Pencapaian Menulis Tahun 2017

pencapaian menulis tahun 2017

Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun 2017 saya sama sekali tidak membikin tulisan resolusi awal tahun. Alasannya sederhana saja. Saya males. Juga berkaca dari tahun sebelumnya yang resolusi berantakan gak jelas. Jadi, daripada di akhir tahun saya sakit kepala dan menyesal memikirkan itu. Lebih baik saya fokus menikmati hidup dan berbahagia atas itu saja.

Tapi bukan berarti saya gak punya tujuan hidup sih. Target tetap ada. Tapi cukup disimpan di dalam kepala saja. Sisanya biarkan hidup ini mengalir bak air. Yang penting, lalukan apa yang bisa dan ingin saya lakukan hari ini dengan semaksimal mungkin. Ya, lakukan hari ini, menit ini dan detik ini. Bukan besok atau nanti. Tapi sekarang!

Dan sebagai gantinya, di akhir tahun ini saya pingin membuat tulisan tentang Pencapaian Menulis Tahun 2017. Sebab belakangan yang lagi menonjol di permukaan dan bikin saya semangat menjalani hidup yang monoton adalah mereka-mereka ini.

SAYA PENULIS, MASA SIH?!?

Saya ingat sekali, awal membikin blog www.notedreaminggirl.blogspot.com 2014 silam hanya bermaksud iseng-iseng saja. Daripada gak ada kerjaan. Daripada galau di sosmed. Daripada gak ada teman yang mau mendengar cerita gak berfaedah saya.

Sama sekali tidak terpikir di benak saya, kalau menulis itu bisa diuangkan. Kalau ide yang saya kucurkan ke dalam tulisan itu bisa bernilai rupiah. Kalau curhatan hidup yang tidak berfaedah itu ternyata bisa dijual. Sungguh saya tidak terpikir.

Ini saya tidak sedang mengajari kamu buat kapitalis, lho!

Tapi sungguh, tiga tahun lalu. Dua tahun lalu. Atau januari 2017 lalu. Saya masih berpikir bahwa saya menulis sebab saya senang. Saya menulis sebab saya punya blog. Saya menulis sebab blog sudah terlanjur dibelikan domain. Dan sebab saya suka curhat, sebab saya butuh pelampiasan untuk membantu melegakan pikiran, sebab saya butuh merenungkan apa yang telah saya lakukan di masa lampau, maka saya menulis dan terus menulis.

Juga, sebab dengan menulis saya merasa sedikit lebih waras.

Dan inilah Pencapaian Menulis Tahun 2017 yang sempat saya arsipkan.

1. Menerbitkan Novel Perdana

Resolusi saya untuk punya novel perdana ini, dari tahun-ke tahun cuma di copy-paste ke resolusi tahun depannya. Kamu juga gitu gak sih?

Dan di bulan februari 2017 resolusi itu akhirnya tercapai. Meski masih novel indie, sih. Tapi itu saya kerjakan dari ide cerita, outline, penulisan hingga selfediting hanya dalam rentan waktu 30 hari saja.

novel arsha teen
Salah satu pembaca novel perdana saya

Novel ini lahir dari Tantangan Menulis Sebulan dengan penerbit Arsha Teen. Alhamdulilah-nya, novel yang bergenre komedi roman semi thriller ini lahir sebagai Juara 1 TAT (Tantangan Arsha Teen) Season 2. Sehingga saya mendapatkan fasilitas paket terbit gratis. Dan kelak membawa saya menjadi bagian dari team pembantai naskah Arsha Teen (bahasa halusnya editor penerbit indie gitu lah).


