MASIGNCLEAN103

Cari Kost di Jakarta, Pertimbangkan 5 Hal Berikut!


Buat kita yang statusnya sebagai karyawan dan mahasiswa perantau, pasti pernah ngerasain gimana ribetnya cari kost. Apalagi cari tempat kost di Jakarta. 

Baik cari kost Jakarta Selatan, kost Jakarta Pusat, kost Jakarta Barat, kost Jakarta Timur, hingga kost Jakarta Utara itu sama sulitnya. 

Seorang kawan pernah berkelakar cukup serius, "kalo cari kost di Jakarta yang pas itu, sama sulitnya dengan cari jodoh!" 

Ini karena banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari lokasi, fasilitas, akses ke tempat umum, budget, hingga karakter sang pemilik kost. 

Nah, ketimbang kamu bingung akan memulau dari mana, saya akan bantu buat listing pertimbangan apa saja yang harus dipikirkan sebelum mulai cari kost di Jakarta. 

1. Letak dan Suasana Lingkungan 

Umumnya semakin dekat tempat kost dengan pusat keramaian akan semakin tinggi harganya. 

Misalnya dua kost yang fasilitasnya sama, satu dekat kampus kenamaan harganya akan sangat jauh berbeda dengan kost yang lokasinya di pinggiran kota. 

Tidak masalah kamu memilih tempat kost yang tidak terlalu dekat dengan kantor atau kampus, selama mobilitasmu bisa dijangkau dengan angkutan umum yang terjangkau seperti kereta, trans jakarta, atau angkot. 

Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki kendaraan pribadi, kamu bisa menekan budget dengan mencari tempat kost di pinggiran kota, dengan risiko akan memakan waktu, tenaga dan bensin untuk perjalanan ke kantor. 

Lokasi kost yang dekat dengan stasiun juga beresiko berisik dengan lalu lalang rangakaian KRL, meski strategis kamu perlu pertimbangkan hal ini. 

Lokasi juga berkaitan dengan risiko banjir, pastikan daerah yang akan kamu tempati bukan zona rawan banjir ya. 

2. Akses Lokasi ke Tempat Umum

Selain untuk kuliah atau kerja, tentu kamu juga butuh hiburan lain serta kongkow tipis-tipis bersama teman-teman. 

Ini sangat krusial buat kamu yang tidak memiliki kendaraan pribadi atau lebih suka naik transportasi umum. 

Kost dekat fasilitas transportasi umum, bikin hati senang 

Coba pikirkan jika kamu punya kost yang akses halte terdekat dapat dijangkau dengan berjalan kaki, kamu tidak perlu repot merogoh kocek untuk bayar ojol. 

Akan lebih menyenangkan lagi kalau selain dekat dengan halte juga dekat dengan akses stasiun. Kamu bisa mengalihkan budget transport ini ke hal yang lain bukan? 

Selain itu lokasi kost yang dekat dari tempat makan, dan minimarket juga sangat penting, lho. Mengingat kebutuhan utama manusia bertahan hidup adalah makan. Dan belum tentu di kost kamu akan rajin masak. 

3. Fasilitas yang Disediakan

Tips mencari kost di Jakarta selanjutnya adalah dari segi fasilitasnya. Saya pribadi lebih suka datang ke kost baru cuma modal koper saja. 

Dengan kata lain fasilitas utama seperti kasur, set meja belajar, ac dan lemari sudah disediakan. Gak terbayang kan, gimana repotnya bawa-bawa barang tersebut saat pindah kos. 

Jika kamu memiliki budget lebih, fasilitas seperti kamar mandi dalam, dapur umum, ruang tamu, hingga lemari pebdingin umum akan sangat membantu kamu untuk menghemat dlam bertahan hidup di tanah rantau. 

