Gue sebagai seorang finance officer selalu berkeinginan untuk punya budgeting bulanan yang rapi dan 
teliti, sehingga semua pengeluaran hidup terkontrol dengan baik. Tapi sayang selama ini gue gak yakin buat #MulaiLangkahmu

Singkatnya, gue pengen banget bisa meminimalisir pengeluaran yang sia-sia gitu. Seperti beli barang gak penting. Bodohnya tiap bulan hal ini selalu terjadi tanpa mampu gue cegah. Tabungan online blu kayak ngasih secercah harapan buat gue.

2. Fokus Kepada Tujuan Finansial


Sepenggal lirik dari gue nonton bluMusical bilang gini. "Rencana-rencana jangan jadi wacana. Habis waktumu karna takut ini-itu. Melangkah tanpa ragu."
 
Ya emang ya, kadang ide dan rencana budgeting bulanan itu udah ada di otak. Tapi binging aja mau mulai dari mana, mulainya kapan, dimulai dengan apa? Halah pusing! 

Di waktu tertentu kadang niat nabung emang gede, tapi kemudian uangnya kepake. Pas mau terima gaji inget nabung sih, eh kemudian karena gampang tergoda flash sale jadi khilaf deh. 

Budget-budget kecampur di rekening, karena uang masuk dan keluar amburadul. Pas akhir bulan, inget target tabungan, tapi entah deh enggak kesampean. 

Kejadian begini berasa kayak looping aja gitu. Terjadi selalu dan selalu tiap bulan. 

Gimana, kamu ngalami hal serupa juga gak? Ini akibat nyata kalo kita gak fokus sama tujuan finansial. 

3. Pentingnya Punya Pos Pos Pengeluaran 


Setelah nonton bluMusical, gue jadi punya secercah keyakinan untuk mulai langkah. "Make your move!" Gitu kata Coach Yura. 
Download Aplikasi blu
Karena gue udah tau masalahnya, gue akan buat 3 pos pengeluaran utama:

  • Pos Kebutuhan Sehari-hari


Ini makan budget paling gede, 50% buat kebutuhan sehari-hari. Mencakup bayar kos, transportasi, makan, skincare, sedekah, transfer orang tua, pulsa, kuota, laundry, jajan, asuransi dan lain-lain. 

  • Pos Tabungan dan Investasi


Menabung dan berinvestasi gue anggap sebagai pengeluaran, tujuannya biar otak gue melepas mindset kalo duit masih banyak. Memakan budget sekitar 30%. 

Yes, ini dana enggak boleh kecampur sama yang lain dan enggak boleh diambil pokoknya. Buat apa? Yak betul buat beli rumah. Aaamiiin. 

  • Pos Hobi dan Keinginan 


Kan gue udah capek nih cari duit. Kerja dan lembir mulu bagai kuda, sebab itu gue alokasikan dana 20% buat melakukan hobi dan kesenangan. 

Mencakup chek out marketplace, hang out, beli buku, jalan-jalan dan apapun yang diinginkan dan bikin happy. Jangan sampai pengeluaran ini lewat batas budget deh. 

Kalo kata CEO Ternak Uang  Raymond Chin. "Punya target dan budget yang jelas itu penting banget. Kemudian kunci dengan disiplin dan fokus." Perlahan tapi yakin #YangPentingLakuin

4. Kenalan Sama Platform Perbankan Next Generation


Untuk menjawab tujuan finansial dan menjaga pos-pos pengeluaran gue tetep rapi, aplikasi mobile banking bernama blu by BCA digital yang akan dipake. 
Nonton bluMusical
Aplikasi blu bisa banget bantu ini-itu dan menyatu dengan keseharian milenial seperti kita. Apapun yang ingin kita tuju, aplikasi blu bikin hidup lebih mudah. 

Menyajikan layanan perbankan yang menjadi jawaban bagi para digital savvy kayak gue, melalui one stop smart solution banking. Dengan download aplikasi blu memudahkan dan membantu kita dalam mengurus keuangan dengan cara yang berbeda dan menyenangkan. 

5. Alasan Harus Pake Aplikasi blu 


Alasan gue pake dan download aplikasi blu, karena gue sangat terkesima pas nonton bluMusical, selain itu gue bisa buka rekening hanya dengan download aplikasi blu, isi data dan verifikasi melalui vcall dengan CSO dan rekening aktif dalam 1x24 jam. See, gampang banget kan gak perlu ke kantor cabang, Bos. 

Keunggulan dari fitur aplikasi blu yang buat gue bantu banget:

  • bluSaving


Kita cuma butuh 1 rekening dan bisa punya sampai 10 tabungan. Kita bebas menentukan nama dan tujuan dari masing masing penggunaannya. Misalnya kayak yang gue lakuin di poin nomer tiga. 