2. Piala Pertama Hasil dari Lomba Blog

Setelah ganti domain blog dari www.lustikasari.com menjadi www.mantuidaman.com di bulan september 2017, saya mulai berani mencoba peruntungan dengan mengikuti beberapa lomba blog. Meskipun banyak gak menangnya, tapi alhamdulilah di bulan november saya berhasil memperoleh Juara III Lomba Blog Pesona Kabupaten semarang di Kategori Mahasiswa.

piala lomba blog pesona kabupaten semarang

 Ini sumpah ya, saya gak nyangka. Sama sekali gak terpikir kalau saya bisa dapat juara. Saya lho, belum pernah ke Kabupaten Semarang sampai detik ini. Hanya modal riset di google dan sosmed juga dibumbui sedikit curhatan pula rasa mupeng bahwa someday saya berkesempatan untuk berkunjung ke sana.  Bahkan saya gak kepikiran kalau juara bakal dapat piala kalau gak dikasih tahu panitia.

lomba blog pesona kabupaten semarang

Ya, walaupun sampai saat ini piala dan sertifikat juaranya masih belum sampai Lampung sih. Sebab menurut panitia lomba agak sulit mem-packing si piala tanpa khawatir patah di ekspedisi nantinya. Tolong ya, kamu sambil membaca ini sambil berdoa agar piala saya cepat sampai Lampung dalam keadaan aman tanpa kurang satu apapun.

Aaamiiin.


3. Pertama Kali Ikut Bloggin On The Spot dan Dapat Juara III

Tiga bulan kembali aktif ngeblog dengan domain baru, saya berkesempatan untuk ikutan acara blogging on the spot bersama 30 blogger lain di El's Coffee. Jujur ini kali pertama saya ikut acara blogging on the spot.

el's blog competition

Saat itu, yang saya pikirkan bukan dapat juaranya. Tapi pengalamannya. Kapan lagi kan bisa ngeblog bareng teman-teman blogger Lampung, blogger-blogger senior dan teman-teman penulis baik dari media cetak maupun elektronik. Atas dasar itulah saya gak habis pikir bisa keluar sebagai juara III. Lha wong saingannya saja berat-berat gitu je.

Maka saat itu saya berpikir alangkah lebih bijak kalau saya menikmati acaranya saja. Sembari menulis semampunya. As you know, blogging on the spot itu waktunya singkat. Materi yang diperoleh hari itu, ditulis saat itu juga. Dalam kurun waktu 2 jam, saya harus menulis, mengedit dan memposting artikel dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Mantab kan! Sensasi adrenalin yang memuncak itu lho yang bikin WOW!

juara el's blog competition
Dan alhamdulilah saya berhasil membawa pulang Piagam Juara III dama acara El's Blog Competition On The Spot 2017.


4. Memperoleh Pundi-Pundi Receh dari Job Blogger

Seperti yang saya paparkan di atas, tujuan awal saya menulis bukan semata untuk uang. Bahkan hingga saat ini saya menganggap fee dan hadiah lomba adalah bonus dari  kerja keras saya menulis dan keseriusan saya menggarap ide tulisan.

Entah karena  saya sempat  beberapa kali posting menang lomba menulis di sosial media, atau karena branding blog saya yang ngapleki www.mantuidaman.com sehingga saya cepat dikenal di kalangan teman-teman komunitas blogger Lampung (Tapis Blogger) dan menjadi bahan candaan. Sehingga beberapa bulan ini alhamdulilah job blogger acap kali berdatangan. Baik yang mengundang untuk datang  maupun yang meminta dituliskan testimoni.

k-link super kids coloring competition
Bersama teman-teman Blogger Lampung saat acara K-link Super Kids Coloring Competition Bandarlampung

Di antaranya: Buzzering Film My Generation, Gathering Netizen Lampung with MPR at Swiss BellHotel, Super Kids Colouring Competition with K-Link at Gedung WanitaBandarlampung, Grand Opening Lampung Bona Cake, OPPO Selfie Tour with F5 atHotel Novotel Lampung, Pelatihan Pemberdayaan dan Perlindungan Hak Wanita bersama LPPM Universitas Lampung dan lain sebagainya.

Bertemu Annissa (exs. Chibi) saat diundang grand opening Lampung Bona Cake

Pundi-pundi receh dari job blogger yang mungkin bagi kamu gak seberapa, tapi bagi saya cukup bikin anteng dompet kalau cuma buat jajan sehari-hari, nongkrong-nongkrong lucu di kafe hitz atau buat ngisi kuota internet. Maklum sebagai mahasiswa jatah bulanan dari orang tua amat minim buat hal begituan.

