Girls, Ganti Oli Saja Gak Cukup! Ini Treatment Penting untuk Sepeda Motormu


Aku pernah membayar Bill service sepeda motor matic kesayangan hingga sejuta lebih, perkara turun mesin! 

Kaget banget, kesel, gak percaya, pokoknya campur aduk banget rasanya. Kok bisa perkara turun mesin bisa menghabiskan dana segitu mahalnya, aku kira kalau turun mesin itu cukup dinaikkan lagi saja mesinnya, beres! 


Ternyata dunia permesinan sepeda motor gak sesimple itu Girls. Katanya si montir harus buka setiap silinder, ganti V-belt, Roller, Kampas, Filter, Busi dan komponen-komponen lain yang asing banget di telingaku. 


Aku yang awalnya merasa sudah care dengan selalu isi bensin pertamax, dan ganti Oli mesin kalau ingat, jadi merasa tercerahkan. Kejadian ini jadi pelajaran penting banget buat aku untuk lebih belajar peduli dengan kendaraan yang aku pakai sehari-hari.


Berikut ini Treatment Penting untuk Sepeda motor yang mudah dan selalu aku lakukan:

Rutin Cek Kondisi Ban Sebelum Jalan

Mengecek kondisi ban sepeda motor sangat mudah dilakukan, karena letaknya di luar dan terlihat jelas. Apakah karetnya sudah aus dan tipis, retak atau robek, atau bergelombang. 


Mulailah belajar membedakan antara ban yang kurang angin dan kelebihan angin. Karena tekanan udara di dalam ban sangat memengaruhi usia ban. Ban yang tekanannya normal pun tidak luput dari masalah, ban yang sudah aus akan sangat licin digunakan berkendara dan membahayakan bila melewati jalan becek dan musim hujan, terlebih digunakan untuk perjalanan jauh. Sangat berbahaya.


Pastikan untuk diganti baru jika sudah saatnya. Begitu pula dengan ban dalam dan ban tubles yang sudah banyak tambalan, sebaiknya segera diganti yang baru, agar selalu aman dan nyaman berkendara. 


Aku selalu langganan ganti ban sepeda motor di Planet Ban dekat rumah. Karena Planet Ban menyediakan berbagai variasi merek, ukuran ban motor yang lengkap, sehingga bisa mudah disesuaikan dengan sepeda motor milikku.


Karyawan Planet Ban juga sangat helpful membantu aku memilih dan menjawab keresahanku dalam menentukan merk, kebutuhan dan budget yang sesuai denganku.



Ganti Oli Secara Berkala

Usut punya usut, turun mesin yang terjadi di motorku dulu akibat Oli yang tidak pernah diganti hingga kering. Oli itu seperti darah yang mengalir di tubuh kita, bayangkan bagaimana jadinya jika kita sampai kehabisan darah.


Aku belajar kalau Oli Gardan itu cukup diganti setahun sekali, ini akan membantu melumasi gigi dan bantalan pada gardan sehingga dapat mengurangi gesekan dan keausan pada komponen gardan. Gardan merupakan penghubung transmisi dengan roda belakang untuk memberikan putaran pada roda belakang dan mendorong kendaraan maju.


Sedangkan Oli Mesin bisa diganti dua sampai tiga bulan sekali, tergantung pemakaian sepeda motor, untuk perjalanan jangka panjang tentu harus lebih rutin diganti. Oli mesin berfungsi menjaga kinerja dan umur mesin motor matic. Aku selalu memastikan oli yang dipakai bisa digunakan untuk jarak tempuh yang panjang. 


Oli yang baik memiliki kandungan ester yang mampu menjaga suhu mesin tetap stabil. Oli dengan kandungan ester sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh dan jangka panjang seperti liburan. 


Oli dengan kandungan ester dengan harga terjangkau, bisa diperoleh juga di Planet Ban, yaitu oli X-Ten. Oli X-Ten memiliki kandungan ester yang dapat menjaga kondisi mesin motor secara stabil meski dalam torsi tinggi  dan bisa digunakan hingga perjalanan 5000 kilometer.