  • bluGather


Kita  bisa patungan planing liburan, patungan kado nikahan temen, patungan dana duka cita, sampe arisan dengan transparan. 

Karena dengan fitur ini kita bisa ikut memonitor mutasi rekening milik bendarata patungan. Jadi uang patungan milik bersama tetap aman deh. 

  • bluDeposit 


Ini salah satu fitur yang bikin gue mantap memilih tabungan online blu. Karena gue bisa naro dana lebih yang belum akan dipakai dalam waktu dekat dengan tenor deposito yang bisa bebas gue pilih sendiri mulai dari 1 sampai 12 bulan.  
Tabungan Online blu
Alasan lain yang gak kalah seru pake aplikasi blu by BCA Digital yaitu bisa download laporan keuangan kapan aja. Kita juga bisa akses rekening koran sampai 2 tahun ke belakang. 

Kapan lagi bisa transaksi dengan biaya admin rendah dan gratis transfer ke bank lain hanya dengan satu aplikasi. 

Nah yuk langsung aja #YangPentingLakuin apa yang kita ingin dengan download aplikasi blu sekarang. Bisa melalui Play Store untuk pengguna android atau via AppStore bagi pengguna iphone. 

Nah buat kamu yang lagi mencoba fokus ke tujuan finansial kayak gue, mari kita lebih menghargai proses: berproses, berprogres, lama lama sukses! Mari #MulaiLangkahmu dengan nonton bluMusical di youtube channel blu By BCA Digital.

63 komentar:

  1. Ihhh enak banget sih coachnya sama kak Yura hihi. Siap "make your move". Untung ada pembagian pos di bluSavings, jadi rencana-rencana bukan hanya wacana. Semangat deh biar finasial gak keteteran lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Kak Lintang, harus semangat. Kuncinya adalah disiplin dan fokus

      Hapus
  2. Punya pos pengeluaran, ini menurutku yang penting banget, mesti banget diperhatikan karena kadang yang bikin kita sering bocor itu ya kita gak tau kemana aja uang kita keluar, tiba-tiba abis aja di dompet dan rekening

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, kebocoran itu emang gawat banget kak Rifqi. Harus segera diatasi sebelum makin banyak.

      Hapus
    2. Iya kak bener banget, kalau sampai ada bocor harus segera ditambal biar nantinya gak kering akhirnya. Tabungan blu ini salah satu caraku buat mengatasi kebocoran itu

      Hapus
  3. Bener banget Kak. Habis nonton bluMusical tu seolah kita kembali mengundang mimpi yang sempat melanglang buana entah kemana untuk kembali kita kejar. Kalau dulu sih boleh nggak tahu mau dimulai dari mana. Kalau sekarang mah yang penting #MulaiLangkahmu dulu deh. #YangPentingLakuin. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Yuni yuk bisa yuk semangat kejar lagi mimpi mimpi

      Hapus
  4. Setuju dengan semua poin yang ada di artikel ini, yaa yang penting diawali dengan niat terus dikerjakan, jangan hanya wacana doang. Btwe, lagu yang baru launching suka banget dengerinnya sampe diputar ulang-ulang sampe hapal dong liriknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Siti akupun suka banget dengerinya earcatching banget yaaa

      Hapus
  5. blu ini bener2 jadi inspirator dalam literasi finansial melalui musik dan aplikasi yang fresh untuk anak muda. aku kemarin gak nonton blumusical si, mba, tapi aku udah kebayang serunya karena ada Yura :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Nabilla kadang emang kita bituh banyak inspirasi untuk konsisten mengelola uang.

      Hapus
  6. Seru banget acara nonton bluMusical. Banyak kisah inspiratif yang bisa kita ambil tentang pengelolaan keuangan. Misalnya soal persiapan masa depan, membedakan pos pengeluaran dsb.

    Pengelolaan dana paling pas ya cuma di blu. Jangan lupa pake kode referralku ya: DIDIKF6J0.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh kak didik, bisa aja segala naro naro kode refferal

      Hapus
  7. saya juga ikut nonton kak bluMusical ini. acara seru dan menginspirasi sekali deh, yang punya banyak impian jadi kembali bersemangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap kak Eko bener banget, mengembalikan mood dan semangat untuk rajin menabung yah

      Hapus
  8. Finansial planningnya bisa diterapin nih, apalagi kalau diterapinnya pake aplikasi blu. Fitur savingnya emang mantap!