5. Memperoleh Banyak Teman Sesama Blogger

Semenjak saya tahu bahwa di kota saya, Bandarlampung ternyata ada komunitas blogger saya jadi semangat lagi ngeblog. Setiap ada acara gathering atau apapun sebisa mungkin saya ikut. Setidak sempat apapun saya paksakan untuk hadir meski telat. Hitung-hitung sebagai ajang balas dendam. Karena dulu tahun 2015 atau 2016 saya merasa berjalan sendirian di ranah dunia perbloggeran. Mungkin itu alasan saya sering mandeg ngeblog. Saya tidak punya teman yang sehobi dalam dunia nyata.

tapis blogger gathering
Seru-seruan bareng teman-teman blogger saat acara Gathering Tapis Blogger

Kini saya mulai mengenal dan familiar dengan wajah-wajah blogger di dunia nyata. Dari awal yang malu-malu, perlahan saya mulai akrab dan berani bercanda-gurau dengan mereka. Yang tadinya hanya bersua via sosial media kini jadi sering mengobrol dan beberapa kali bertukar pikiran seputar dunia blogging tiap bertemu di beberapa event blogger.

netizen gathering with MPR
Bersama teman-teman Tapis Blogger saat acara Netizen Lampung Gathering with MPR RI

Apa yang lebih menyenangkan dari memperoleh banyak teman dan saudara dari hobimu?

Pada Allah SWT saya bersyukur sekali atas pencapaian menulis yang berhasil saya peroleh di tahun ini. Meskipun di awal-awal tahun saya sempat down dan gak semangat sama-sekali untuk memposting artikel hingga berbulan-bulan lamanya. Lihat saja tuh, arsip tulisan saya kosong dari januari hingga agustus 2017.

Tapi atas dasar mandeg menulis berbulan-bulan itulah saya jadi kangen dengan dunia blogging. Saya jadi kangen nulis postingan blog. Saya jadi kangen curhat di blog. Saya jadi pingin ngomongin mantan di blog lagi. Saya jadi kangen blogwalking, menyematkan komentar pada postingan teman-teman yang masih setia ngeblog hingga detik ini. Seperti apa yang Blogger Energy ajarkan pada saya.

Saya merasa, selama tidak menulis banyak hal yang terlewatkan tanpa sempat terabadikan. Banyak momen terjadi tanpa sempat saya rekam ke dalam tulisan. Sementara sebagai manusia biasa, ingatan saya semakin lama semakin memudar. Atas dasar ini, saya merasa harus menghimpun kembali semangat untuk menulis blog lagi. Dengan alamat baru dan tentu saja branding baru. It's Ok memulai semuanya dari awal lagi.

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi saya kelak atau teman-teman yang membacanya di saat semangat ngeblog sedang luntur. Dunia blogging enggak ketinggalan jaman kok. Dunia blogging juga masih belum ditinggalkan. Kamu hanya perlu membuka mata dan melihat lebih luas. Di luar sana masih banyak teman-teman yang setia menekuni dunia perbloggeran.

Ok, demikian Pencapaian Menulis Tahun 2017 saya dengan branding Mantuidaman Blog.

End of this post, mengutip kalimatnya Mas Rezanufa: "Kita akan merasa waktu berlalu  begitu cepat ketika tidak melakukan apa-apa." Tahu-tahu sudah ganti hari. Gak terasa bulan berganti. Gak terasa tahun berganti. Tahu-tahu sudah akhir tahundan siap menyongsong awal tahun yang baru lagi. Pilihan ada pada kita, menjadi saksi untuk pencapaian orang lain atau menjadi saksi untuk pencapaian diri sendiri.

Pernah dengar kalimat ini gak: "Lima hingga sepuluh tahun lagi, kita akan menyesal untuk sesuatu yang tidak kita lakukan, ketimbang sesuatu yang kita lakukan tapi tidak sesuai dengan ekspektasi." Jadi mari mulai bergerak melakukan apa yang kita impikan dan kita inginkan. Mulai hari ini, saat ini dan detik ini. Bukan besok atau nanti. Dan ingat tidak ada kegagalan, yang ada hanya usaha yang kurang maksimal. Itu kata Alit Susanto.