Pastikan Rem Selalu Prima

Rem menjadi bagian yang tidak kalah penting dalam menjaga keselamatan berkendara. Cara mengecek kondisi Rem sangat mudah, jika Rem sudah terlalu dalam saat tuasnya ditarik, sebaiknya segera diganti kampas Rem.

 

Tanda keausan pada rem juga bisa diperiksa secara manual menggunakan indikator penunjuk yang terdapat di setiap dinding tromol. Jika dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas yang ada, maka bagian kampas tromol (brake shoe) perlu segera diganti. Pada rem Cakram, bisa juga dilihat dari ketebalan kampas maupun piringan rem.


Penggantian komponen-komponen mesin lain yang sulit diingat oleh kaum perempuan seperti aku, yang asing dengan mesin kendaraan bisa dilakukan saat melakukan Service dengan bertanya langsung pada mekanik terkait. Atau aku biasanya sering bertanya kepada teman atau saudara laki-laki.


Aku bisanya sering menerima komplain dan reminder dari kakak dan adik laki-laki untuk melakukan service, ganti Oli, Filter dan lain sebagainya ketika mereka merasa sepeda motorku sudah tidak enak dipakai dan suara mesinnya tidak wajar. Sebaiknya jangan abaikan reminder dari orang-orang terdekat ini ya.


Apalagi di musim liburan seperti ini, perawatan sepeda motor sebaiknya menjadi prioritas kita, jangan sampai niat healing berubah menjadi petaka. Pada momen libur panjang kita juga punya sedikit waktu istirahat dari urusan kantor. Waktu luang ini bisa digunakan untuk mempedulikan kendaraan yang digunakan sehari-hari, bukan.


Aku biasanya melakukan perawatan sepeda motorku di Planet Ban, karena di sana juga tersedia spare part dan montir yang berkompeten untuk membantuku merawat kendaraan. 


Di Planet Ban kita bisa melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen spare part sepeda motor. Kita bisa datang langsung ke Toko Planet Ban yang terdekat. Selain menyediakan ban motor dan spare part berkualitas, Planet Ban juga memberikan layanan Servis Rasa Baru. Layanan ini dapat meningkatkan kinerja sepeda motor milik kamu seperti sepeda motor baru.


Kita juga bisa melakukan konsultasi bersama mekanik handal Planet Ban. Konsultasi kondisi sepeda motor ini gratis lho. Konsultasikan kendaraan secara online bisa melalui link WhatsApp berikut ini https://bit.ly/KonsultasimotorPB




6 komentar

  1. Bener, mbak. Kadang kalo cewek tuh, suka lupa perawatan motor. Pernah tuh, aku harus dorong motor gara2 mogok. Jadi, tip ini berguna banget. Tercerahkan deh. Apalagi ada konsultasi gratis di Planet Ban. Makasih mbak..

    BalasHapus
  2. Jadi inget video viral, motornya cewe yang sampai olinya kering. Hahahaha. Cewe emang males banget ngurusin motor kayaknya. Enak pakainya doang. Tapi untung sekarang ada planet ban bisa konsul gratis deh.

    BalasHapus
  3. Wah baru tau ternyata perawatan motor matic itu ada banyak banget. Sekarang ada Planet Ban solusinya

    BalasHapus
  4. iya ya motor juga perlu dirawat nih, masa wajah aja yang glowing, treatment motor sulit hehehe

    BalasHapus
  5. Betul banget nih ganti oli saja tidak cukup untuk perawatan pada kendaraan bermotor, tetapi komponen lain juga memang sangat penting untuk selalu dicek dan dirawat juga.. terlebih ketika kita ingin berpergian jauh dan berlibur panjang

    BalasHapus
  6. Ternyata di Planet Ban bisa konsultasi tentang kondisi motor ya, nggak sekadar tempat ganti ban. Apalagi konsultasinya gratis. Terus terang aku ga paham permesinan, paling ya rutin cek ke bengkel aja. Tapi kalau yang bawa kendaraan perempuan tu kadang ada bengkel yang suka macem-macem mentang-mentang perempuan banyak nggak tau mesin dsb ha ha. Kalau tempatnya amanah dan profesional begini kan enak. Malah lebih yakin dan jadi langganan cek + ganti komponen di sini.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.