    Aku baru sempat nonton bluMusical-nya di youtube, suka banget sama penampilan para bitang tamu. Paling suka juga sama lagu dan suaranya Yura Yunita. Candu sekaliii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Kak Noviyana yuk mari terapkan finansial planing yang diajarin coach yura.

      Hapus
  9. Seru banget ya acara bluMusical ini, jadi bikin melek finansial akhirnya.

    Setuju sama pendapat Raymond Chin, emang penting banget punya budget dan target terus fokus. Kadang yang bikin amburadul budget tuh kitanya gak fokus. Beberapa hari belanja sesuai budget eh setelahnya lupa sama kesepakatan budget. Akhirnya bikin gak fokus dan keuangan yang dikeluarkan gak sesuai budget deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melek finansial itu emang penting banget ya kak Fatimah

      Hapus
  10. Kadang pos2 pengeluaran itu sudah terencana dengan baik, tapi sering kali ambyar. 🤭🤦‍♀️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat kak Lia, semangat, ambyar sekali yang penting coba lagi

      Hapus
  11. Pos pengeluaran memang penting banget. Aku tipe yang suka lost sama pengeluaran, dan ini bikin deg-degan. Heu..heu... Lalu ingat mimpi2 yang belum terealisasi, maka kudu melek finansial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh Kak Niken sama banget dong sama aku

      Hapus
  12. Suka banget sama quote terakhir deh mbak
    Dg berprogress, lalu berproses, slanjutnya kita bisa sukses ya
    Aku jga menikmati perayaan Hari Kemerdekaan Ke-76 RI dengan nonton bluMusical ini juga loh mbak
    Seru banget ya kan mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap Kak Rohmah betul banget, semangat berposes dan berprogres

      Hapus
  13. Yang bener perlahan tp pasti ya Mba, bukan perlahan tp malah party² hehe keren deh nonton bluMusical nya,, banyak quote kece

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena dilagukan, quotesnya jadi terbayang bayang yak kak Nurhilmiyah hehe

      Hapus
  14. ini menarik banget sih menurutku. bisa lebih gampang dapat ilmu dan pesannya lewat drama musikal. Ngikutinnya juga lebih asik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget Kak. Belajar finansial jadi lebih asik

      Hapus
  15. acara blumusical ini sangat menarik dan inspiratif ya kak
    blu by BCA Digital ini membuat kita semakin mudah mengatur keuangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Dee semoga kita semua bisa mencapai mimpi mimpi finansial secepatnya ya

      Hapus
  16. memang ya, rasa takut itu kadang jadi penghambat, kitanya jadi enggak maju maju. Padahal kalau ada masalah pasti dibarengin dengan solusinya, jadi ga usah takut takut buat melangkah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting mulai aja dulu kak Retno hihi

      Hapus
  17. Sebagai freelancer saya sangat senang banget adanya blumusical karena mampu membuat saya terpukau, apalagi terinspirasi untuk menabung dan bikin tabungan digital.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuy kak Zee langsung gaskeun bikin tabungan digital

      Hapus
  18. Mantap bgt fitur bluSaving. Jadi dalam 1rekening bisa miliki 10 tabungan yang kita bisa bikin sesuai kebutuhan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang aplikasi blu by BCA Digital ini paling mantap ya kak Eko

      Hapus
  19. selama ini tidak pernah mencatat keuangan, alhasil amburadul dan tidak tau kemana uang itu terpakainya. Smeoga nih setelah punya rekening blu bisa menata keuangan dengan lebih baik lagi.

    BalasHapus
  20. Aku juga sudah buka tabungan online blu karena penasaran dengan fiturnya, ternyata benar banget hanya dari satu nomor rekening bisa buka hingga 5 tabungan untuk berbagai keperluan, bantu banget buat ibu rumah tangga seperti aku.

    BalasHapus
  21. Pemasukan, klo udah di pos2in sejak awal gitu enak ya mba. Udah ke planning pemfungsiannya sejak awal. Ada blu saving ini lebih enak...karena bisa dipilah langsung dalam 1 tabungan

    BalasHapus
  22. Aku juga nonton ini nih. Paling suka dengan nasihat dari Raymond Chin bahwa pencapaian setiap orang itu beda2, nominalnya juga. Jadi fokus aja sama impian kita sekarang dan segera lakukan ngga usa ditunda2. Huhu ngena banget

    BalasHapus
  23. Karena enggak fokus ini, jadi impian jadi amburadul. Sadar bgt loh, akutuh nabung niatnya buat ini, eh ada kebutuhan dan ngegampangin dipakai dulu... Endingnya yaaa hh dapet apa2... Mau mewujudkan ini itu malah sekedar wacana

    BalasHapus
  24. Semua bintang tamunya memberikan insight dan semangat power full yang sempet loyo di diriku mba, perihal keuangan ini.