Tulisan ini diikutsertakan dalam #endoftheyearpost #EVENTBE Blogger Energy

Salam sayang, dari calon mantu idaman




25 komentar:

  1. aduhh mantap sekali pencapainnya, jadi pingin juga hehehe

    menulis memang asik, apalagi kalau dapat something lebih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah padahal belum dikasih foto. Udah ada yg komentar aja hehe.

      Hapus
  2. Sebuah keberuntungan bisa menang dalam mereview tempat yg belum pernah dikunjungi :v

    Ih pengen juga lho kumpul bareng tapis blogger, waktu itu pengen kumpul, tapi tabrakan sama tugas OSIS dan sekolah. Jadinya nggk bisa ikutan gathering T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silakan ikut aja kalo ada gathering lagi dab kalo sempat

      Hapus
  3. Keren, selain dapat piagam, pengalaman juga dapat teman baru ya. Nggak kebayang kalau aku disitu, tentu akan merasakan hal yang senang, dan bahkan nggak bisa dilupakan di tahun 2017 ini.. Semoga di tahun depan bisa nerbitin buku lagi. Dan, yang jelas terus istiqomah berbagi dan menginspirasi lewat tulisan..

    Oh, ya, next time bahas lagi tentang wisata Lampung lagi ya. Aku masih penasaran. Setidaknya meskipun belum kesana, tahu dulu..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aaammiiin aaammiiin terimakasih untuk doanya. Semoga kamu juga bisa tetap istiqomah menulis dan menggapai mimpi ya, Ndi.

      Ok sip, rencananya akan di post di blog lain tentang wisatanya sih. Yg kusus membahas traveling. Tunggu rilisnya yah haha

      Hapus
    2. Sama-sama, Latifah..
      Aamiin, terima kasih ya..

      Hehe.. Siap menunggu nih, masih penasaran sama wisata Lampung. Syukur-syukur semoga bisa kesana.. :)

      Hapus
    3. Pa banget nih bulan-bulan ini di Lampung lagi musim duren, kalau mau wisata ke sini.

      jangan lupa kabar-kabar, kali aja butuh guide kan hahaha

      Hapus
  4. Mantap. Pencapaianmu mu di th ini luar biasa, fah. Semoga di th berikutnya tulisan2 dan branding kamu makij melejit lagi. Hehe.
    Semangat mantuidaman.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aaammiiin, semoga furirain.com juga yah. Mari semangat menulis :)

      Hapus
  5. Semenjak follow akunmu LD, aku jadi seperti ngikutin perkembanganmu di dunia blog.

    Jadi, inget. Dulu sering ngobrol soal gimana membangun blog. Tapi, kini mungkin aku yang harus banyak belajar darimu.

    Pencapaian pertama paling syahlud. Kamu sudah punya buku. Selamat atas karyanya yang sudah dicetak.

    Kedua, ini yang bikin aku ikut termotivasi kembali untuk ngurusin blog personal. :D Kemampuanmu menulis makin hari makin bikin pengen ke Lampung dan ngobrol bareng. hahahaha.

    Untuk yang ketiga dan selanjutnya, itu sudah menjadi bagian besar dari kerennya jadi blogger.

    Btw, prestasimu tahun ini bener-bener tentang blog dan menulis, ya LD. Selamat sekali lagi, kapan-kapan ajarin aku biar menang lomba, ya. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh Pange, komentarmu bikin aku tersipu-sipu dan hidungku kembang kempis. Aku banyak berguru padamu tentang design blog ini-itu.

      Entahlah aku tahun ini hiatus ngeblog setengah tahun sendiri. dan aku merasa rindu menulis. rindu yang menggebu-gebu. merasa harus menyusul ketertinggalan sama teman-teman lain yang sangat aktif ngeblog. lalu semuanya mengalir saja. mungkin itu memang rejeki ku dari Allah.

