MASIGNCLEAN103

Memilih Waktu yang Tepat untuk Ibadah Umroh

umroh promo

Momen akhir tahun, di mana bulan terakhir sebelum menyambut tahun baru, merupakan puncak musim liburan. Bulan desember ini, memiliki banyak kelebihan karena memiliki cukup banyak libur panjang mulai dari tanggal merah, cuti bersama, hingga libur sekolah, sehingga menjadi momen yang pas jika hendak berlibur, misal dengan melakukan perjalanan wisata religius yang menyenangkan dengan memilih paket umroh desember

Umrah merupakan salah satu kegiatan beribadah dalam agama Islam, yang hampir mirip dengan ibadah haji, dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram.

Secara teknis, ibadah umroh berarti melaksanakan tawaf di Ka'bah dan sa'i antara Shofa dan Marwah, setelah memakai ihram yang diambil dari miqat. Umroh juga sering disebut dengan haji kecil.

Namun umroh dan haji ini memiliki perbedaan, terutama dari segi waktu dan tempat. Umrah dapat dilaksanakan kapanpun dan hanya di Mekkah, sementara haji hanya dapat dilaksanakan pada waktu antara tanggal 8 hingga 12 Dzulhijjah dan dilaksanakan sampai ke luar kota Mekkah.

Umumnya masyarakat muslim dari Indonesia, melaksanakan umrah dengan menggunakan jasa travel agent atau biro perjalanan yang  menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan jamaah.
umroh promo
Momen memenuhi panggilan Allah (foto:ist.)
Namun sebagai mbak-mbak pekerja (ehm!) kantoran seperti saya atau mahasiswa pejuang sks yang tiap harinya mesti berjuang keras bagai quda gak mungkin bisa berangkat umroh kapanpun seperti ketentuan yang saya tuturkan di atas, karena tuntutan pekerjaan dan peraturan cuti. Tentu ini dengan catatan udah mampu secara materi dan mental, ya.

Mengingat kesempatan pergi umroh bisa dibilang cita-cita seluruh umat Islam di dunia, saya jadi kepikiran: kapan waktu yang tepat untuk menjalankan ibadah haji kecil ini?

Di Bulan Suci Ramadan

Bulan Ramadan, merupakan waktu terfavorit bagi jamaah untuk menjalankan ibadah umroh. Pada bulan ini bisa dipastikan akan selalu padat oleh jamaah. Tidak heran jika kita pantau, paket travel umroh bulan ramadan akan lebih tinggi dibanding bulan-bulan biasa. 

Karena suasana bulan ramadan yang penuh berkah, dapat menjadikan ibadah umroh akan terasa lebih khusyuk. Lagi pula, siapa yang tidak ingin merasakan nikmat berpuasa di tanah suci. 

Maka, jika kamu hendak berangkat ke tanah suci di bulan ramadan pastikan sudah memesan dan mempersiapkan segala perjalanan dari jauh-jauh hari, untuk meminimalisir kesulitan maupun kemungkinan yang tidak diinginkan. 

Sebelum atau Setelah Musim Haji 

Pada bulan Syawal, biasanya tanah suci kondisinya jauh lebih lenggang oleh jemaah dibandingkan dengan bulan lain. Sama halnya saat musim haji berakhir. Kamu yang cenderung introvert seperti saya bisa memanfaatkan momen emas ini untuk pergi umroh. Dengan begitu, ibadah akan terasa lebih nyaman dan tenang, tanpa perlu berdesak-desakan dengan banyak jamaah lain. 

Suasana yang kondusif ini, dapat memicu kualitas ibadah kita lebih baik lagi, dengan berdoa lebih  khusyuk di tempat-tempat mustajab seperti Maqam Ibrahim dan Hijr Ismail.
umroh promo
Umroh di momen yang cukup lengang (foto:ist.)

Di Musim Libur Anak Sekolah

Mungkin ini lebih pas untuk keperluan ibadah umroh, bagi kamu yang sudah berkeluarga, ya. Saat anak-anak sedang libur sekolah, kamu bisa mengajak mereka beserta keluarga untuk wisata religi.  Ibadah sekaligus mengedukasi anak akan sejarah islam dan lebih dekat dengan sosok Rasulullah SAW.

Saya rasa, meskipun kamu berstatus karyawan, tetap bisa melaksanakan ibadah di momen ini, namun pastikan bisa mengajukan cuti di tempat kerja. Pasti seru deh, bareng-bareng sekeluarga ke tanah suci, berbadah sekaligus ber-quality time bersama keluarga tercinta di tanah suci.

Momen Akhir Tahun

Selain bertepatan dengan waktu libur panjang, momen akhir tahun juga bertepatan dengan cuaca dan suhu yang bersahabat di tanah suci. Karena idealnya di tanah suci saat bulan desember, cuaca cenderung lebih dingin dibandingkan dengan bulan-bulan lain. Apalagi kita terbiasa dengan cuaca tropis Indonesia, insya Allah ibadah umroh kita akan lebih khusyuk karena risiko iritasi dan dehidrasi termimalisir.
umroh promo
Menjejakan kaki di tanah suci di saat yang ideal (foto:ist.)
Sudah bukan rahasia umum lagi jika di akhir tahun juga pasti banyak penawaran promo umroh.  Nikmat Allah mana yang kita dustakan jika memiliki kesempatan untuk menutup tahun dengan beribadah di tanah suci. Hal ini juga dinilai oleh sebagian orang dapat memotivasi diri untuk menjadi pribadi lebih baik dan lebih dekat lagi dengan Allah di tahun depannya.

Menteri Agama, Lukman Hakim pernah mengatakan bahwa penyelenggaraan umrah terus mengalami peningkatan signifikan dari tahun- ke tahun sejak 2016. Meningkatnya peserta ini, selain karena kesadaran dan antrian haji yang relatif panjang, juga karena pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia yang semakin membaik.

Nah kalau menurut kamu gimana, kapan waktu yang tepat untuk pergi beribadah umroh versi kamu? Share di kolom komentar ya, siapapun yang membaca artikel ini saya doakan bisa segera berangkat ibadah umroh bersama keluarga atau pasangan (buat jomblo) yaaa…. ditambah dapat penawaran umroh promo yang membuatmu merasa menjadi orang paling beruntung sedunia.

Aaamiiin! 


Salam sayang,





Share This :
Latifah

Latifah Desti Lustikasari, akrab disapa Latifah, Tifa, Fah, atau Ay! Blogger dan Penulis asal Lampung ini masih bergelar 'Calon Mantu' kok. Merima paket martabak tiap malem minggu.

avatar
Latifah

Essen Barracuda | Untuk Umpan Harian & Galatama terimakasih kembali. Semoga bermanfaat

18 Juli 2019 11.10
avatar

Sungguh Terbaik ya gan ! Semoga Saya terus berkunjung disini, kunjungi juga ya gan situs yang pernah saya kunjungiAduQ Online terpercaya, Thanks bruhh.

20 November 2019 05.28
Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.