    BalasHapus
  25. Saya juga waktu 17an kemarin sempat ikut tayangan perdana bluMusical ini. Kerenn banget, penuh inspirasi jadi bikin saya semangat buat nabung apalagi sudah daftar juga jadi nasabah BCA digital via aplikasi blu yang punya banyak fitur menarik

    BalasHapus
  26. Kalau aku bilang bluMusical ini keren banget. Soalnya kita diingatkan untuk pintar mengelola finansial. DI jaman yang serba praktis seperti sekarang ini memang perlu dibarengi dengan pengendalian keuangan biar enggak boros.

    BalasHapus
  27. Berasa relate pas baca bagian bikin macam-macam budget untuk beberapa rencana keluarga ke depan hehehe. Saya akhirnya donlot aplikasi blu karena butuh fitur bluSaving-nya. Sukaa, soalnya hanya butuh satu akun saja sudah bisa buka 10 rekening. Udah gitu bebas biaya admin pula, jadi ga worry bakalan kepotong.

    BalasHapus
  28. Lewat drama musikal yang ditampilkan Jakarta Movin di bluMusical ini, kita jadi makin paham gimana mengatur finansial yang baik ya kak, apalagi sekarang terfasilitasi dengan adanya blu by BCA digital. Mantap

    BalasHapus
  29. suka dengan fitur-fiturnya blu ini..sangat mempermudah untuk pengaturan keuangan keluarga..dan tampilannya jg userfriendly

    BalasHapus
  30. Keren inovasinya. Namanya juga kreatif ya, BLU. Mudah diinget. Identik sama warna birunya BCA.

    BalasHapus
  31. Sekarang jadi engga kuatir transaksi karena uangnya dibagi dalam pos2 anggaran terpisah pakai bluSaving.

    BalasHapus
  32. nabung di blu emang bikin semangat. Seperti ada spirit gitu. Saya udah ada satu pos khusus buat impian yg ingin dicapai. Simpel tapi bisa memberi suntikan semangat buat terus menabung.

    BalasHapus
  33. saya juga Nonton bluMusical ini kayak dicubit keras biar segera sadar kalau nabung dan berinvestasi itu penting biar bisa merdeka juga untuk urusan finansial.
    makanya cus langsung buka tabungan online blu juga dan manfaatin fitur-fiturnya doong :)

    BalasHapus
  34. Blu musical ini acaranya rame bngt sih ka, semacam motivasi untuk terus meraih mimpi, dan semangat untuk menabung. Fitur dari blu digital itu cakep ya, apalagi ada pembagian pos per pos, jadi lebih struktur ttg finance nya

    BalasHapus
  35. pasti senang ya mbak, bisa ikutan blumusical ini
    jadi dapat inspirasi semangat finansial dari blu by BCA Digital ini

    BalasHapus
  36. Inspiratif banget nih, apa yang disampaikan di bluMusical betul banget kita banyak mimpi tapi gak bisa ngatur keuangan dengan terencana hehe. Solusi blu emang keren

    BalasHapus
  37. ini sungguh memberikan inspirasi dan membuat kita lebih bersemangat lagi menyesihkan rejeki ya kak. perlu dipraktekkan

    BalasHapus
  38. Setuju, platform perbankan next generation banget ini... anak bungsunya BCA ya, ke putri sulung saya yg remaja juga kukenalin nih aplikasi blu dan nonton blu Musical juga

    BalasHapus
  39. Saya juga pengguna blu by BCA Digital, suka banget sama fitur bluSaving-nya soalnya bisa buka sampai 10 rekening gitu tanpa biaya admin pula jadi ga perlu worry kepotong tiap bulan.

    BalasHapus
  40. Aku udah coba nabung di Aplikasi blu by BCA Digital mbak setelah nonton bluMusical tentunya. Karena dr bluMusical aku jadi termotivasi untuk mewujudkan tujuan2 finansial ku. Salahsatu nya dg nabung online di blu, jadi #YangPentingLakuin dulu ya mbak

    BalasHapus
  41. Setuju banget, semangat itu menular ya. Dan motivasi juga penting karena semangat bisa up and down.

    BalasHapus
  42. Semangatnya menular dan semoga merdeka finansial bisa segera terwujud di keluarga saya.

    BalasHapus
  43. Tontonan yang memberikan inspirasi nih yah

    BalasHapus
  44. blu deposit suku bunganya bersaing loh kak... keren .. dan yang uni adalah blugethernya itu loh... sinergi dalam satu account

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search