      Hayu sini ke lampung, banyak tempat kece lho di sini. kapan-kapan aku pamerin lagi kalo sempet nulis dan gak males haha

      Hapus
  6. Endingnya aku ngangguk. Memang benar, daripada nyesel karena tidak mencoba sesuatu, mending dilakuin aja. Hasil akhirnya gimana itu urusan nanti.

    Dapat hadiah lomba blog itu memang kayak bonus, yang penting kita enjoy ngide dan nulis, ngalir aja gitu ya wkwk.. Salut sama semangat kamu. Aku setahun kemarin kurang aktif di dunia blog, tapi di luar itu tetap berkutat dalam hal kepenulisan. Semoga tahun 2018, target-target baru bisa terlampaui ya. Good luck!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Jia benar itu.
      Aku juga salut sama kaka konsisten di dunia menulis meski bukan melulu ngeblog. aku lho, berhenti ngeblog setengah tahun dan gak mendalami dunia apa-apa hahaha

      Hapus
  7. Waah... sama persis kayak saya nih. Resolusi dari tahun ke tahun itu sama.. Hihihi, cuma di copy paste aja. Abis belum tercapai di tahun sebelumnya. Alhamdulillah ya kamu bisa menyelesaikannya, terkadang susah banget menyelesaikan apa yang udah dimulai. pengalaman saya begitu soalnya.

    Pencapaian menulismu keren ya, buku terbit dan menang lomba. Semoga semangatnya terus terjaga sampai tahun-tahun berikutnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Erni bener banget itu. hati manusia memang mudah dibolak-balik, bikin susah konsisten. apalagi aku yang emang dasarnya labil haha

      iya aaamiiiin, semoga kakak juga ya, selalu konsisten dan semangat menulis

      Hapus
  8. Banyak banget pencapaian di tahun 2017nya mbak..ngiri nih. Aapalgi yang bagian novel itu. Kayaknya menjadi puncak pencapaian seorang blogger banget haha

    Saya dari dulu kepengin nerbitin buku sendiri, tapi gak jadi-jadi. Soalnya susah banget buat konsisten nulis wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo realisasikan di tahun 2018 ini, mumpung awal baru, mari membangun semangat baru mas Doni :)

      Hapus
  9. Pencapaian yang luar biasa, nerbitin novel, menang lomba blog dan dapet banyak temen blogger...
    Bener2 pencapaian yang kebalik 180derajat sama gue... Keren banget -_-

    Selamat buat semua pencapaiannya ya.. Semoga taun ini lebih luar biasa lagi~

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaammminnn bang aaammmiiin hehehe

      abang juga guru yang keren, semoga segera menjadi ayah yang kereeeen

      Hapus
  10. Kereeen bangetttt. Awalnya bingung juga kayak baru pertama kali ke blog ini, ternyata emang ganti nama domain aja ya. Haha. Mungkin berkah nama domainnya kali ya. Nanti saya juga mau ganti nama domain ah jadi www.pacaridaman.com. Hahaah.

    Jadi termotivasi nih, tahun ini ada beberapa project nulis dan mau bangun lagi komunitas blogger daerah yang lama mati. Hehe. Makasih tulisannya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gaboleh bang erik pacaran. haram itu hahaha

      ayo bang semangat semangat. keberadaan blogger daerah itu penting lho. semangat ya!!

      Hapus
  11. Kerenn jomm, pantes sibuk banget mbak nya xD, sukses terus ya jom, semoga tahun ini prestasinya lebih banyak lagi, bisa terbit lagi cerpen-cerpen kece dan novelnya ditungguuu :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. maacih sayang. aaamminn ini ya buat doanya. hehe

      Hapus
  12. Aaaak mantu idamaaan bangeeet mbaaak. . Salam kenaal dari sesama mantu idaman #ceileh 😄😄😄 terus semangaaat nulisss mbaak, saya udah lama vakum dr ikut lomba blog hehehe 😄 semogaa dalam waktu dekat bisa ikutaan lagi. Aamiin. .

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.