Perhatikan juga ada atau tidaknya asisten rumah tangga, ini penting untuk menjaga lingkungan kost tetap bersih dan rapi tanpa perlu adu sinis dengan penghuni kost lain lantaran koridor yang becek dan kotor. 

ilustrasi fasilitas kamar kost di Jakarta

Tentu saja "ada harga, ada rupa" semakin tinggi harga sewa yang kamu bayarkan, akan semakin baik pula fasilitas yang didapat. 

Pada prinsipnya ketersediaan fasilitas sangat berkaitan erat dengan pertimbangan mencari kost Jakarta nomor empat berikut. 

4. Budget Bulanan

Saat mencari tempat kost pastikan kamu sudah menghitung budget terlebih dahulu. Ini penting untuk menghindari tragedi 'besar pasak daripada tiang'. 

Sudah dapat tempat kost yang strategis, fasilitas yang oke, ibu pemilik yang baik tapi ternyata memakan anggaran hingga 50% gaji bulananmu. 

Tentu itu bukan pilihan yang bijaksana, mengiingat sebagai perantau kamu butuh memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti: ongkos, makan, camilan, pulsa, hingga skincare. 

Setidaknya budget biaya hidup maksimal 40% dari gaji atau jatah bulananmu. Termasuk di dalamnya uang sewa kost dan kebutuhan makan. 

Menentukan budget sewa kost sejak awal sangat membantu kamu untuk menentukan pilihan kost di Jakarta.

Kalau sudah sadar budget, kamu akan lebih cepat memperoleh tempat kost yang sesuai. 

5. Kenali Pemilik dan Karakternya 

Menurut saya karakter pemilik kost juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Kenapa? 

Saya pernah punya pengalaman punya bapak kost gamers yang kalau malam hari sangat berisik sekali teriak-teriak sambil mabar. 

Tentu itu sangat menganggu, apalagi esok hari saya harus bangun pagi bersiap ke kantor. 

Di sisi lain, menghuni kost di rumah Pak RT atau perangkat lingkungan lain sangat membantu kita untuk mudah membaur dengan lingkungan sekitar. 

Tanpa khawatir ditatap curiga oleh penghuni lingkungan lain karena kita cukup asing di lingkungan tersebut. 

Meski tinggal di kota besar, saya merasa kenal dengan orang-orang di lingkungan sangat penting adanya. 

Kita tidak pernah tahu nasib buruk apa yang akan menimpa, terlebih tinggal jauh dari keluarga dan orang tua. Setidaknya kita sudah tahu harus minta bantuan ke siapa saat terjadi hal buruk. 

Misalnya, suatu hari nanti terpaksa harus lembur dan pulang terlampau larut, kita tidak akan merasa parno melihat bapak-bapak nongkong di post satpam depan gang. 

Justru merasa aman, karena sudah kenal atau minimal tidak asing dengan mereka. 

Hal lain yang gak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah menlakukan survei tempat kos melalui aplikasi, sosial media dan penyedia jasa kost-kostan via smartphone. 

Jangan sungkan untuk menghubungi kontak nomor pemilik kost yang tersedia untuk lebih meyakinkan diri sebelum mengambil keputusan. 

Survei langsung kondisi kost

Karena terkadang informasi krusial seperti, akses jalan atau gang menuju kost tidak turut dicantumkan dalam aplikasi. 

Sebaiknya tidal langsung melakukan deal sebelum survei langsung ke lokasinya. Ini untuk menghindari kemungkinan foto kost yang belum diupdate atau bahkan tidak sesuai dengan kondisi real. 

Dengan melakukan survei langsung, kamu juga bisa mengestimasi rute serta waktu tempuh menuju kantor atau kampus.

Share This :
Latifah

Latifah Desti Lustikasari, akrab disapa Latifah, Tifa, Fah, atau Ay! Blogger dan Penulis asal Lampung ini masih bergelar 'Calon Mantu' kok. Merima paket martabak tiap malem minggu.

Terimakasih sudah berkunjung. Silakan Berkomentar agar saya dapat mengunjungi balik blog kamu. Mohon maaf jika mendapati komentar dimoderasi, mengingat maraknya spam yang nganu.